3 Cara Merekam Panggilan WhatsApp

Achmad Fachrur Rozi

3 Cara Merekam Panggilan WhatsApp
Rate this post

LABTekno.com – Cara merekam panggilan WhatsApp di HP Android dan iPhone mungkin perlu diketahui jika kalian ingin menyimpannya sebagai bukti atau kenangan.

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi perpesanan paling populer di Indonesia. Hampir semua orang menggunakannya sebagai media komunikasi utama sekarang ini.

Di dalamnya menyediakan berbagai fitur, mulai dari pesan obrolan, media, berkas, voice note, panggilan, bahkan sekarang juga tersedia fitur berbagi layar.

Namun sayangnya, WhatsApp belum memiliki fitur bawaan untuk merekam panggilan. Hal ini mungkin disebabkan karena komitmen WhatsApp yang ingin menjaga privasi penggunanya.

Fitur rekam panggilan tersedia pada panggilan telepon biasa. Di HP Android, ketika kalian ingin merekam panggilan biasa, tinggal tekan tombol rekam di sebelah kanan bawah.

Cara Merekam Panggilan Telepon

Ikon kotak bergambar telepon untuk merekamnya.

Berbeda dengan panggilan WhatsApp, sampai saat ini aplikasi WA belum menyediakannya. 

Oleh sebab itu, jika kalian ingin merekam panggilan WhatsApp, maka membutuhkan aplikasi bawaan HP atau bisa juga dengan menginstall aplikasi pihak ketiga.

Berikut ini beberapa cara merekam panggilan WhatsApp yang dapat digunakan, antara lain:

Cara Merekam Panggilan WhatsApp Melalui Aplikasi Perekam Suara

Cara merekam panggilan WhatsApp yang pertama bisa dilakukan melalui aplikasi perekam suara di HP. Biasanya hampir semua HP Android memiliki fitur perekam suara bawaan.

Kalian cukup menggunakan aplikasi bawaan tersebut. Jadi tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan.

Berikut ini langkah-langkah untuk merekam panggilan WhatsApp melalui aplikasi perekam suara:

  • Pertama, silakan mulai panggilan WhatsApp dengan menghubungi nomor yang ingin dituju. 
  • Jika sudah tersambung dalam panggilan WhatsApp, silakan tutup aplikasi WA tanpa mengakhiri panggilan.
  • Lalu buka aplikasi perekam suara bawaan yang ada di HP.
  • Setelah aplikasi perekam suara terbuka, langsung saja klik mulai merekam.
  • Pastikan HP yang digunakan berada dalam mode handsfree untuk merekam kedua sisi panggilan. Sehingga bukan hanya suara dari lawan bicara di telepon saja, namun suara kalian juga bisa ikut terekam.
Baca Juga  4 Cara Menghapus History Youtube dengan Mudah

Sebenarnya cara merekam panggilan WhatsApp satu ini adalah cara yang paling praktis. Kalian tidak perlu mengunduh aplikasi lagi. Cukup gunakan fitur bawaan tersebut untuk merekam panggilan.

Namun sayangnya, masih banyak pengguna yang belum menyadari adanya fitur ini di HP-nya. 

Rekam Panggilan WA Pakai Aplikasi Pihak Ketiga

Alternatif cara merekam panggilan WhatsApp lainnya, bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Play Store atau AppStore.

Call Recorder Cube

Salah satu aplikasi yang bisa kalian coba yaitu Cube Call Recorder. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 10 juta kali.

Tidak hanya bisa merekam panggilan WhatsApp, kalian juga bisa merekam panggilan Skype, Signal, Hangouts, Facebook, IMO, KAKAO, dan telepon.

Aplikasi tersebut menawarkan fitur rekaman otomatis untuk panggilan masuk. Dengan fitur-fitur tambahan seperti “shake-to-mark” dan cadangan cloud, aplikasi ini menawarkan solusi lengkap untuk memudahkan pengguna.

Menggunakan Perangkat Eksternal

Cara merekam panggilan WhatsApp yang terakhir, mungkin cukup ribet. Terutama bagi pengguna iPhone yang tidak cocok menggunakan cara-cara di atas. 

Kalian bisa menggunakan perangkat eksternal seperti perekam suara yang dapat dihubungkan melalui jack audio 3,5mm di HP kalian ke HP lain. 

Cara ini sebenarnya memang lebih efektif karena dapat merekam semuanya, baik itu suara penelpon dan yang ditelepon. 

Demikian beberapa cara merekam panggilan WhatsApp dengan mudah di HP Android maupun iPhone. Silakan coba satu persatu cara di atas untuk merekam obrolan bisnis, atau menyimpan kenangan penting di hidup kalian. Semoga berhasil!

Baca Juga

Leave a Comment