Rumor Google Pixel Fold, Pakai Kamera di Bawah Layar

Rumor Google Pixel Fold, Pakai Kamera di Bawah Layar
Rate this post

LABTekno.com – Beredar rumor Google Pixel Fold siap meramaikan pasar ponsel lipat. Setelah dua tahun ini, beberapa produsen smartphone berlomba-lomba meluncurkan produk ponsel lipat mereka, seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, hingga Motorola.

Render Rumor Pixel Fold oleh Front Page Tech

Kapan Google Pixel Fold akan dirilis?

Rumor Google Pixel Fold menyebutkan ada kemungkinan ponsel lipat ini diluncurkan tahun depan. Meski belum ada informasi pasti mengenai rilis apapun, karena memang pihak Google sendiri belum mengkonfirmasi hal tersebut.

Dua tahun lalu, yaitu pada tahun 2020, 9to5Google mengabarkan bahwa mereka telah melihat dokumen internal yang bocor dari Google adanya perangkat yang dapat dilipat akan muncul pada kuartal keempat tahun 2021. 

Namun hingga sekarang ini di penghujung tahun 2022 hal tersebut belum terbukti. Google malah meluncurkan seri Pixel 6 yang hadir tanpa dapat dilipat.

Mengacu pada dokumen “is Pixel 2022 Foldable“, mungkin kita bisa berspekulasi bahwa hal ini bisa jadi penguat bahwa Pixel Fold akan diluncurkan pada tahun 2022. Kemungkinan hal ini baru akan benar-benar terealisasi sekitar musim semi 2023. 

Bisa saja Google Pixel Fold akan muncul di konferensi I/O 2023 bersamaan dengan Pixel 7a . Bahkan seorang leaker bernama Ross Young memperkirakan peluncuran pada bulan Maret.

Produksi panel tampaknya akan dimulai pada bulan Januari. Sedangkan Prosser’s Front Page Tech memprediksi peluncurannya di bulan Mei 2023.

Apakah Pixel Fold dibatalkan?

Beredar rumor Google Pixel Fold telah dibatalkan, merujuk pada beberapa prediksi yang meleset dan tidak terbukti sejauh ini. 

Tahun lalu, Ross Young mengabarkan bahwa “Google telah memutuskan untuk tidak membawa Pixel Fold ke pasar,” mengutip sumber dalam rantai pasokan layar yang mengatakan bahwa Google telah membatalkan pesanan suku cadang untuk perangkat lipat tersebut.

Young berpendapat bahwa Google mungkin khawatir jika produknya tidak akan sekompetitif yang seharusnya, karena kemungkinan akan menghabiskan biaya yang lebih tinggi daripada saingan utama dalam sektor ponsel lipat, yaitu Samsung.

Oleh sebab itu, sementara perusahaan  membatalkan pesanan suku cadang dari Google Pixel Fold. Rumor Google Pixel Fold yang sepenuhnya dihapus mungkin sedikit terburu-buru.

Mungkin saja, namanya bukan Pixel Fold, 9to5Google berpendapat bahwa sebutannya nanti mungkin Pixel Notepad. Namun tetap saja, ini masih bisa berubah.

Satu-satunya hal yang diketahui dari Google adalah nama kode internal ponsel: Passport, Pipit, dan Felix, yang diyakini merujuk pada versi internal produk yang berbeda.

‘Passport’ terlihat di berbagai bit kode Android, termasuk beta publik pertama Android 12 , seperti yang terlihat oleh 9to5Google . Itu muncul bersama dengan nomor model – GPQ72 – diyakini terkait dengan varian telepon Jepang.

Baca Juga  Bocoran Honor 80 Pro Varian Layar Datar, Begini Spesifikasinya

Baru-baru ini, ‘Pipit’ telah muncul di kode aplikasi Kamera, daftar Geekbench, dan bagian dari Android 12L beta, dan 9to5Google percaya bahwa ini adalah nama kode baru untuk ponsel Pixel yang dapat dilipat, sementara kode Android 13 membawa nama kode ketiga. Yaitu, ‘Felix’, yang juga muncul di Geekbench.

Prediksi Harga Google Pixel Fold

Jika membahas soal harga, mungkin belum ada yang tahu pasti masalah tersebut. Karena tidak ada catatan sebelumnya dan harga masih agak kabur untuk perangkat kelas ini. Satu hal yang cukup pasti, harganya tidak akan murah.

Pihak Google mungkin memiliki target harga $1.400 untuk Pixel Notepad di AS. Jika benar, maka akan melemahkan saingan utama ponsel – Galaxy Z Fold 4 – sebesar $400. Itu pasti akan cukup untuk membuat Samsung berhenti berpikir, dan dapat memaksa raksasa teknologi Korea itu untuk menurunkan harga Z Fold 5 tahun depan.

