3 Cara Melacak IP Address Android

Achmad Fachrur Rozi

cara melacak IP address android
Rate this post

LABTekno.com – Cara melacak IP address Android mungkin suatu saat akan kalian perlukan. Entah itu untuk menentukan lokasi perangkat maupun untuk melacak aktivitas mencurigakan lain.

IP Address atau singkatan dari Internet Protocol Address adalah alamat unik yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat yang terhubung ke jaringan internet. 

Setiap perangkat yang terhubung ke internet, termasuk perangkat Android, biasanya akan diberikan IP Address agar dapat berkomunikasi dengan perangkat lain di jaringan.

Sebelum membahas cara melacak IP address Android, jika kalian masih belum terlalu paham mengenai kegunaannya, silakan simak penjelasan berikut.

Kegunaan Melacak IP Address Android

Ada beberapa kegunaan melacak IP address Android, antara lain:

Keamanan

Melacak IP Address Android dapat membantu dalam penelusuran aktivitas yang mencurigakan atau serangan siber yang mungkin terjadi dari perangkat tersebut.

Penyelidikan

Selain sisi keamanan, IP Address juga dapat digunakan oleh penegak hukum atau penyelidik untuk melacak aktivitas online yang mencurigakan atau melacak pelaku kejahatan.

Geolokasi

Kegunaan lain dari melacak IP Address Android juga dapat digunakan untuk menentukan lokasi geografis perkiraan perangkat Android.

Hal ini biasanya digunakan oleh pemerintah untuk memberikan peringatan khusus terhadap suatu peristiwa.

Bisa juga dimanfaatkan oleh tim marketing untuk mempromosikan produknya pada pengguna perangkat di daerah tertentu. Aktivitas ini biasanya disebut sebagai geo targeting.

Geo-targeting adalah strategi pemasaran yang digunakan untuk mengarahkan pesan atau kampanye pemasaran kepada audiens yang berada dalam wilayah geografis tertentu. Tujuan dari geo-targeting adalah untuk mencapai relevansi yang lebih tinggi dalam pesan yang disampaikan, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti lokasi geografis, bahasa, kebiasaan lokal, dan preferensi konsumen di wilayah target.

Baca Juga  Begini Mudahnya Cara Melihat DM yang Sudah Dihapus

Dengan menggunakan database yang memetakan alamat IP ke lokasi tertentu, para pemasar dapat mengidentifikasi lokasi pengguna dan menampilkan konten yang relevan berdasarkan wilayah tersebut.

Cara Melacak IP Address Android

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk melacak IP Address Android:

Melalui Situs Web Pihak Ketiga

Cara melacak IP address Android yang pertama yaitu melalui situs pihak ketiga. 

Saat ini telah tersedia berbagai situs web yang menyediakan layanan pelacakan IP Address. 

Anda dapat mengunjungi salah satu situs web ini dan memasukkan IP Address yang ingin Anda lacak. 

Ada beberapa situs web yang dapat digunakan untuk melacak IP Address Android. Berikut ini adalah beberapa contoh situs web yang dapat Anda gunakan:

  1. WhatIsMyIP.com (https://www.whatismyip.com/): Situs web ini memberikan informasi lengkap tentang IP Address Anda, termasuk lokasi geografis perkiraan.
  2. IP Location (https://www.iplocation.net/): Situs ini memungkinkan Anda memasukkan IP Address yang ingin Anda lacak dan memberikan informasi tentang lokasi geografis perkiraan perangkat Android tersebut.
  3. IP2Location (https://www.ip2location.com/): Situs ini juga menyediakan layanan pelacakan IP Address. Anda dapat memasukkan IP Address yang ingin Anda lacak untuk mendapatkan informasi tentang lokasi geografisnya.
  4. GeoIP Lookup (https://www.geoiplookup.io/): Situs web ini memungkinkan Anda mencari informasi lokasi geografis berdasarkan IP Address yang diberikan.
  5. IPLocationTools (https://www.iplocationtools.com/): Situs ini menyediakan layanan pelacakan IP Address yang mencakup informasi tentang lokasi geografis perkiraan, ISP (Internet Service Provider), dan sebagainya.

Pastikan untuk menggunakan situs web yang terpercaya dan menghormati privasi pengguna saat melacak IP Address. Selain itu, perhatikan bahwa informasi lokasi geografis yang diberikan oleh situs-situs ini mungkin tidak selalu 100% akurat, dan ada batasan dalam melacak IP Address dengan akurasi tinggi.

Baca Juga  Cheat GTA 5 PS5, PC dan XBOX Lengkap

Situs web di atas akan memberikan informasi tentang lokasi geografis perkiraan perangkat Android berdasarkan IP Address tersebut.

Menggunakan Perintah “ping” melalui Command Prompt atau Terminal

Cara melacak IP address Android yang kedua adalah melalui perintah ping CMD atau Terminal. 

Anda dapat menggunakan perintah “ping” untuk melacak IP Address Android yang terhubung ke jaringan yang sama dengan perangkat yang Anda gunakan. 

  • Buka Command Prompt (di Windows) atau Terminal (di Android atau Mac)
  • Lalu ketik perintah “ping [IP Address]” (tanpa tanda kutip). 
  • Misalnya, “ping 192.168.0.1“. 
  • Perintah ini akan mengirimkan paket data ke IP Address yang ditentukan dan memberikan tanggapan yang mencakup informasi tentang waktu respons dan TTL (Time To Live). 

Namun, perintah “ping” hanya akan berhasil jika perangkat Android yang Anda coba lacak terhubung ke jaringan yang sama.

Cara Melacak IP Address Android melalui Aktivitas Jaringan

Cara melacak IP address Android yang terakhir bisa dilakukan melalui aktivitas jaringan. 

Beberapa router atau perangkat jaringan lainnya dapat melacak aktivitas jaringan yang terjadi di dalam jaringan lokal. 

Anda dapat memeriksa log aktivitas jaringan pada perangkat tersebut untuk mencari informasi tentang IP Address Android yang ingin Anda lacak.

Berikut ini caranya:

  1. Buka Pengaturan di HP Android kalian.
  2. Cari dan buka opsi Wi-Fi atau Jaringan dan Koneksi (tergantung pada versi Android yang digunakan).
  3. Pilih jaringan Wi-Fi yang terhubung saat ini.
  4. Di halaman informasi jaringan Wi-Fi, cari dan ketuk opsi Detail atau Lihat Detail Jaringan (nama opsi ini mungkin bervariasi tergantung pada versi Android).
  5. Anda akan melihat informasi detail tentang jaringan Wi-Fi yang terhubung, termasuk alamat IP.
  6. Cari informasi yang disebut IP Address atau Alamat IP
  7. Di sini Anda akan melihat alamat IP yang diberikan kepada perangkat Android Anda di jaringan Wi-Fi tersebut.
Baca Juga  5 Cara Membuat Polling di WhatsApp Grup

Penting untuk diingat bahwa melacak IP Address Android mungkin memiliki batasan dan keterbatasan tertentu. 

Selain itu, privasi dan kebijakan penggunaan data harus dipertimbangkan saat melakukan pelacakan IP Address.

Demikian beberapa cara melacak IP address Android yang bisa kalian lakukan. Selamat mencoba!


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Baca Juga

Leave a Comment