5 Cara Mematikan Apple Vision Pro

Achmad Fachrur Rozi

5 Cara Mematikan Apple Vision Pro
5/5 - (1 vote)

LABTekno.com – Cara mematikan Apple Vision Pro perlu diketahui setiap pengguna gadget super mahal ini.

Apple Vision Pro merupakan hardware dengan tingkat kerumitan yang luar biasa, layar ultra-premium yang dipasang di kepala dan memiliki performa powerful seperti MacBook.

Salah satu headset VR terbaik di dunia ini memang sangat canggih, kalian bisa melakukan banyak hal dengan lebih praktis.

Meskipun demikian, ada saatnya pengguna perlu mengetahui cara mematikan Apple Vision Pro. Sebab perangkat ini tidak memiliki tombol Shut Down atau Sleep, layaknya perangkat Apple lain seperti Mac, iPhone, iPad.

Bagi kalian memiliki Apple Watch, maka bisa menutup layar agar tertidur. Kalian juga perlu mengetahui layar Vision Pro mana yang harus ditutupi, layar 4K bagian dalam yang kalian lihat, atau layar EyeSight bagian luar?

Tidak perlu repot, sebenarnya itu bukan cara yang tepat untuk mematikan atau sleep headset VR satu ini.

Cara mematikan Apple Vision Pro sebenarnya sangat mudah. Pastikan cara yang kalian gunakan benar agar tidak menimbulkan masalah lain.

Apple Vision Pro

Cara Mematikan Apple Vision Pro

Setidaknya ada lima cara mematikan Apple Vision Pro yang dapat kalian coba dengan mudah.

Pertama, kalian bisa memanfaatkan fitur Siri milik Apple. Cukup ucapkan, “Siri, turn off my Apple Vision Pro” (Siri, matikan Apple Vision Pro saya) dan layar akan segera menjadi gelap. 

Bisa juga menggunakan cara mematikan Apple Vision Pro lain, di antaranya: 

Langkah 1: Vision Pro memiliki banyak kesamaan dengan perangkat Apple lainnya. Ia memiliki Digital Crown seperti Apple Watch. 

Baca Juga  2 Cara Mengirim Folder Lewat WA, Gampang!

Ketukan menunjukkan perpustakaan aplikasi Anda, namun jika Anda menekan dan menahannya, Anda akan melihat penggeser yang dapat ditarik untuk mematikan headset Anda.

Digital-Crown-Apple-Vision-Pro

Anda dapat menggunakan Digital Crown untuk mematikan Apple Vision Pro. 

Langkah 2: Anda dapat menggunakan aplikasi Pengaturan untuk mematikan headset Anda. 

Ketuk Digital Crown untuk menampilkan aplikasi Anda, lalu buka Pengaturan

Di tab Umum, pilih Matikan. Sebuah penggeser akan muncul dan memindahkannya ke kanan akan mematikan Vision Pro Anda.

Settings-icon-Apple-Vision-Pro

Ikon Pengaturan terlihat sama dengan Apple Vision Pro seperti di iPhone Anda. 

Langkah 3: Jika Anda mengambil langkah yang benar, Anda boleh mematikan headset dengan melepaskan kabel daya. 

Pertama, lepas Vision Pro Anda dan letakkan di atas meja atau meja. Headset mendeteksi bahwa Anda tidak lagi memakainya dan beralih ke mode tidur.

Tidak masalah jika kalian ingin mencabutnya setelah tertidur. Putar kabel daya berlawanan arah jarum jam dan kabel tersebut akan terlepas dari Vision Pro tanpa menggunakan tenaga apa pun.

Ilustrasi Apple menunjukkan cara melepas kabel baterai Vision Pro

Langkah 4: Cara mematikan Apple Vision Pro yang kelima adalah dengan membiarkannya dalam mode tidur. 

Apple menunjukkan bahwa setelah 24 jam tidak aktif, Vision Pro akan mati secara otomatis untuk menghemat masa pakai baterai. Sebelum menggunakannya lagi, Anda harus mengaktifkannya kembali.

 

Cara Mengaktifkan Vision Pro

Anda dapat menyalakan Apple Vision Pro dengan tombol atas.

Setelah mengetahui cara mematikan Apple Vision Pro, kini kalian harus mengetahui cara mengaktifkannya kembali agar bisa menggunakannya. 

Ada dua cara untuk menghidupkan headset VR terbaik ini. Jika tadi kalian mencabut baterai untuk mematikan Vision Pro, maka silakan sambungkan kembali. 

Bisa juga dengan menukar baterai, jika memiliki Baterai Vision Pro lainnya. Headset akan menyala secara otomatis saat mendapat daya kembali.

Baca Juga  Cara Membuat Undangan Website Sendiri Gratis

Jika tadi menggunakan salah satu metode lain untuk mematikan Vision Pro, maka cukup tekan dan tahan tombol atas selama beberapa detik. Maka akan muncul logo Apple di tampilan depan saat dihidupkan.

Membiarkan Vision Pro tetap menyala, Apakah Aman?

Apple Vision Pro

Pengguna mungkin jarang perlu mematikan Vision Pro jika baterai tetap terisi sepanjang hari. 

Saat istirahat, cukup lepas headset dan atur untuk mengaktifkan mode tidur hemat baterai. 

Jika Vision Pro tetap berada dalam mode tidur selama lebih dari 24 jam, Vision Pro akan mati secara otomatis.

Daya tahan baterai merupakan masalah bagi semua headset VR yang berdiri sendiri, namun beberapa sudah memiliki solusinya. 

Berbeda dengan Vision Pro dari Apple, Quest Pro dari Meta menyertakan dok pengisi daya yang nyaman dan Quest 3 yang berbiaya rendah memiliki baterai eksternal dan aksesori pengisi daya untuk memperpanjang waktu pengoperasian.

Hingga Apple atau produsen pihak ketiga merancang dok Vision Pro, Anda harus ingat untuk sering menyambungkannya. 

Jika Anda terbiasa mengisi daya headset saat tingkat baterai turun di bawah 50%, Anda tidak perlu khawatir untuk menyalakan atau mematikannya, sehingga lebih mudah digunakan kapan saja.

Di sisi lain, mematikannya secara manual akan menghemat masa pakai baterai, jika pengisian daya tidak nyaman dan terutama apabila kalian tidak akan menggunakannya selama beberapa jam.

Demikian beberapa cara mematikan Apple Vision Pro dan cara menghidupkannya kembali. Bagi kalian yang belum mampu membelinya, mengetahui informasi ini mungkin bisa menjadi bekal bagi kalian yang nantinya berkesempatan menggunakannya.

Baca Juga

Leave a Comment