9 Aplikasi Proyektor HP ke Tembok Tanpa Proyektor

Achmad Fachrur Rozi

Aplikasi Proyektor HP ke Tembok Tanpa Proyektor
4.7/5 - (3 votes)

LABTekno.com – Aplikasi proyektor HP ke tembok tanpa proyektor bisa dimanfaatkan untuk memperbesar tampilan layar HP.

Gambarnya bisa diproyeksikan dengan jarak jauh, namun masih tetap terlihat jelas. Aplikasi semacam ini biasanya digunakan saat kalian ingin menonton film di kamar atau mempresentasikan tugas.

Saat ini sudah tersedia banyak aplikasi proyektor HP ke tembok tanpa proyektor. Namun sayangnya, belum tentu kompatibel di semua perangkat.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini, akan kami rekomendasikan beberapa aplikasi proyektor HP ke tembok tanpa proyektor yang bisa kalian gunakan berdasarkan perangkat yang dimiliki.

Rekomendasi Aplikasi Proyektor HP Ke Tembok Tanpa Proyektor

Aplikasi proyektor HP ke tembok tanpa proyektor merupakan alat yang bisa digunakan untuk menampilkan layar ponsel dengan ukuran lebih besar ke tembok. 

Aplikasi ini juga bisa disambungkan ke TV menggunakan sinyal bluetooth maupun WiFi.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, silakan download aplikasi proyektor HP ke tembok yang tersedia di toko aplikasi, kemudian hubungkan ponsel dan layar proyektor pada jaringan yang sama.

Cara ini sangat praktis, bahkan kalian tak perlu merogoh kocek dalam-dalam menggunakan aplikasi ini. 

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi proyektor HP ke tembok tanpa proyektor yang bisa digunakan sesuai merknya.

Panasonic Wireless Projector

Panasonic Wireless Projector merupakan aplikasi yang menghubungkan perangkat HP ke proyektor merk Panasonic. 

Perlu diketahui bahwa aplikasi ini hanya bisa digunakan pada versi Android terbaru Jenis aplikasi ini hanya dapat digunakan pada Android 5.0 (Lollipop) ke atas dan perangkat IOS 9.0 yang terbaru.

Baca Juga  3 Cara Download Reel Instagram

Melalui aplikasi tersebut, kalian bisa membuka berbagai file dan merotasi gambar ataupun membalikkan halaman.

Ada juga tool maker yang berguna untuk membuat tanda ketika sedang presentasi. Sehingga presentasinya semakin mudah menjelaskan poin-poin utama. 

Selain itu, tampilan user interface dari aplikasi ini juga dapat dinikmati dari perangkat apapun dan sudah mendukung koneksi jaringan S-Direct untuk satu koneksi ke proyektor tersebut. 

Epson iProjection

Rekomendasi aplikasi proyektor HP ke tembok yang kedua yaitu Epson iProjection. Aplikasi ini bisa diakses melalui perangkat Android maupun iOS. 

Merk Epson tersebut memang sudah terkenal sebagai produsen alat percetakan terbaik. Sehingga wajar saja jika aplikasi Epson iProjection ini telah diinstall lebih dari 1 juta pengguna. 

Menariknya, aplikasi ini sudah mendukung fitur wirelessly sehingga bisa dihubungkan tanpa kabel.

Kalian bisa memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia, mulai dari flip gambar, kontrol volume, zoom in & out, dan multi layar. 

Format file yang mampu ditampilkan juga beragam, seperti JPEG, PDF, dan PNG.

EZCast

Alternatif aplikasi proyektor HP ke tembok lainnya adalah EZCast. Kompatibilitas aplikasi ini terbilang sangat baik dan dapat digunakan berbagai perangkat seperti Android, IOS, dan Monitor, dan Televisi.

EZCast sendiri bisa mengubah fungsi HP menjadi remote control untuk mengontrol tampilan layar. Di dalamnya juga tersedia fitur kontrol suara, streaming media dan juga transfer file.

Screen Mirroring

Aplikasi proyektor HP ke tembok selanjutnya adalah Screen Mirroring. Seperti namanya, aplikasi ini dapat mencerminkan layar HP ke tembok tanpa kabel. 

Keunggulan aplikasi ini di antaranya ialah memiliki beberapa fitur untuk menyesuaikan tampilan layar seperti mengatur kontras, dan kecerahan layar. 

Lebih dari itu, bahkan aplikasi ini juga memiliki fitur cloud dalam jaringan yang sama.

