7 Smartphone Terbaik yang Rilis di Tahun 2024

Achmad Fachrur Rozi

Smartphone Terbaik yang Rilis di Tahun 2024
5/5 - (1 vote)

LABTekno.com – Sedikitnya ada 7 smartphone terbaik yang rilis di tahun 2024 ini. Smartphone-smartphone tersebut membawa berbagai inovasi baru yang lebih baik dari pendahulunya.

Meski tahun 2024 belum berjalan seminggu, namun rumor mengenai beberapa smartphone terbaik yang rilis di tahun 2024 sudah banyak beredar.

Diperkirakan akan hadir sejumlah smartphone baru yang akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang. Bahkan ada di antaranya yang akan dirilis pada bulan Januari ini.

Menarik untuk dinantikan, berikut ini preview smartphone terbaik yang rilis di tahun 2024:

Samsung Galaxy S24 Series

Smartphone terbaik yang rilis di tahun 2024 - Samsung Galaxy S24 Series

Smartphone terbaik yang rilis di tahun 2024 yang pertama yaitu Samsung Galaxy S24 Series, yang akan mencakup S24, S24 Plus, dan S24 Ultra.

Dilihat dari segi desain, smartphone terbarunya nanti akan terlihat mirip dengan seri S23 sebelumnya. 

Galaxy S24 Ultra diharapkan memiliki layar datar, bukan tepi melengkung seperti yang dimiliki S23 Ultra. 

Menurut rumor yang beredar, S24 Ultra akan memiliki bingkai titanium, mirip dengan seri iPhone 15 Pro milik Apple. 

Pilihan warna baru yang potensial mungkin mencakup nuansa kuning dan ungu.

Kemudian dari segi ukuran, S24 Ultra akan memiliki ukuran layar yang sama seperti sebelumnya, S24 dan S24 Plus mungkin sedikit lebih besar dari pendahulunya dengan layar masing-masing 6,2 dan 6,7 inci, dibandingkan dengan ukuran sebelumnya 6,1 dan 6,6 inci. Upgrade paling menonjol terletak pada prosesor atau chip yang akan digunakan jajaran S24 nantinya, smartphone ini diperkirakan akan menggunakan chip Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3.

Render Samsung Galaxy S24 berwarna kuning.
Render Samsung Galaxy S24 Plus berwarna silver.

Kemudian hadir fitur baru yaitu penggunaan kecerdasan buatan dengan Android 14. Beberapa fitur AI baru kemungkinan akan mencakup terjemahan panggilan telepon real-time, wallpaper AI generatif seperti di Google Pixel 8, dan pengeditan foto. alat yang cara kerjanya mirip dengan Editor Ajaib Google.

Bagian kameranya juga mendapatkan beberapa perubahan besar pada bagian depan kamera — terutama untuk S24 Ultra. Galaxy S24 Ultra mungkin memiliki pengaturan kamera quad dengan kamera utama 200MP, telefoto 50MP dan 10MP, serta kamera ultrawide 12MP. 

Kedua lensa telefoto tersebut ditujukan untuk kemampuan zoom optik 5x dan 10x, serta panjang zoom maksimum 100x. 

Untuk S24 dan S24 Plus, kemungkinan akan hadir dengan kamera utama 50MP dengan lensa telefoto ganda 2x dan 3x serta zoom total 30x.

Bagi pengguna yang hobi fotografi atau sering menonton konser, sektor kamera Galaxy S24 Ultra tentu akan menjadi pilihan yang sangat menarik. 

OnePlus 12

OnePlus 12 dalam warna hijau, silver, dan hitam.

Smartphone terbaik yang rilis di tahun 2024 berikutnya yaitu OnePlus 12. Beberapa tahun belakangan, smartphone OnePlus mencuri perhatian para penggemar. Sebab mampu menjaga konsistensinya dalam menghasilkan beberapa perangkat yang cukup hebat — seperti OnePlus Pad dan OnePlus Open. 

Tahun ini, ekspektasi penggemar juga tak terelakkan pada OnePlus 12. Smartphone ini telah diluncurkan di Tiongkok, harapannya bisa diluncurkan secara global beberapa bulan mendatang.

