4 Cara Install Ulang Windows 10 Mudah Bagi Pemula

Achmad Fachrur Rozi

Cara Install Ulang Windows 10
5/5 - (3 votes)

LABTekno.com – Cara Install Ulang Windows 10 memang wajib diketahui oleh setiap pengguna komputer maupun laptop. 

Daripada mengeluarkan budget lebih untuk meminta bantuan jasa servis komputer. Mencoba untuk melakukan install ulang sendiri sebenarnya adalah hal mudah, meski pemula sekalipun.

Perlu diketahui bahwa install ulang Windows 10 merupakan proses menghapus sistem operasi yang sudah ada di perangkat komputer atau laptop. Proses ini mengganti dengan versi Windows 10 yang baru atau lebih bersih.

Manfaat Install Ulang Windows 10

Sebelum membahas cara install ulang Windows 10, akan dijelaskan beberapa manfaatnya terlebih dahulu. Berikut ini beberapa manfaatnya:

Peningkatan kinerja 

Seiring berjalannya waktu, sistem operasi Windows 10 dapat mengalami penurunan kinerja karena berbagai faktor seperti penggunaan yang intensif, penumpukan file sampah, dan konflik perangkat lunak. Dengan melakukan install ulang, Anda dapat menghilangkan beban tersebut dan memulai dengan sistem operasi yang segar, yang dapat meningkatkan kinerja komputer Anda.

Perbaikan kesalahan sistem

Terkadang, sistem operasi Windows 10 dapat mengalami kesalahan atau masalah yang sulit diatasi. Install ulang Windows 10 dapat membantu memperbaiki masalah sistem yang persisten, seperti sering mengalami crash, layar biru, atau kegagalan sistem yang tidak dapat diperbaiki dengan metode lain.

Pembersihan malware dan virus

Jika komputer Anda terinfeksi malware atau virus yang sulit dihapus dengan menggunakan perangkat lunak keamanan biasa, install ulang Windows 10 dapat menjadi solusi terbaik. Dengan memulai dengan instalasi bersih, Anda dapat memastikan bahwa semua jejak malware atau virus dihapus sepenuhnya dari sistem Anda.

Baca Juga  Cara Menyaring Konten Disarankan untuk Anda di Facebook

Penghapusan file pribadi

Jika Anda ingin menjual atau memberikan komputer Anda kepada orang lain, sangat penting untuk menghapus semua file pribadi Anda secara menyeluruh. Install ulang Windows 10 memungkinkan Anda untuk menghapus semua data dan informasi pribadi secara efektif dan menghindari risiko kebocoran data.

Cara Install Ulang Windows 10 dengan Mudah

Berikut adalah beberapa cara install ulang Windows 10 yang bisa dilakukan oleh pemula:

Melalui menu Pemulihan (Recovery) di Windows 10

Cara install ulang Windows 10 yang pertama dapat dilakukan melalui menu Pemulihan. 

Bagi para pemula, kalian bisa menginstall ulang Windows 10 dengan mengakses opsi pemulihan pada komputer melalui pengaturan sistem. 

Di sini, Anda dapat memilih opsi “Reset PC” atau “Install ulang Windows” untuk memulai proses install ulang.

Menggunakan Media Instalasi

Cara install ulang Windows 10 selanjutnya bisa dilakukan dengan membuat media instalasi menggunakan DVD atau USB bootable yang berisi file instalasi Windows 10. 

Berikut ini cara install ulang Windows 10 menggunakan DVD atau USB bootable:

