Streaming Instagram Baru: Fitur Instagram Live Producer

Streming Instagram Baru di Live Producer
5/5 - (1 vote)

LABtekno.com – Streaming Instagram memang fitur yang sudah cukup lama diluncurkan. Sama seperti fitur live di media sosial lainnya, Instagram juga memungkinkan setiap penggunanya untuk berinteraksi langsung, menonton, menyukai dan memberikan komentar.

Namun fitur streaming Instagram sebelumnya hanya tersedia dalam versi mobile saja. Anda tidak dapat melakukan live streaming di desktop. Meskipun laptop atau komputer Anda memiliki aplikasi Instagram. 

Live Streaming Instagram Melalui Desktop

Kabar baiknya, kini Anda dapat melakukan streaming Instagram dari desktop Anda. Instagram telah memperkenalkan alat baru yang memungkinkan penggunanya membuat konten live streaming melalui desktop secara langsung.

Fitur tersebut bernama Instagram Live Producer. Anda dapat membuat konten live streaming langsung menggunakan perangkat lunak atau software seperti OBS, Streamlabs atau Streamyard.

Fitur barunya tersebut diluncurkan hanya beberapa minggu setelah Instagram meluncurkan fitur baru untuk memverifikasi usia penggunanya. 

Jika sebelumnya Anda hanya dapat memulai streaming Instagram melalui smartphone, kini dengan fitur Instagram Live Producer, Anda bisa langsung melakukan siaran langsung seperti halnya pada aplikasi lain, seperti Twitch dan YouTube. 

Memaksimalkan Kualitas Live Streaming

Pada fitur Instagram Live Producer, Anda dapat menggunakan kamera tambahan, mikrofon eksternal yang kualitasnya jauh lebih baik dari smartphone Anda. 

Berkat hal baik ini, Streamer dapat membuat konten yang kualitasnya jauh lebih baik dan terkesan lebih prepare dibandingkan live streaming langsung dari smartphone. 

Bahkan Anda juga dapat menambahkan grafik khusus, kartu judul dan akhir, dan lain sebagainya ke dalam konten streaming Anda.

Rekomendasi Persyaratan Format Audio dan Video

Kualitas tampilan video live streaming yang lebih baik, tentu akan memberikan kenyamanan lebih pada para penonton setia. 

Mata dan telinga para penonton akan semakin dimanjakan dengan kualitas yang jauh lebih baik. Hal ini membuat live streaming Anda menjadi lebih menarik lagi untuk ditonton berlama-lama.

Instagram bahkan telah menyoroti rekomendasi persyaratan format audio dan video secara resmi dalam postingan blognya. Berikut ini beberapa rekomendasinya:

Syarat Format Video yang Direkomendasikan 

  • Menggunakan aspek rasio 9:16 sangat disarankan, namun tetap tidak wajib. Pengguna masih bebas memilih aspek rasio yang diinginkan.
  • Kualitas video yang disarankan 720p @ 30fps. Live Producer sebenarnya juga dapat mendukung 60fps jika diinginkan. Namun ketika Anda menggunakan 60fps, layar pratinjau Live Producer akan tetap menampilkan 30 fps. Meski masih dapat menggunakan format 480p @ 30fps, 360p, tetapi Instagram tidak menyarankan untuk menggunakannya. 
  • Resolusi yang disarankan yaitu 720×1280
  • Rentang bitrate video: 2.250-6.000 Kbps

Rekomendasi Format Audio

Rekomendasi persyaratan format audio yang digunakan pada fitur Live Streaming Producer sama seperti platform streaming lainnya. 

  • Tingkat sampel (sample rate) yang direkomendasikan adalah 44,1 kHz
  • Tata letak saluran atau channel layout Stereo
  • Kecepatan bit hingga 256 Kbps

Cara Menggunakan Instagram Live Producer

Meski fitur tersebut masih dalam tahap pengujian, namun Anda dapat menggunakan Instagram Live Producer. Berikut ini caranya: 

  • Buka aplikasi Instagram atau kunjungi situs instagram.com melalui browser pada laptop atau komputer.
  • Klik tombol Add Post atau Tambahkan postingan di Instagram.com 
  • Pilih opsi Live atau Langsung dari menu dropdown (tarik-turun). 
  • Pada layar Go Live atau Tayangkan, silakan masukkan judul untuk streaming Anda 
  • Pilih pemirsa Anda 
  • Jika sudah, langsung saja klik tombol Berikutnya
  • Selanjutnya akan ditampilkan URL unik dan kunci streaming Anda. 
  • Silakan masukkan kunci streaming di perangkat lunak streaming pilihan Anda 
  • Selesai, Anda sudah siap melakukan live streaming

Tenang saja, Anda juga dapat menyimpan VOD live streaming Anda. 

Demikian beberapa bocoran terkait fitur baru Instagram Live Producer yang memungkinkan Anda untuk melakukan live streaming melalui desktop. Selamat mencoba!


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − two =

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top