Persaingan Ponsel Lipat 2023: Samsung Galaxy Z Fold 5, Google Pixel Fold dan iPhone Fold

Persaingan Ponsel Lipat 2023
Rate this post

LABTekno.com – Persaingan ponsel lipat pada tahun 2023 nampaknya tidak terelakkan lagi. Tahun ini, bagi para tech enthusiast jelas menjadi tahun yang sangat menarik. Sebab hampir semua merk utama di pasaran smartphone mengeluarkan produk ponsel lipatnya.

Samsung sebagai pemain utama smartphone lipat yang sudah mapan ini mulai digoyahkan dengan munculnya banyak pesaing.

Secara reputasi, Samsung jelas jauh lebih besar saat ini dibandingkan dengan merk China lain. Namun dengan beredarnya rumor bahwa Google dan Apple akan turut andil dalam persaingan tersebut, tentu jadi semakin seru.

Pembahasan persaingan ponsel lipat 2023 ini akan kami batasi pada merk-merk besar saja, seperti Samsung, Google dan Apple.

Persaingan Ponsel Lipat 2023

Galaxy Z Fold 5: Ponsel produktivitas 2023 terbaik?

Persaingan Ponsel Lipat - Samsung Galaxy Z Fold 5
Samsung Galaxy Z Fold 5

Dalam persaingan ponsel lipat, Samsung memang sudah lama merajai pasar tersebut. Kabar terbaru menyebutkan bahwa Samsung Galaxy Z Fold 5 hampir dipastikan akan memulai debutnya pada bulan Agustus 2023 ini. Seiring dengan harapan beberapa perubahan besar dibandingkan pendahulunya.

Berdasarkan rumor yang telah beredar, muncul foto yang diduga menunjukkan prototipe Z Fold 5 yang lebih ramping dari Z Fold 4.

Galaxy Z Fold 5 akan menampilkan kamera 108MP, layar memiliki dukungan stylus dan ukurannya yang sempurna untuk membuat sketsa dan mengetik. 

Ukurannya juga sangat nyaman untuk penjelajahan web, game seluler, dan memanfaatkan fitur multitasking. Bahkan ada juga dukungan aplikasi layar terpisah, bilah tugas tetap, aplikasi berjendela.

Apalagi dengan hadirnya Samsung DeX yang memungkinkan perangkat tersebut diubah menjadi PC saat menyambungkannya ke layar eksternal. Speakernya stereo dengan aspek rasio layar yang hampir memenuhi layar ponsel yang besar dan dapat dilipat dari ujung ke ujung.

Baca Juga  Honor Pad V8 Pro Spesifikasi dan Harganya

Untuk harganya, Samsung Galaxy Z Fold 5 diperkirakan akan dibanderol hampir $2.000. Benar-benar harga yang fantastis untuk sebuah ponsel lipat dengan segudang fitur jika dikonversi ke rupiah, setara dengan Rp30 jutaan. 

Para pesaingnya nanti tentu akan mematok harga yang jauh lebih rendah dari Samsung. Hal ini akan membuat persaingan semakin menarik.

Google Pixel Fold: Punya sesuatu yang baru untuk ditawarkan, atau apakah hanya jadi opsi yang lebih murah?

Rumor Google Pixel Fold, Pakai Kamera di Bawah Layar

Persaingan ponsel lipat juga akan turut diramaikan oleh Google dengan Pixel Fold-nya. Sebelumnya, Google menemukan cirikhas suaranya sendiri dengan tampilan dan nuansa yang berbeda. Sehingga disukai banyak orang.

Sekarang pertanyaannya adalah, apakah kita akan melihat Google melakukan hal yang sama dengan Google Pixel Fold yang akan datang? 

Sebab beberapa pihak, lipatan dari raksasa mesin pencari ini tidak lebih dari tiruan sederhana dari Galaxy Z Fold. Tanpa ada fitur khusus, tidak ada dukungan stylus, tidak ada apa-apa.

Tahun 2022, muncul beberapa rumor yang bertentangan bahwa Google telah benar-benar dibatalkan, atau paling tidak menghentikannya. Namun sampai saat ini tampaknya Google/Pixel Fold, atau apa pun namanya, mungkin benar-benar dirilis sekitar Agustus, secara tidak sengaja pada waktu yang sama dengan Samsung Z Fold 5.

Sekarang prediksi ini didasarkan pada intel dari sumber rantai pasokan yang tidak terverifikasi. Masalahnya adalah Google Pixel Fold (atau Google Passport, atau Pixel Notepad, dengan aneka nama kode yang pernah kami dengar) dikabarkan juga berharga cukup mahal sekitar $1.800. 

Harganya tersebut, secara nominal mungkin lebih murah. Namun sama saja jika mengingat tanpa adanya dukungan stylus, atau bahkan hampir semua fitur yang diberikan Samsung kepada pengguna ponsel lipatnya. 