  • Persiapkan USB bootable atau USB flash drive dengan kapasitas minimal 8 GB. Pastikan USB tersebut kosong atau telah dipindahkan semua datanya karena proses ini akan menghapus semua data di dalamnya. Unduh alat pembuatan media resmi dari situs web Microsoft (Windows 10 Media Creation Tool).
  • Unduh alat pembuatan media dengan mengunjungi situs web resmi Microsoft dan unduh Windows 10 Media Creation Tool. 
  • Jalankan alat pembuatan media, setujui syarat dan ketentuan penggunaan dan pilih opsi “Buat media instalasi (USB flash drive, DVD, atau file ISO) untuk komputer lain.”
  • Pilih opsi bahasa, edisi, dan arsitektur: Di layar berikutnya, pilih bahasa, edisi (seperti Windows 10 Home atau Pro), dan arsitektur (32-bit atau 64-bit) yang ingin Anda instal. Pastikan Anda memilih opsi yang sesuai dengan lisensi Windows 10 Anda.
  • Pilih opsi USB flash drive: Pada langkah selanjutnya, pilih opsi “Perangkat USB” untuk membuat USB bootable. Pastikan USB flash drive yang ingin Anda gunakan sudah terhubung ke komputer.
  • Pilih USB flash drive yang tepat: Jika ada beberapa USB flash drive terhubung ke komputer, pilih yang sesuai dengan ukuran dan nama yang benar. Pastikan Anda memilih yang benar, karena proses ini akan menghapus semua data di dalam USB flash drive tersebut.
  • Proses pembuatan media: Setelah Anda memilih USB flash drive, alat pembuatan media akan mulai mengunduh file instalasi Windows 10 dan membuat media bootable. Proses ini akan membutuhkan waktu beberapa saat tergantung pada kecepatan internet dan kinerja komputer Anda.
  • Boot dari USB flash drive: Setelah proses pembuatan media selesai, restart komputer Anda. Saat komputer mulai booting, masuk ke menu Boot Options atau BIOS (biasanya dengan menekan tombol F12, F10, atau Del). Pilih USB flash drive sebagai perangkat boot utama.
  • Mulai instalasi Windows 10: Setelah Anda berhasil boot dari USB flash drive, Anda akan melihat layar instalasi Windows 10. Ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk memilih bahasa, zona waktu, dan jenis keyboard yang diinginkan.
  • Pilih opsi “Install now” pada layar berikutnya untuk memulai proses instalasi Windows 10.
  • Ikuti langkah-langkah instalasi yang muncul di layar. Anda akan diminta untuk memasukkan kunci produk Windows 10 (jika diminta), menyetujui syarat dan ketentuan, memilih jenis instalasi (biasanya “Custom” untuk instalasi bersih), dan memilih partisi tempat Anda ingin menginstal Windows 10.
  • Tunggu proses instalasi selesai: Setelah Anda memilih partisi dan memulai proses instalasi, tunggu sampai proses instalasi Windows 10 selesai. Komputer akan reboot beberapa kali selama proses ini.
  • Konfigurasi awal Windows 10: Setelah instalasi selesai, Anda akan diminta untuk melakukan beberapa konfigurasi awal, seperti pengaturan akun pengguna, mengatur preferensi privasi, dan menghubungkan ke jaringan Wi-Fi.
  • Aktivasi Windows 10: Setelah konfigurasi awal selesai, pastikan Anda mengaktifkan Windows 10 dengan memasukkan kunci produk yang valid (jika diminta) atau menggunakan metode aktivasi lain yang sesuai.
Baca Juga  2 Cara Mengganti Username Twitter X Mudah

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah ini, komputer Anda akan memiliki instalasi bersih Windows 10 yang baru. Pastikan Anda memulihkan data dan aplikasi yang diperlukan dari cadangan yang telah Anda buat sebelumnya.

Menggunakan fungsi pemulihan bawaan produsen

Beberapa produsen komputer menyediakan partisi pemulihan yang memungkinkan Anda untuk mengembalikan komputer ke pengaturan pabrik aslinya. 

Anda dapat mengakses fungsi ini dengan menekan tombol yang ditentukan saat komputer booting.

Melalui Windows 10 Update Assistant

Anda dapat mengunduh alat bernama Windows 10 Update Assistant dari situs web resmi Microsoft. 

Alat ini memungkinkan Anda untuk memperbarui atau melakukan instal ulang Windows 10 dengan mudah.

Penting untuk dicatat bahwa sebelum melakukan install ulang Windows 10, pastikan untuk mencadangkan semua data penting Anda, karena proses ini akan menghapus semua data dari partisi sistem. 

Pastikan juga bahwa Anda memiliki kunci lisensi yang valid untuk mengaktifkan kembali Windows 10 setelah proses instalasi selesai.

Demikian beberapa cara install ulang Windows 10 dengan mudah bagi pemula. Silakan ikuti langkah-langkah di atas dengan cermat. Selamat mencoba!


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Baca Juga

Leave a Comment