Baca Juga  Jangan Panik, Begini Cara Menonaktifkan Talkback Oppo

AirScreen

AirScreen merupakan aplikasi proyektor HP yang kompatibel di perangkat iOS dan Android. Aplikasi ini dapat disambungkan pada berbagai perangkat seperti Chromecast, Xbox, dan Apple TV.

Kalian bisa menyambungkannya melalui ethernet maupun koneksi WiFi. Di dalamnya sudah dilengkapi dengan fitur kontrol suara dan tampilan multi-layar cocok digunakan untuk kebutuhan presentasi. Sehingga tidak hanya bisa menampilkan satu file melainkan banyak file sekaligus.

Projection Quick Connection

Aplikasi Projection Quick Connection juga bisa kalian coba untuk menghubungkan proyektor HP dan perangkat lain melalui koneksi WiFi.

Sehingga aktivitas Mirroring dapat dilakukan untuk ditampilkan dengan proyektor.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat menyalakan mode standby, freeze, mengatur volume, blank, menampilkan slide show dan fungsi maker. 

Adapun berbagai jenis file yang ditampilkan berupa gambar, website dan dokumen. 

Asus WiFi Projection

Bagi pengguna perangkat Asus, kalian bisa memanfaatkan aplikasi ASUS WiFi Projection. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat menonton video/film, membuka gambar maupun melakukan pencarian di internet.

Selain itu, kalian juga tidak hanya bisa menampilkan layar HP ke tembok saja. Namun juga bisa menggambar/menulis dengan fitur Pen yang tersedia pada aplikasi. 

Oleh sebab itu, jika kalian butuh aplikasi yang tepat untuk perangkat ASUS yang kalian gunakan untuk memproyeksikan layar ke tembok, maka aplikasi ini bisa menjadi solusi yang perlu dipertimbangkan. 

Boxi Air

Jika perangkat yang kalian gunakan saat ini memiliki ruang penyimpanan terbatas, maka Boxi Air bisa dijadikan opsi menarik. Sebab ukurannya terbilang sangat kecil dibandingkan aplikasi lain sejenisnya. 

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki user interface yang mudah digunakan serta fitur-fitur yang tidak kalah menarik dengan aplikasi proyektor HP lainnya.

Baca Juga  Cara Mendapatkan Kuota Internet Gratis Telkomsel 2022

Kalian bisa menampilkan berbagai dokumen, gambar, dan format file lainnya dengan kualitas yang diinginkan. 

Cara penggunaannya juga sangat mudah, cukup dengan menyambungkan aplikasi tersebut dengan proyektor seluler melalui koneksi WiFi saja. 

Multi Presenter

Bagi kalian yang sedang mencari aplikasi proyektor HP ke dinding yang cocok digunakan untuk presentasi, maka Multi Presenter menjadi salah satu pilihan tepat. Aplikasi proyektor HP ke tembok tanpa proyektor ini sangat kompatibel di semua device. 

Kalian bisa menampilkan berbagai jenis file, mulai dari film, dokumen, dan gambar dengan dua opsi sambungan, yaitu wires dan wireless.

Seperti namanya, Multi Presenter dilengkapi fitur menarik, seperti bisa menuliskan garis beserta teks pada gambar/dokumen, lokasi pengguna dapat diakses melalui pointer, tersedia picture mute, switching input signal, sound mute, kamera gambar yang bisa ditangkap oleh kamera internalnya, dan banyak fitur lainnya.

Cara Menggunakan Aplikasi Proyektor HP ke Tembok Tanpa Proyektor

Cara menggunakan aplikasi proyektor HP ke dinding tanpa proyektor biasanya hampir sama, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Download aplikasi proyektor HP ke tembok yang cocok dengan perangkat yang dimiliki.
  • Lalu hubungkan perangkat dengan proyektor melalui koneksi yang tersedia seperti Bluetooth dan WiFi.
  • Kemudian login ke aplikasi yang telah diunduh. 
  • Buka file atau dokumen yang ingin ditampilkan ke tembok
  • Atur tampilan layar (kontras, pencahayaan, suara) pada perangkat sesuai dengan keinginan dan menghasilkan tampilan yang jernih.

Demikian beberapa aplikasi proyektor HP ke tembok yang dapat kalian coba. Melalui aplikasi-aplikasi di atas, menampilkan layar dengan gambar yang lebih besar menjadi semakin praktis. Selamat mencoba!

Baca Juga

Leave a Comment