Ada juga rumor Google Pixel Fold ini akan memiliki harga yang lebih tinggi dari pada produk pesaingnya, sekitar $1.799 ketika tiba di AS. Jika benar, tentu bisa membuatnya tidak kompetitif.

Bagaimanapun, perangkat lipat apa pun yang diluncurkan Google pada tahun 2023 nanti kemungkinan besar harganya akan yang sangat mahal. Oleh sebab itu, jika Anda menginginkannya, maka mulailah menabung dari sekarang. 

Spesifikasi Google Pixel Fold

Tampilan dan desain

Rumor Google Pixel Fold nanti akan mengadopsi style mirip seperti buku. Sama halnya Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Huawei Mate X2 daripada orientasi clamshell vertikal yang digunakan oleh Samsung Galaxy Z Flip 4 dan Motorola Razr.

Masalah utamanya terletak pada betapa sulitnya untuk menghindari kerutan pada tampilan yang terlipat atau panel yang langsung gagal seperti pada Samsung Galaxy Z Fold asli.

Render rumor Google Pixel Fold yang paling menyakinkan hingga saat ini berasal dari Front Page Tech, silakan lihat gambar-gambar di atas. 

Tampilan layar lipat dengan desain yang mirip dengan Pixel 7 Pro, dibubuhi tiga kamera belakang dan layar depan yang tinggi. Situs tersebut menambahkan bahwa itu akan tersedia dalam ‘Chalk‘ dan ‘Obsidian‘ – alias putih dan hitam – dan menambahkan bahwa sumbernya mengklaim bahwa ponsel ini “sangat berat.”

Adapun spesifikasi layar yang lebih spesifik, The Elec melaporkan bahwa Samsung menjual layar lipat ke Google – bersama dengan Xiaomi dan Oppo – untuk perangkat baru. 

Google dilaporkan telah membeli OLED 7,6 inci yang dapat dilipat – ukuran yang sama dengan yang digunakan pada Fold 4.

Lebih lanjut, The Elec mengamini prediksi itu, dan menambahkan bahwa layar akan menggunakan lapisan kaca ultra tipis (UTG). Itulah teknologi yang digunakan Samsung di semua ponsel lipatnya setelah Z Fold pertama, dan karena Samsung memasok layar di sini, tidak mengherankan melihat UTG akan disertakan.

Baca Juga  Honor Pad V8 Pro Spesifikasi dan Harganya

Leaker dan pengembang Kuba Wojciechowski telah menambah bobot prediksi tersebut dalam sebuah artikel web 91mobiles. Dia juga mengatakan Pixel Fold akan menggunakan layar buatan Samsung, dengan resolusi 1840×2208 dan dimensi 123mm x 148mm – yang bekerja hampir sama dengan diagonal 7,6 inci yang disebutkan di atas. 

Wojciechowski menambahkan bahwa tampilan akan mendukung kecerahan 1200 nits, dan mungkin mendukung kecepatan refresh 120Hz, meskipun dia tidak mengkonfirmasi spesifikasi akhir itu.

Kami kurang tahu tentang tampilan luar, meskipun Wojciechowski menambahkan bahwa itu juga dibuat oleh Samsung. Ross Young mengklaim bahwa layar lipat Google akan menampilkan layar sampul 5,8 inci – lebih kecil dari layar 6,2 inci pada Z Fold 4. 

Hal itu mungkin bisa mencakup rasio aspek yang lebih luas, menunjukkan bahwa tampilan sampul akan sedikit lebih pendek dan lebih kecil daripada Fold 4. 

Untuk petunjuk desain lainnya, Android 12L beta 2 menyertakan animasi yang tampaknya mengungkapkan bentuk kasar yang digunakan Google.

Sim Lipat Google Pixel Fold
SIM Lipat Google Pixel Fold | Sumber: 9to5Google

Rasio aspeknya terlihat seperti bentuk persegi dari Oppo Find N daripada desain Z Fold Samsung mana pun, yang dapat membantu Google melipat menonjol di pasar barat saat diluncurkan.

Spesifikasi Utama

Mengenai spesifikasi utamanya, rumor Google Pixel Fold akan menggunakan chipset Tensor G2 internal yang dikembangkan Google untuk ponsel Pixel 7-nya.

Google Tensor kedua sendiri sudadh muncul di Geekbench kali ini dengan kode nama ‘Google Felix’ – nama kode lain yang dikenal untuk Fold. 

Kecepatan puncak Tensor kedua di 2,85GHz dan inti kinerja di 2,35GHz. Nantinya ponsel lipat dari Google ini mungkin akan memiliki RAM 12GB, dengan sistem operasi yang dijalankan yaitu Android 13 terbaru.

Kamera

Pada sektor kamera, rumor Google Pixel Fold yang mengungkap nama kode Pipit, mengatakan bahwa perangkat ini memiliki empat sensor kamera: IMX363 12.2MP, IMX386 12MP, dan dua sensor IMX335 8MP. 

