YouTube 1080p Premium, Hadirkan Bitrate Lebih Tinggi

Achmad Fachrur Rozi

YouTube 1080p Premium
Rate this post

LABTekno.com – YouTube 1080p Premium merupakan eksperimen baru dari CEO YouTube yang baru-baru ini naik. 

Opsi streaming YouTube dengan bitrate yang lebih tinggi ini memang sejalan dengan menawarkan kualitas video yang lebih tinggi pula. 

Nah, jika ingin mengaksesnya resolusi YouTube 1080p Premium ini, maka perlu membayarnya terlebih dahulu. 

YouTube telah mengkonfirmasi eksperimen tersebut. Kabar baiknya, YouTube sejauh ini belum ada rencana untuk menghapus opsi menonton yang biasa disediakan untuk pengguna gratis.

Opsi Premium 1080p sepertinya memberikan bitrate yang ditingkatkan untuk resolusi Full HD. Seperti yang diketahui dengan baik oleh penggemar video, bitrate yang lebih tinggi (atau “ditingkatkan”) berarti lebih banyak bit yang dialirkan ke pemutar, memberikan pengalaman video berkualitas lebih tinggi menggunakan teknologi codec yang sama.

Perlu diketahui, bahwa kecepatan bit sebenarnya hanyalah salah satu variabel dalam persamaan kompleks untuk video internet. Masih ada beberapa variabel lain seperti resolusi, kedalaman warna, dan kualitas keseluruhan video asli yang turut berperan dalam pengalaman menonton. 

Selain itu, jika diperhatikan saat video diunggah ke YouTube, kualitasnya biasanya turun meskipun ada upaya terbaik untuk menggunakan bitrate setinggi mungkin selama fase pengeditan video.

Perbedaan Kualitas Video YouTube 1080p Premium dengan 1080p Standar

Perbedaan paling signifikan pada fitur YouTube 1080p Premium dengan versi standar, salah satu contohnya adalah fitur Blu-ray 1080p yang mampu memberi kecepatan maksimum 40 Mbps dan menampilkan gambar yang cukup tajam. 

Sementara itu, pada bitrate 1080p standar, hanya berkisar 8 hingga 10 Mbps saja. Meski sudah cukup baik, namun jika dibandingkan versi premiumnya, akan terasa juga perbedaannya.

Baca Juga  POCO X5 5G Akan Segera Hadir dengan Snapdragon 778G Plus

Hal tersebut juga tergantung pada penggunaan codec yang digunakan saat video dikompresi. Sebab, beberapa codec biasanya lebih efisien daripada yang lain dan dapat menampilkan hasil yang lebih baik dengan lebih sedikit data.

Nah, YouTube biasanya menggunakan pengkodean bitrate variabel, jumlah data yang digunakan akan sedikit naik-turun tergantung yang ditampilkan di layar.

Fitur ini pernah dicoba oleh seorang pengguna Reddit denganmemposting tangkapan layar alat “Stats for Nerds” YouTube. Hasilnya menunjukkan opsi 1080p Premium berjalan sekitar 13 Mbps, sedangkan mode standarnya untuk video yang sama, berjalan 8 Mbps. 

Alasan YouTube Tidak Menampilkan File Video Asli

Jika ditanya alasan YouTube tidak menampilkan file video asli pada bitrate maksimumnya, jawabannya sederhana. 

Hal tersebut tentu akan mengeluarkan lebih banyak biaya, baik dari segi YouTube sendiri maupun untuk pengguna–tergantung kecepatan dan batas data.

Seperti yang telah disebutkan di atas, semakin rendah bitrate video, maka semakin rendah kualitas videonya. Walhasil, semakin sedikit pula bandwidth yang dibutuhkan dalam perjalanan dari server YouTube ke layar pengguna. 

Nah, tujuan eksperimen YouTube 1080p Premium ini, secara tidak langsung menunjukkan bahwa pihaknya mungkin bersedia membiarkan orang mengakses lebih banyak kualitas selama penggunanya membayar untuk layanan tersebut.

YouTube 1080p Premium

Juru bicara YouTube, Paul Pennington, mengatakan bahwa opsi streaming 1080p baru saat ini tersedia untuk “pelanggan YouTube Premium kalangan terbatas.” 

Kecepatan bit yang ditingkatkan tersebut merupakan upaya untuk memberikan lebih banyak informasi per piksel yang menghasilkan “pengalaman menonton berkualitas lebih tinggi”.

Lebih lanjut, Paul Pennington juga menegaskan bahwa opsi baru tidak memengaruhi kualitas video 1080p yang sudah ada bagi untuk pengguna gratis. 

Kecepatan bit standar YouTube untuk video Full HD dapat berkisar antara 8 dan 10 megabit per detik, yang mengakibatkan penurunan kualitas video yang mencolok dibandingkan dengan rilis video rumahan 1080p pada disk Blu-ray yang bisa mencapai 40 Mbps.

Baca Juga  Meizu 20 Pro Ditenagai Snapdragon 8 Gen 2, Apakah Akan Rilis di Indonesia

Selain itu, YouTube baru-baru ini juga menjalankan eksperimen lain dengan kualitas video dengan menyembunyikan resolusi 4K/Ultra HD di balik paywall Premium. 

Hal ini tentu disesalkan oleh komunitas pengguna yang merasa kehilangan sesuatu yang selama ini bisa mereka akses secara gratis bertahun-tahun.

Tapi tenang saja, YouTube 1080p Premium akan tetap menyediakan opsi tontonan tambahan tanpa paywall untuk pengalaman gratis. 

Baca Juga

Leave a Comment