Dilihat dari segi desain, sepertinya pendahulunya, OnePlus 11, dengan beberapa perubahan kecil. Perubahan tersebut mencakup sedikit peningkatan ukuran, namun hanya bertambah 1 hingga 2 mm di setiap arah. 

Baca Juga  Resmi dirilis, Begini Spesifikasi dan Harga ASUS Zenfone 9

OnePlus 12 akan hadir dalam warna tradisional OnePlus yaitu hijau dan hitam. Ada juga pilihan baru untuk warna putih, tetapi masih belum dikonfirmasi apakah warna tersebut akan diterapkan. 

Tombol volume telah berpindah ke sisi kanan sasis, sedangkan penggeser peringatan kini berada di kiri.

Modul kamera OnePlus 12 berwarna hijau.

Modul kamera pada OnePlus 12 akan terlihat sama seperti yang ada pada OnePlus 11 tetapi dengan merek “Hasselblad” dikurangi menjadi hanya “H” seperti pada OnePlus Open. 

Akan ada cincin logam di sekeliling susunan kamera untuk tampilan yang lebih elegan, dan warna modul kamera sesuai dengan warna bodi yang dipilih.

Sementara di sektor kamera, OnePlus 12 menghadirkan beberapa peningkatan kamera yang besar. 

Kamera utama 50MP, lensa periskop 64MP untuk zoom optik 3x, dan sensor ultrawide 48MP. Konfigurasi ini sebenarnya sama seperti sistem kamera pada OnePlus Open, yang sudah tidak diragukan lagi.

Dalam hal spesifikasi, OnePlus 12 akan memiliki Snapdragon 8 Gen 3, dan model dasarnya sekarang dimulai dengan penyimpanan 256GB dengan RAM 12GB. 

Opsi penyimpanan akan meningkat hingga 1TB dengan RAM 24GB, menjadikannya ponsel Android yang powerful bagi mereka yang menginginkannya. 

Selain itu, ponsel ini juga akan diluncurkan dengan Android 14 dan OxygenOS 14, dan akan mendapatkan pembaruan perangkat lunak selama empat tahun.

OnePlus 12 versi China memiliki kecepatan pengisian daya 100W, namun kemungkinan pada versi global, kecepatan charging-nya sedikit lebih rendah pada 80W seperti OnePlus 11. 

OnePlus akhirnya menghadirkan kembali pengisian daya nirkabel pada kecepatan 50W dan membalikkan pengisian daya nirkabel pada 10W, yang merupakan jumlah yang jauh lebih besar. lebih baik dari kompetitornya.

Nothing Phone 3

Lampu Glyph Nothing Phone 2 dan Nothing Phone 1.

Smartphone terbaik yang rilis di tahun 2024 selanjutnya juga semakin dinantikan, yaitu Nothing Phone 3. Meski belum banyak rumor tentang Nothing Phone 3, dan sejauh ini apa pun yang beredar hanyalah spekulasi. 

Namun kemungkinan akan muncul informasi lanjutan dalam acara Mobile World Congress 2024 di Barcelona pada tanggal 27 Februari.

Hal paling menonjol dari Nothing Phone 3 dari kompetitor lainnya, tentu saja pada desain kaca transparan uniknya dengan lampu LED yang disebut antarmuka Glyph. 

Desain tersebut kemungkinan besar akan dipertahankan, karena sudah menjadi cirikhas. Rumor lain menunjukkan bahwa tampilannya mungkin lebih cerah dari pendahulunya tetapi sebagian besar tetap sama. 

Generasi sebelumnya juga menggunakan pengaturan kamera ganda, dan Nothing Phone 3 kemungkinan akan mengikutinya.

Dan karena Nothing Phone belum bisa menandingi ponsel unggulan pesaing lainnya (ini lebih merupakan opsi kelas menengah), kecil kemungkinan smartphone ini akan menggunakan Snapdragon 8 Gen 3 di dalamnya. 

Sebaliknya, Nothing Phone 2 menggunakan Snapdragon 8+ Gen 1, yang merupakan rilis kejutan dari Qualcomm pada tahun 2022. Nothing Phone 3 mungkin menggunakan Snapdragon 8 Gen 2 atau yang serupa.

Google Pixel 8a

Kemungkinan render menampilkan Google Pixel 8a.

