Cara Membuat Komunitas YouTube

5/5 - (1 vote)

LABtekno.com – Cara membuat komunitas YouTube perlu diketahui setiap pemilik channel. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian para audiens.

Membangun koneksi dengan para penonton dan subscriber melalui komunitas merupakah salah satu upaya yang paling efektif untuk meningkatkan keterlibatan penonton dan mempengaruhi besaran jam tayang.

Fitur Komunitas Youtube

Fitur Komunitas Youtube bisa dimanfaatkan oleh para konten creator sebagai alat untuk berinteraksi lebih komunikatif di luar video. Melaui fitur tersebut, Anda dapat menyertakan teks, GIF, pendapat, dan gambar.

Para penonton dan subscriber juga bisa berkomentar serta menyukai atau tidak menyukai postingan, seperti yang biasa ditemukan pada status pada facebook.

Cara Membuat Komunitas YouTube

Cara membuat komunitas YouTube baru dapat dilakukan ketika channel Anda memiliki lebih dari 1000 subscriber.

Setelah mencapai 1000 subsriber, perlu waktu jangka minimum satu minggu setelahnya agar dapat menikmati fitur komunitas pada channel Anda.

Sebelumnya, syaratnya mungkin hanya 500 subscriber saja.

Jika syarat minimal tersebut sudah terlampaui namun belum muncul fitur tersebut, maka Anda perlu mengaktifkan tata letak channel khusus agar bisa menampilkan tab komunitas.

Satu lagi yang perlu diketahui bahwa jika penonton channel Anda ditetapkan sebagai “Dibuat untuk Anak-Anak”, tab Komunitas akan dinonaktifkan.

Dengan begitu, otomatis juga tidak dapat membuat atau melihat postingan.

Cara Menggunakan dan Membuat Postingan Komunitas Youtube

Letak Tab komunitas Youtube berada di halaman Channel pada menu tengah, di antara tab Playlist dan Channel.

Baca Juga  Cara Melihat Penghasilan Google AdSense

Meningkatkan interaksi dengan para penonton atau subscriber dengan selalu aktif pada setiap informasi biasanya akan membuatnya setia dan tetap menantikan konten Anda.

Anda dapat membuat postingan pada komunitas YouTube, melalui Dashboard Youtube Studio. Lalu pilih opsi Upload dan buat postingan.

Lalu ketikkan pesan yang ingin Anda posting, bisa berupa gambar dan text, atau video pendek dengan text/caption.

Sama seperti media sosial lain, Anda juga dapat menandai atau tag channel/pengguna lain. Baru terakhir, langsung saja klik Posting.

Jika Anda mengaksesnya pada perangkat komputer atau laptop, maka kunjungi Dashboard YouTube Studio.

  • Login ke YouTube Studio.
  • Dari menu kiri, pilih Konten.
  • Klik tab Postingan.

Postingan Anda telah dijadwalkan untuk tanggal publikasi mendatang dan bisa dilihat lagi di di bagian “Terjadwal” di Tab Komunitas. Jika belum dipublikasi, bagian ini hanya dapat dilihat oleh Anda.

Setelah terpublikasi, para subscriber dapat melihatnya di feed. Meskipun bukan subscriber, penonton lainnya juga dapat melihatnya lewat di berandanya berdasarkan ketertarikan pengguna.

Notifikasi Postingan Komunitas

Jika Anda bertanya, Apakah penonton akan menerima notifikasi saat Anda memposting?

Jawabannya tergantung pada penonton Anda, ia dapat memilih untuk menerima notifikasi channel yang di-subscribe, terkadang juga bisa mendapatkan notifikasi Postingan komunitas.

Selain itu, penonton juga dapat memilih untuk tidak menerima notifikasi postingan dengan memilih “Tidak ada” di setelan lonceng.

Meski tidak melakukan subscribe di channe Anda, YouTube juga terkadang mengirimkan notifikasi postingan kepada penonton, namun sering menonton video dari channel Anda.

Hal ini tentu akan sangat membantu Anda untuk memperluas jangkauan channel.

Empat Hal Penting untuk Meningkatkan Interaksi Postingan Komunitas YouTube

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan interaksi postingan komunitas Youtube, antara lain:

  • Berikan penghargaan kepada komentar penonton dengan gunakan ikon hati ❤️. Mereka akan melihat notifikasi bahwa Anda telah menyukai komentarnya.
  • Pasang pin pada komentar teratas.
  • Promosikan konten lainnya terkait hal yang dibicarakan di kolom komentar.
  • Lakukan polling untuk menentukan konten selanjutnya.
Baca Juga  Cara Mengatasi Spam di FB dengan Mudah

Demikian beberapa hal terkait cara membuat komunitas YouTube agar semakin berkembang. Fitur komunitas Youtube harus dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para konten creator. Agar penonton setianya merasakan bahwa ia berkontribusi pada pencapaian Anda saat ini.


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 1 =

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top