4 Cara Transkrip Video YouTube To Text

Achmad Fachrur Rozi

Transkrip Video YouTube To Text
Rate this post

LABTekno.com – Transkrip video YouTube to text sekarang bisa dilakukan dengan sangat mudah. Sudah banyak cara yang tersedia untuk mengubah video Youtube tersebut menjadi konten yang dapat dibaca.

Bagi kalian yang lebih mudah memahami sesuatu dengan membaca, cara berikut ini mungkin akan sangat membantu. Sebab dengan begitu, kalian tidak mudah terdistraksi atau teralihkan dengan konten visual yang ada.

Transkripsi teks juga dapat meningkatkan optimasi mesin telusur (SEO) untuk video YouTube. Sehingga dapat membantu video tersebut lebih mudah ditemukan oleh pencarian online dan memperluas jangkauan audiens.

Selain itu, transkripsi memberikan dasar untuk membuat subtitle yang akurat. Mengingat semua konten saat ini kebanyakan menyediakan subtitle yang berguna untuk menjangkau audiens global dengan bahasa yang berbeda atau mereka yang tidak dapat mendengarkan dengan suara (seperti saat mereka berada di tempat umum).

Berikut ini beberapa cara transkrip video YouTube to text yang dapat dicoba:

Transkrip Video YouTube to Text melalui Fitur Otomatis YouTube

Cara transkrip video YouTube to text yang pertama adalah dengan memanfaatkan fitur bawaan YouTube itu sendiri. Cukup dengan mengaktifkan transkripsi otomatis. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka video YouTube yang ingin diubah menjadi teks.
  • Di bawah video, klik pada ikon “…” yang berarti “Lainnya” di bawah tombol “Bagikan”.
  • Pilih “Transkripsi (CC)” dari menu yang muncul.
  • Jika video memiliki transkripsi otomatis, maka akan terlihat teks di sisi kanan video.
  • Silakan salin teks tersebut ke dalam dokumen atau file teks.
Baca Juga  Cara Melihat Pemakai WiFi

Transkrip Video Lewat Aplikasi Pihak Ketiga

Jika video YouTube tidak memiliki transkripsi otomatis atau jika ingin menghasilkan teks yang lebih akurat, maka gunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk mengkonversi video menjadi teks. 

Berikut ini beberapa aplikasi untuk transkrip dengan tingkat akurasi lebih tinggi, antara lain:

  • Google Web Speech API: Bagi pengguna ekosistem Google, fitur Speech to Text mungkin sudah tidak asing lagi. Kalian bisa mengaksesnya melalui cloud.google.com/speech-to-text dan ikuti petunjuknya.
  • Website Transkripsi Berbayar: Layanan pihak ketiga seperti Rev.com menyediakan layanan transkripsi berbayar dengan kualitas tinggi. Kalian cukup mengunggah video ke situs web mereka, dan mereka akan mengembalikan transkripsi teks.
  • Express Scribe (Desktop): Ada juga aplikasi dekstop yang dapat memutar video dan secara manual mengetikkan teks saat mendengarkan. Biasanya, aplikasi ini memang digunakan oleh Transcriber profesional.

Gunakan Fitur Voice-to-Text di Editor Video

Transkrip Video YouTube To Text Melalui Fitur Voice to Text di Editor Video

Bagi kalian yang terbiasa menggunakan aplikasi atau software edit video, mungkin sudah tidak asing dengan fitur Voice-to-Text (V2T). Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk mengonversi narasi video menjadi teks. Berikut ini cara transkrip video YouTube to text menggunakan fitur Voice to Text di editor video secara umum:

  • Impor video ke dalam editor video yang digunakan.
  • Cari opsi Voice-to-Text atau Speech-to-Text dalam menu atau pengaturan.
  • Aktifkan fitur tersebut dan biarkan perangkat lunak mengenali suara dalam video.
  • Periksa dan perbaiki teks yang dihasilkan jika diperlukan.

Melalui Situs Transkrip Gratis Tanpa Daftar Akun

Cara transkrip video YouTube to text yang terakhir bisa dilakukan melalui situs atau website transkrip khusus. 

Sekarang ini sudah banyak website khusus yang menyediakan tool transkrip video YouTube to text, di antaranya seperti anthiago, Maestra, Tactiq, dan kome

Baca Juga  Cheat GTA 5: Kode Nomor HP, PS4, PS5, Xbox, dan PC

Melalui website transkrip tersebut, kalian hanya perlu memasukkan link atau tautan video YouTube yang ingin ditranskrip saja. Lalu klik Transkrip, tunggu sebentar dan selesai.

Keakuratan hasilnya mungkin masih sangat rendah, masih banyak kesalahan di sana-sini, tinggal edit seperlunya.

Sebenarnya masih banyak situs lainnya yang menawarkan tool serupa, namun pengguna wajib mendaftarkan akun terlebih dahulu. Baru dapat mengaksesnya. Ribet!

Nah, dengan mengikuti beberapa cara transkrip video YouTube to text di atas, kalian bisa dengan mudah mengubah isi materi atau informasi yang terdapat dalam video tersebut menjadi teks atau dokumen. Selamat mencoba!

Baca Juga

Leave a Comment