Smartphone terbaik yang rilis di tahun 2024 selanjutnya yaitu Google Pixel 8A. Penerus Pixel 7A yang menjadi pilihan paling menarik di deretan serinya.

Baca Juga  Bocoran Google Wear OS 3.5 dan One UI Watch 4.5

Google melakukan hal menarik dengan jajaran Pixel-nya. Biasanya mereka merilis model Pixel andalan pada musim gugur dan kemudian merilis seri Pixel A yang lebih hemat anggaran pada musim panas berikutnya. 

Meskipun awalnya kami mengira Pixel 7a akan menjadi yang terakhir dari seri A, namun kenyataannya tidak demikian.

Google Pixel 8a akan memiliki desain yang mengikuti andalan Google Pixel 8 dan Google Pixel 8 Pro. 

Dari bocoran yang kami lihat sejauh ini, ini berarti desain dengan sudut membulat yang lebih menonjol dibandingkan sebelumnya. 

Pixel 8a juga akan memiliki bezel yang lebih tebal di bagian depan dibandingkan seri andalan utamanya.

Karena Google menggunakan chipset Tensor G3 di seri utama Pixel 8, masuk akal jika chip yang sama ini juga akan hadir di Pixel 8a. Kemungkinan juga hanya memiliki penyimpanan 128GB.

Kemungkinan render menampilkan Google Pixel 8a.

Layarnya kemungkinan akan tetap sama yaitu 6,1 inci, dan kecepatan refreshnya tetap 90Hz, namun mungkin ada beberapa peningkatan pada material yang digunakan. 

Misalnya Google Pixel 7a menggunakan Corning Gorilla Glass 3, namun Pixel 8a berpeluang besar menggunakan Corning Gorilla Glass Victus yang bisa ditemukan di Pixel 8, sehingga bisa lebih tahan lama dibandingkan pendahulunya.

Belum ada rumor pasti mengenai kamera pada Pixel 8a, namun ada potensi lensa ultrawide yang lebih besar dan fokus otomatis pada kamera selfie. 

Beberapa alat pengeditan foto di jajaran Pixel 8, termasuk Best Take dan Magic Editor, kemungkinan akan muncul di Pixel 8a.

Salah satu hal favorit tentang ponsel Pixel adalah kemampuannya mengambil foto bagus tanpa banyak usaha. 

Meskipun Pixel 8a tidak memiliki banyak peningkatan perangkat keras kamera, label harga yang lebih terjangkau daripada Pixel 8 dan Pixel 8 Pro utama akan menarik lebih banyak orang. 

Google Pixel Fold 2

Google Pixel Fold di layar beranda tampilan bagian dalam Obsidian.

Smartphone terbaik yang rilis di tahun 2024 berikutnya dari segmen pasar ponsel lipat, yaitu Google Pixel Fold 2.

Pada tahun 2023, Google merilis perangkat lipat pertamanya dengan Google Pixel Fold. Meskipun ini merupakan awal yang baik, ia kehilangan sedikit tenaga setelah OnePlus merilis perangkat lipat pertamanya, OnePlus Open. 

Google memiliki peluang untuk memperbaikinya kembali dengan Pixel Fold 2, tetapi sejauh ini, kami belum memiliki banyak rumor yang beredar.

Rumor terbesar tentang Google Pixel Fold 2 adalah ia akan mendapatkan layar yang lebih besar, menurut spesialis tampilan Ross Young. 

Namun, dia tidak merinci apakah layar yang lebih besar itu merupakan cover atau tampilan bagian dalam.

Dan tentu saja, jika Pixel Fold 2 dirilis sebelum Google Pixel 9, kemungkinan besar ia akan mendapatkan chip Tensor G3 yang saat ini ada di seri Pixel 8. 

Namun, karena Pixel Fold adalah perangkat generasi pertama, belum ada pola peluncurannya. 

Beberapa rumor menyatakan bahwa kita akan melihatnya paling cepat pada musim panas ini, meskipun laporan lain menunjukkan bahwa itu mungkin tidak diluncurkan hingga tahun 2025.

Google memiliki banyak peluang untuk meningkatkan Pixel Fold 2. Kemungkinan Pixel Fold 2 akan memiliki bezel yang lebih tipis.

