Rumor iPhone 16 Usung Sensor Kamera Vertikal

Achmad Fachrur Rozi

Rumor iPhone 16
5/5 - (1 vote)

LABTekno.com – Rumor iPhone 16 sudah mulai bertebaran, meski iPhone 15 saja belum dirilis. Seperti biasa, dunia teknologi memang selalu dinantikan berbagai perkembangan dan terobosan yang dilakukan. Tak terkecuali di lini smartphone.

Apple sebagai merek perangkat digital paling populer untuk kalangan menengah atas, baru-baru ini dikabarkan akan meluncurkan iPhone generasi selanjutnya yaitu seri iPhone 15.

Jajaran iPhone 15 yang akan datang diperkirakan akan resmi dalam beberapa bulan mendatang. 

Oleh sebab itu, untuk smartphone seri iPhone 16, diperkirakan akan debut pertama kali lebih dari setahun kemudian. Meski masih setahun lebih, kini seri iPhone 16 sudah banyak dibicarakan karena muncul beberapa rumor. 

Rumor iPhone 16: Sensor Kamera Belakang Dipasang Secara Vertikal

Beberapa detail tentang smartphone Apple iPhone 16 yang akan diluncurkan tahun depan telah muncul secara online dan dalam perkembangan terbaru, detail tentang pengaturan sensor kamera belakang telah terungkap.

image 4

Informasi baru yang dibagikan oleh pengguna Twitter @URedditor mengklaim bahwa model iPhone 16 standar akan hadir dengan pengaturan dua kamera di mana sensor akan diatur dalam tata letak vertikal. Desain yang sama juga diperkirakan akan diperluas ke iPhone 16 Plus.

Jika mengingat desain sebelumnya, Apple beralih ke pengaturan sensor yang diatur secara diagonal untuk kamera belakang dengan jajaran iPhone 13.

Kemudian dilanjutkan pada model seri iPhone 14 generasi saat ini. Oleh sebab itu, banyak yang menyayangkan karena tidak ada pembeda dari generasi sebelumnya dalam segi tampilan. 

Tapi tenang saja, untuk model seri iPhone 16 dan 16 Plus nantinya, berdasarkan rumor iPhone 16 yang beredar, Apple akan menggunakan sensor kamera yang disejajarkan secara vertikal.

Baca Juga  Google Tensor G3 di Pixel 8 Tawarkan Grafis Game Android Rasa PC

Sementara rumor iPhone 16 Pro, diharapkan akan melanjutkan sensor yang diatur secara diagonal.

Pertahankan Dynamic Island dan Port USB-C

Rumor iPhone 16 selanjutnya menyebutkan bahwa akan ada perubahan yang membuat perangkat “langsung dikenali” sebagai model terbaru, setidaknya jika digabungkan dengan aspek desain baru lainnya pada perangkat tersebut, termasuk Dynamic Island dan port USB-C.

Perlu diketahui juga bahwa pada September tahun ini, Apple akan mengumumkan seri iPhone 15, meliputi iPhone 15, iPhone 15 Max, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max.

Berdasarkan rumor yang beredar, muncul render yang berasal dari pembuat casing di China yang menampilkan desain kasar dari iPhone 15 mendatang.

Rumor iPhone 16 - render desain kamera iPhone 15 dan 15 Pro

Beberapa perubahan desain tampak jelas dari render ini, terutama untuk varian standar dan Max. 

Sudah tidak lagi mempertahankan desain berponi yang sudah ada sejak tahun 2018. Kini, semua seri iPhone akan tampil dengan ‘layar berlubang’ berfitur Dynamic Island.

Kemudian pada bagian tepi, kaca dan bodinya akan sedikit melengkung. Hal ini dilakukan agar seri iPhone 15 menjadi lebih enak digenggam.

Rumor iPhone 16 - Dynamic Island

Bezel dan ketebalan bodi iPhone 15 nantinya juga sedikit lebih ramping dan tipis dibandingkan seri iPhone 14.

Tidak berhenti di situ, pada iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max, kemungkinan akan mendapatkan peningkatan sistem kamera.

Render Tonjolan Kamera Belakang iPhone 15 Pro

Dikutip dari 9to5Mac, tonjolan pada kamera di belakang yang lebih tebal dari sebelumnya. Hal ini mengindikasikan adanya peningkatan sistem kamera dengan sensor yang lebih besar atau lensa yang baru.

Sedangkan untuk tata letak kameranya masih mirip dengan iPhone 14 Pro, yang mengusung tiga lensa kamera dengan pemindai berbasis LiDAR yang disusun dalam modul persegi.

Baca Juga  Bocoran Realme C53, Begini Spesifikasi Lengkapnya

Nah, port Lightning Apple yang hadir sejak iPhone 5 atau sudah rilis 11 tahun lalu mulai diganti dengan USB-C pada seri iPhone 15. 

Nantinya akan berlanjut untuk diterapkan pada generasi selanjutnya, termasuk iPhone 16. Karena permintaan Uni Eropa yang mendorong standar pengisian daya umum. Baik untuk transfer data maupun pengisian daya.

Rumor iPhone 16 Gunakan Port USB-C gantikan Port Lightning

Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Baca Juga

Leave a Comment