Sistem Android yang dikendalikan Google memang semakin kompatibel dengan tampilan yang lebih besar, tampilan ganda, dan tampilan lipat. Masuk akal untuk menganggap Google hanya akan mendorong fitur perangkat lunak Android umum yang akan melengkapi semua ponsel lipat, termasuk potensinya sendiri. Tapi kita hanya harus menunggu beberapa bulan lagi untuk melihat apa rencana permainan besar Google nantinya.

Baca Juga  Spesifikasi dan Harga Nothing Phone

Untuk saat ini, mungkin alternatif yang lebih sederhana dan kurang fitur daripada Z Fold 5, dengan harga yang sedikit lebih murah. 

Jadi meskipun akan hadir di pasar ponsel lipat, Google Pixel Fold bisa jadi alternatif bagi mereka yang melewatkan Z Fold karena alasan apa pun. Namun dengan catatan Google mau menurunkan harganya lebih jauh. Persaingan ponsel lipat tentu akan semakin menarik.

iPhone Fold: apakah ada?

Persaingan ponsel lipat dari Apple memang sudah ditunggu-tunggu. Sebagian penggemar Apple mungkin pernah berharap bahwa iPhone memiliki seri ponsel lipat dan dapat dibuka menjadi iPad?

Sebab iPad sampai saat ini masih menjadi tablet favorit kebanyakan orang karena berbagai alasan, mulai dari kinerjanya, hingga aplikasi produktivitas yang sangat halus dan optimal. 

Bentuk ponsel yang tidak terlalu besar di saku dengan masa pakai baterai yang wajar, namun juga bisa menjadi tablet produktivitas setelah membukanya seperti buku dengan cepat. 

Android terlalu tersegmentasi dan harus melayani banyak perangkat berbeda dengan spesifikasi berbeda, sehingga aplikasi Android, pada gilirannya, tidak selalu bekerja dengan sempurna, atau bekerja sebaik mungkin jika pengembang mereka dapat menyesuaikannya hanya untuk satu atau dua perangkat saja.

Nah, di sinilah keunggulan Apple. Pengembang aplikasi iOS dan iPadOS hanya memiliki beberapa perangkat Apple untuk mengoptimalkan aplikasi mereka, dan sebagai hasilnya – sebagian besar aplikasi iPad bekerja dengan baik.

Seperti halnya dengan Google sebelumnya, berita tentang iPhone Apple yang dapat dilipat sedikit dan jarang, dan yang terburuk – juga sedikit bertentangan. 

Rumor menyebutkan iPhone Fold Apple sebenarnya tidak akan memiliki faktor bentuk seperti buku dari Z Fold atau lipatan Google Pixel, tetapi sebaliknya akan menjadi ponsel flip layar lipat seperti Galaxy Z Flip 4.

Baca Juga  POCO F5 Pro Terpantau di Database IMEI, Begini Spesifikasinya

Mungkin kita tidak perlu terkejut bahwa Apple akan memilih desain yang lebih trendi dan menarik secara luas. Tapi ingat, ini masih rumor.

Fokus Apple secara diam-diam pada jenis teknologi lain selama bertahun-tahun, yaitu augmented reality (AR).

Kacamata AR pertama Apple dan / atau headset AR + VR berspekulasi akhirnya akan diluncurkan tahun ini, dan menilai dari uang tunai perusahaan lain, seperti Meta (sebelumnya Facebook), mengalir ke konsumen AR dan VR.

Tapi kembali lagi, iPhone Fold Apple apakah benar-benar bisa debut dalam beberapa tahun mendatang atau tidak. Kemungkinan besar, tidak muncul sebagai ponsel yang berfokus pada produktivitas, atau bukan iPhone yang bisa terbentang menjadi iPad.

Mirip Z Flip, selain lebih trendi, harganya juga jauh lebih murah daripada Z Fold. Itulah yang diharapkan jika iPhone Fold benar-benar ada.

Samsung masih aman, Google terlambat, dan Apple masih fokus pada teknologi yang berbeda

Samsung Galaxy Z Fold 4 Hadir Lebih Tipis, Ringan, Kuat dan Cepat

Saat ini, Samsung telah memantapkan dirinya sebagai merek ponsel lipat yang dominan, dan bahkan jika Google akhirnya cukup percaya diri untuk merilis ponsel lipat pada tahun 2023, yang tampaknya mungkin, menemukan ceruk untuk mengalahkan Z Fold akan menjadi tantangan.

Adapun Apple, wajar untuk mengatakan iPhone lipat bukan prioritasnya saat ini. Sementara beberapa waktu lalu kabar desas-desus dan paten mengenai hal tersebut memang banyak beredar. 

Pada tahun 2023 ini, fokus Apple bukan pada ponsel lipat, melainkan AR. Apple belum siap masuk persaingan ponsel lipat dalam waktu dekat ini.

Bagaimana menurut kalian mengenai persaingan ponsel lipat 2023?

Apakah Google memiliki kesempatan untuk mengalahkan Samsung jika sanggup menawarkan alternatif yang bagus dan lebih murah daripada Z Fold 5?


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top