Engselnya perlu diperbaiki agar bukaannya bisa rata sepenuhnya tanpa perlu memberikan banyak tekanan atau tenaga. 

Baca Juga  Huawei Mate 60 Pro: Smartphone Canggih yang Menggemparkan Dunia 

Dalam segi bahan, Google juga perlu memikirkan kembali material yang digunakan, misalnya seperti OnePlus menggunakan titanium di OnePlus Open, membuatnya sangat ringan. Mungkin Google bisa mempertimbangkan hal yang sama.

iPhone 16 Series

Render prototipe iPhone 16

Berbicara mengenai smartphone terbaik yang rilis di tahun 2024, nampaknya kurang puas jika belum ada merk Apple.

Apple memiliki salah satu rilis terbesar setiap tahun dengan iPhone. Tahun ini, jajaran iPhone 16 diperkirakan akan mencakup iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max.

Mungkin ada beberapa perubahan besar pada model dasar iPhone 16 dan iPhone 16 Plus. Ponsel ini nantinya mungkin menampilkan tata letak kamera vertikal baru, yang digunakan untuk perekaman video spasial untuk headset Apple Vision Pro. 

Untuk iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max, diprediksi bakal ada sedikit peningkatan ukuran layar masing-masing menjadi 6,3 dan 6,9 inci.

Semua model dapat melihat pengenalan tombol haptik baru, yang seharusnya muncul di iPhone 15 Pro tetapi dibatalkan karena masalah teknis. 

Seiring dengan tombol haptic baru, kita juga dapat melihat tombol “capture” baru di seluruh seri iPhone terbaru nanti.

profil tepi kanan dari bocoran render iPhone 16

IPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max mungkin mengalami beberapa peningkatan kamera dalam bentuk lensa ultrawide 48MP baru. 

IPhone 16 Pro yang lebih kecil juga bisa mendapatkan kemampuan zoom optik 5x, yang hanya terbatas pada model iPhone 15 Pro Max pada tahun 2023.

Namun iPhone 16 Pro Max juga dapat mengambil langkah lebih jauh dengan kamera telefoto “super”, yang mungkin meningkatkan kemampuan zoom optiknya. zoom optik hingga rentang 10x.

Salah satu masalah terbesar saya dengan iPhone 15 Pro adalah kenyataan bahwa Apple hanya menambahkan lensa periskop ke model Pro Max. 

Rumor baru tentang iPhone 16 Pro yang mendapatkan zoom optik lebih baik, daripada hanya memberikan pengalaman kamera terbaik di ponsel yang lebih besar. 

Google Pixel 9 dan Pixel 9 Pro

Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro dalam warna pink dan putih

Daftar terakhir smartphone terbaik yang rilis di tahun 2024 ialah Google Pixel 9 Series.

Meskipun Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro diluncurkan menjelang akhir tahun 2023, sekarang saatnya menantikan Google Pixel 9, yang diharapkan akan dirilis pada musim gugur.

Sampai saat ini belum melihat bocoran render tentang tampilan Pixel 9 dan Pixel 9 Pro, tetapi sulit membayangkan Google menyimpang dari desain bilah kamera yang membedakan Pixel dari pesaingnya.

Namun mungkin ada perubahan lain pada perangkat Pixel 9 tahun ini, termasuk model Pro yang lebih kecil. 

Saat ini, Google hanya memiliki Pixel 8 reguler yang memiliki layar 6,2 inci, dan Pixel 8 Pro dengan layar 6,7 inci. 

Jika Google merilis Pixel 9 Pro yang lebih kecil, maka mereka yang lebih menyukai ponsel yang lebih kecil akan mendapatkan lebih banyak fitur andalan dalam model Pro, termasuk kamera telefoto, misalnya.

smartphone Pixel 8 Pro berwarna biru dan pink

Ross Young, pembocor yang berpengalaman dengan perlengkapan layar, melaporkan bahwa akan ada layar yang lebih besar di jajaran Pixel 9. 

Namun, belum ada informasi yang lebih terperinci mengenai seberapa besar ukurannya.  

Demikian beberapa smartphone terbaik yang rilis di tahun 2024. Mari kita nantikan berbagai peningkatan atau perubahan yang dilakukan para produsen smartphone kenamaan tersebut. 

Baca Juga

Leave a Comment