Dua yang terakhir ditandai dengan ‘inner’ dan ‘outer’, menunjukkan bahwa itu untuk sepasang shooter selfie.

IMX363 merupakan sensor sama yang digunakan untuk kamera utama di Pixel 3, 4, dan 5. Sedangkan IMX335 juga merupakan sensor yang sama yang digunakan untuk kamera selfie di Pixel hingga 6, bukan 6 Pro. IMX386 juga ditemukan di Pixel 6, yang digunakan untuk memberi daya pada kamera ultrawide.

Sedangkan Kuba Wojciechowski memperkirakan konfigurasi sensor kamera yang sama, namun juga Samsung GN1 – sensor utama saat ini di ponsel Pixel 6 dan 7.

Baca Juga  Rumor iPhone 15 Series Punya Dynamic Island, iPhone 16 Pro Debut UD Face ID

Wojciechowski juga telah menemukan pengaturan kamera terpisah yang terkait dengan nama kode Felix. Ada tiga kamera belakang dengan sensor utama Sony IMX787 64MP, telefoto Samsung S5K3J1 10.8MP, dan ultrawide Sony IMX386 12MP. 

Kamera selfie bagian dalam tampaknya adalah Sony IMX355 8MP, sedangkan di bagian depan ada Samsung S5K3J1 lainnya tanpa lensa telefoto.

Leaker Digital Chat Station memprediksi sesuatu yang sedikit berbeda, kamera selfie punch-hole biasa di layar luar, dan kamera micro-hole yang terpasang di dalam bingkai.

Hal tersebut akan memungkinkan layar utama tanpa gangguan dan tanpa kompromi dalam kualitas yang dipaksakan oleh kamera di bawah layar. Sebab kamera sekecil apa pun untuk masuk ke dalam bingkai internal mungkin akan sangat terbatas.

Sketsa Tampilan Kamera Google Pixel Fold
Sketsa Tampilan Kamera Google Pixel Fold | Sumber: 91 Mobiles

Beredar sketsa gagasan tampilan Google Pixel Fold oleh 91mobiles yang publikasi pada Juni 2021.

Meskipun demikian, masih ada kemungkinan Google akan mengikuti rencana Samsung untuk kamera di bawah layar yang dapat dilipat. LetsGoDigital melihat paten Google untuk solusi baru untuk teknologi tersebut, yang menggunakan cermin bergerak di bawah layar, yang mampu menunjuk ke lensa kamera atau ke layar kedua. 

Jadi saat Anda membutuhkan kamera, cahaya dipantulkan ke dalam lensa, dan saat Anda tidak membutuhkannya, cahaya kamera dipantulkan dari layar tambahan untuk mengisi celah.

Kamera Selfie di bawah layar Google Pixel Fold
Kamera Selfie di bawah layar Google Pixel Fold | Sumber: Lets Go Digital

Baru-baru ini, Google telah mengajukan paten kedua untuk kamera di bawah layar menggunakan teknologi berbeda (dan kemungkinan lebih hemat biaya) untuk mencapai hasil yang sama. 

Versi ini mengandalkan tampilan transparan berlapis-lapis, yang lebih mirip dengan implementasi yang pernah dilihat di tempat lain.

Menariknya, paten tersebut menyebutkan satu nama Sangmoo Choi – mantan insinyur layar Samsung yang sekarang berada di Google selama lebih dari tiga tahun, tetapi mungkin memiliki pengalaman dengan upaya awal Samsung dalam teknologi kamera di bawah layar.

Kamera Selfie di bawah layar Google Pixel Fold
Kamera Selfie di bawah layar Google Pixel Fold | Sumber: Lets Go Digital

Tidak ada alasan konkret untuk percaya bahwa salah satu paten untuk perangkat lipat yang akan datang, dan itu hanya dapat ditujukan untuk seri Pixel 8 – atau bahkan ponsel yang lebih baru – tetapi setidaknya ada harapan bahwa itu sedang disiapkan untuk perangkat lipat unggulan.

Ponsel ini juga akan mendapat manfaat dari peningkatan perangkat lunak, termasuk Android 12L, versi Android yang meningkatkan dukungan untuk perangkat layar besar seperti tablet – dan perangkat lipat. 

Mencakup dukungan layar terpisah yang ditingkatkan untuk semua aplikasi Android, bayangan notifikasi dua kolom dan tata letak pusat kendali, dan bilah tugas bergaya desktop – yang semuanya dapat dilihat di layar lebar Pixel Fold.

Demikian beberapa rumor Google Pixel Fold yang perlu kalian ketahui. Jika Google benar-benar serius akan meluncurkan ponsel lipat tersebut, tentu pasar smartphone foldable semakin ketat lagi persaingannya.


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top