5 Fitur Kamera iPhone Ini Wajib Tahu, Biar Foto Makin Keren

Achmad Fachrur Rozi

Fitur Kamera iPhone yang Wajib Diketahui
5/5 - (1 vote)

LABTekno.com – Fitur kamera iPhone sekarang ini semakin bagus untuk menghasilkan gambar yang diinginkan. 

Bagi pengguna kamera iPhone yang suka mengabadikan foto dan video bersama teman, aktivitas penting bagi banyak orang.

iPhone memiliki serangkaian fitur kamera yang dapat meningkatkan kualitas dan kreativitas foto dan video liburan kalian secara signifikan.
Namun sayangnya, masih banyak pengguna iPhone yang melupakan atau bahkan belum tahu mengenai fitur kamera individual yang ditawarkan ‌iPhone‌.

Bagi pengguna model terbaru Apple, iPhone 15, perangkat ini menawarkan beberapa fitur kamera eksklusif lebih banyak.

Simak uraian fitur kamera iPhone berikut sampai tuntas.

Fitur Kamera iPhone – Video Spasial

Fitur Video Spacial iPhone

Bagi pengguna iPhone 15 Pro, yang senang mengabadikan moment dan ingin bereksperimen dengan fitur pengambilan Video Spasial. 

iPhone iPhone 15 Pro‌ dan ‌iPhone 15 Pro‌ Max yang menjalankan iOS 17.2 atau lebih baru, menawarkan fitur tersebut.

Fitur Video Spasial ini memungkinkan pengguna merekam video dalam format tiga dimensi, menghadirkan tingkat kedalaman dan realisme baru dalam setiap kenangan yang terabadikan.

Meskipun Vision Pro dari Apple atau perangkat seperti Meta Quest 3 diperlukan untuk mendapatkan pengalaman terbaik saat memutar Video Spasial, hal ini tidak akan menghalangi pengguna untuk menjelajahi fitur tersebut. 

Pengambilan Video Spasial kini tersedia untuk membantu pengguna mulai membuat perpustakaan video yang imersif dengan segera. 

Video Spasial juga dapat diputar sebagai konten 2D biasa di perangkat lain.

Teknologi di balik Pengambilan Video Spasial melibatkan penggunaan kamera Utama dan Ultra Lebar ‌iPhone 15 Pro‌. 

Baca Juga  Cara Memotong Lagu TikTok dengan Mudah

Saat merekam, ‌iPhone‌ dengan mulus menggabungkan masukan dari kamera-kamera ini untuk membuat satu file video yang merangkum perspektif tiga dimensi. 

Hal ini dicapai melalui teknik videografi komputasi canggih, yang secara cerdas menskalakan bidang pandang dari kamera Ultra Wide agar sesuai dengan kamera Utama.

Hasilnya adalah video yang, meskipun secara teknis berformat 2D, berisi informasi mendalam yang dapat dimanfaatkan oleh perangkat yang kompatibel untuk menghasilkan pengalaman menonton 3D. 

Dimensi spasial yang ditambahkan pada video ini menciptakan kesan mendalam dan kehadiran yang jauh melampaui video tradisional, sehingga membuat pemirsa merasa seolah-olah mereka benar-benar bagian dari momen yang diambil.

Mode Sinematik

Mode Sinematik iPhone

Fitur kamera iPhone selanjutnya yaitu mode Sinematik. Bagi pengguna iPhone 13 dan model yang lebih baru, kalian wajib mencoba mode Sinematik. 

Fitur ini bisa menambahkan efek kedalaman bidang pada video. Mode Sinematik menggunakan algoritma komputasi tingkat lanjut untuk secara otomatis fokus pada subjek dan mengaburkan latar belakang secara kreatif, mirip seperti yang biasa kalian temukan dalam sinematografi kelas atas.

