Inspect adalah: Pengertian dan Fungsinya pada Browser 

Achmad Fachrur Rozi

Inspect adalah Pengertian dan Fungsinya pada Browser - LABtekno.com
5/5 - (1 vote)

LABTekno.com – Inspect adalah pemeriksaan, pengawasan, dan peninjauan yang berkonotasi dengan kegiatan kunjungan dan penilaian.

Nah, itu pengertian inspect secara umum. Lalu dalam ranah browser atau pengembangan website, inspect adalah?

Pengertian Inspect Adalah

Bagi seorang website developer, istilah yang sering dijumpai mengenai inspect adalah fitur inspect element pada browser. 

Fitur ini dapat memudahkan pengembangan suatu website untuk mengubah dan mengedit isi website. 

Namun diingat bahwa pengeditan ini berlaku personal saja, hanya terjadi di peramban browser saja tanpa mempengaruhi halaman website aslinya.

Fungsi Inspect Element

Inspect element memiliki beberapa manfaat dan fungsi yang berguna ketika digunakan. Berikut beberapa di antaranya yang dapat saya simpulkan:

Eksperimen CSS dan HTML

Inspect element dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk bereksperimen dengan kode CSS dan HTML. Ketika kita ingin mencoba-coba mengubah atau mengganti kode yang sudah ada tanpa takut membuat kesalahan pada struktur kode yang sudah ada, Inspect element bisa menjadi solusi yang tepat.

Uji Kecepatan Website

Dengan Inspect element, kita dapat melakukan uji kecepatan sebuah website. Fitur network dapat digunakan untuk melakukan uji kecepatan ini dengan mudah.

Debugging JavaScript

Banyak orang yang merasa sulit mempelajari JavaScript karena terkadang tidak mengetahui keberadaan error dalam kode. Dengan Inspect element, kita dapat memanfaatkan fitur Console untuk melakukan debugging pada JavaScript.

Mengambil Screenshoot

Di browser Firefox, terdapat fitur untuk mengambil tangkapan layar (screenshot) dari sebuah web. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengklik kanan pada elemen yang ingin diambil tangkapan layarnya, kemudian memilih opsi Screenshot Node.

Baca Juga  Apa Itu FYP, Catat Jam FYP TikTok Terbaru

Mengetahui Jenis Font Website

Pernahkah kita tertarik dengan jenis font yang digunakan oleh sebuah website? Dengan Inspect element, kita dapat mengetahui jenis font yang digunakan oleh website tersebut. Caranya adalah dengan membuka Inspect Element, lalu memasukkan kode tertentu pada filter Font-family.

Cara Membuka Inspect Element pada Browser

Inspect adalah Pengertian dan Fungsinya pada Browser

Setelah mengetahui pengertian inspect adalah, dan fungsinya, mari kita lanjutkan dengan caranya. Berikut ini cara membuka inspect element pada browser dengan mudah:

  1. Misalnya ketika ingin membuka website LABTekno.com
  2. Lalu melakukan inspect element dengan menekan klik kanan 
  3. Pilih opsi inspect element
  4. Bisa juga dengan menekan tombol F12 pada keyboard untuk memunculkan inspect element.
  5. Maka akan muncul struktur kode pada website. 

Nah, di sini kalian bisa mengedit atau mengubah isi struktur kode pada website tersebut. Namun perubahan ini hanya terjadi di browser itu saja, tidak terjadi di halaman aslinya. 

Kesimpulan

Dengan menggunakan Inspect element, kita dapat melihat struktur kode yang ada pada halaman website. 

Biasanya, fitur ini digunakan untuk mencari dan memperbaiki kode yang rusak, atau bahkan untuk meniru tampilan halaman website tertentu.

Baca Juga

Leave a Comment