Cara Downgrade Windows 11 ke 10

Achmad Fachrur Rozi

Cara Downgrade Windows 11 ke 10
5/5 - (1 vote)

LABTekno.com – Cara downgrade Windows 11 ke 10 sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Cukup dengan beberapa klik saja.

Bagi kalian yang sudah terlanjur upgrade ke Windows 11 dan merasa kurang cocok dengan sistem operasi tersebut. Mungkin ingin beralih kembali ke Windows 10.

Sistem operasi yang dirilis pertama kali oleh Microsoft pada 5 Oktober 2021 ini, merupakan sistem operasi lanjutan dari Windows 10.

Di dalamnya terdapat banyak perubahan yang terjadi pada Windows 11, meliputi tampilan dan berbagai fitur terbaru yang ditawarkan.

Beberapa pengguna Windows 10 yang terpilih, bisa memperbarui sistem operasi tersebut secara gratis ke Windows 11. Pengguna tersebut biasanya mendapatkan pemberitahuan atau notifikasi bahwa Windows 11 siap diluncurkan di perangkat tersebut.

Bagi pengguna yang sudah mencobanya dan merasa kurang nyaman menggunakan sistem operasi Windows 11, mungkin solusi terbaiknya adalah kembali ke Windows 10.

Berikut ini akan dijelaskan cara downgrade Windows 11 ke 10.

Cara Downgrade Windows 11 ke 10

Cara downgrade Windows 11 ke 10 terbagi menjadi dua, berdasarkan periode pembaruan ke Windows 10. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kalian lakukan.

Periode 10 Hari Atau Kurang

Biasanya Microsoft akan memberikan batas periode 10 hari saat memperbarui ke Windows 11. Nah, periode tersebut bisa juga disebut sebagai masa trial atau masa percobaan bagi pengguna. Sehingga masih ada opsi untuk kembali lagi ke versi sebelumnya. 

Oleh sebab itu, jika kalian masih dalam periode tersebut, maka cara downgrade Windows 11 ke 10 bisa dilakukan dengan sangat mudah dan praktis.

Baca Juga  Aplikasi Edit Foto Anime Viral dengan Face Play

Berikut ini cara downgrade Windows 11 ke 10 untuk periode 10 hari atau kurang:

  1. Masuk ke Pengaturan

Pertama, yang perlu kalian lakukan adalah masuk ke pengaturan Windows lewat menu Start. Kemudian, klik Sistem.

  1. Buka Opsi Pemulihan

Nantinya akan muncul beberapa opsi dan pilih tab Pemulihan yang berada di sebelah kanan. Jika sudah masuk Opsi Pemulihan, tekan tombol Kembali pada bagian Pengaturan Windows Sebelumnya apabila ingin menurunkan versi Windows 11 ke 10. Lalu, pilih alasan kenapa harus menurunkan ke versi Windows 10. Kemudian, tekan Berikutnya.

  1. Proses Downgrade

Di halaman Check for updates?, silakan tekan atau pilih opsi Tidak, terima kasih. Ikuti petunjuk yang ada di layar, hingga berada di halaman Thanks for trying out this build, lalu tekan Kembali ke versi sebelumnya.

  1. Tunggu Hingga Setup Selesai

Tugas kalian selanjutnya hanyalah menunggu proses setup pengembalian sistem ke versi sebelumnya hingga selesai.

  1. Selesai

Jika proses tersebut sudah selesai, maka layar laptop menunjukkan ke desktop Windows 10.

Periode 10 Hari Lebih

Kalian mungkin bertanya-tanya, bagaimana jika sudah melewati periode 10 hari yang ditawarkan Microsoft?

Tenang saja, jika kalian sudah menggunakan Windows 11 lebih dari 10 hari, Cara downgrade Windows 11 ke 10 memang sedikit lebih ribet. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Download Windows 10 terlebih dahulu, dengan klik link tersebut. 
  2. Klik tombol Download tool now di bagian Create Windows 10 install media.
  3. Nantinya pada file unduhan tersebut, silakan klik dua kali untuk file bernama MediaCreationTool21H1.exe untuk membukanya.
  4. Klik tombol Terima pada pop up jendela yang muncul dan klik Tingkatkan PC ini sekarang.
  5. Kemudian, silakan ikuti petunjuk yang muncul di layar laptop hingga masuk ke halaman Ready to install. Lalu tentu saja klik Instal.
  6. Jika sudah, maka artinya proses downgrade sedang berjalan di perangkat. Silakan tunggu hingga prosesnya selesai yang ditunjukkan dengan layar berada di halaman utama Windows 10.
Baca Juga  Cara Melihat dan Menghapus Riwayat Pencarian Google

Demikian cara downgrade Windows 11 ke 10 yang bisa kalian lakukan. Bagaimana manurut kalian, mudah kan? Selamat mencoba!


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Baca Juga

Leave a Comment