Mode Sinematik memungkinkan pengguna untuk fokus pada detail dengan cara yang kreatif, dengan mengalihkan fokus secara mulus dari satu subjek ke subjek lainnya. 

Mode Sinematik juga menyederhanakan pengambilan momen tersebut dengan secara otomatis menyesuaikan fokus saat orang masuk atau keluar bingkai, atau saat subjek video melihat ke arah yang berbeda.

Lensa Sudut Ultra Wide untuk Pemotretan Grup

fitur kamera iPhone ultra wide

Fitur kamera iPhone yang ketiga, yaitu kamera Ultra Wide. Fitur satu ini wajib digunakan oleh para pengguna iPhone, mulai dari iPhone 11 atau yang lebih baru.

Dengan fitur ini, kalian bisa dengan mudah memotret di ruang terbatas. Hal ini biasanya akan sulit dilakukan oleh lensa ultra wide standar.

Baca Juga  Cara Membuat Bot WhatsApp dengan 3rd Party Tanpa Coding

Salah satu keuntungan paling signifikan dari lensa Ultra Wide adalah kemampuannya untuk memasukkan lebih banyak ke dalam bingkai tanpa perlu bergerak mundur. 

Hal ini sangat berguna terutama saat pertemuan keluarga di mana kalian mungkin ingin memotret banyak orang dalam satu foto namun di ruangan sempit.

Mode Potret

Mode Potrait iPhone

Jajaran ‌iPhone 15‌ memperkenalkan beberapa peningkatan substansial pada mode Potret. Melalui fitur kamera iPhone satu ini, pengguna dapat menyesuaikan fokus gambar atau menambahkan keburaman latar belakang setelah pengambilannya, meskipun mode Potret awalnya tidak dipilih.

Kemampuan pengeditan pasca pengambilan gambar memungkinkan penggunanya bereksperimen dengan titik fokus berbeda, memastikan bahwa setiap potret menangkap subjek dengan cara yang paling bagus dan menarik. 

Peningkatan ini sangat berguna untuk mengambil foto anggota keluarga dan hewan peliharaan secara cepat dan candid. 

Mode Potret pada iPhone 15‌ juga telah disempurnakan agar berfungsi lebih baik dalam kondisi cahaya redup.

Photographic Styles (Gaya Fotografi)

photographic styles iPhone

Bagi pengguna seri iPhone 13 atau lebih baru, fitur kamera iPhone Gaya Fotografi, menawarkan pengalaman fotografi yang dipersonalisasi yang dapat membantu menyempurnakan setiap foto yang diambil. 

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memilih dan menyesuaikan gaya fotografi yang secara otomatis diterapkan pada foto mereka, memastikan bahwa setiap bidikan mencerminkan estetika pilihan mereka.

Photographic Styles bukanlah filter yang bisa digunakan untuk semua. Sebaliknya, fitur ini merupakan penyesuaian cerdas yang diterapkan secara selektif ke berbagai bagian foto, seperti warna kulit dan langit. 

Gaya Fotografi secara cerdas beradaptasi dengan kondisi pencahayaan di setiap bidikan, menyesuaikan untuk mempertahankan warna dan tekstur kulit yang tampak alami.

Pengguna dapat memilih dari gaya preset seperti Rich Contrast, Vibrant, Warm, dan Cool, masing-masing menawarkan tampilan yang unik. 

Baca Juga  Cara Membuat Akun FF Melalui FB

Jadi, ketika kalian memotret, kalian bisa memilih gaya yang paling sesuai dengan suasana waktu dan memberikan tampilan berbeda pada gambar tersebut.

Demikian beberapa fitur kamera iPhone yang wajib diketahui agar hasil jepretan kalian semakin sempurna. 

iPhone memang sudah tidak diragukan lagi soal keandalannya dalam hal fotografi. Oleh sebab itu, bagi pengguna wajib mengetahui fitur-fitur tersebut. Selamat mencoba!


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Baca Juga

Leave a Comment