Cara Menyaring Konten Disarankan untuk Anda di Facebook

Achmad Fachrur Rozi

Cara Menyaring Konten Disarankan untuk Anda di Facebook
Rate this post

LABTekno.com – FItur Disarankan untuk Anda di Facebook sebenarnya sudah hadir sejak lama. Namun akhir-akhir ini, baru disadari para penggunanya karena dirasa semakin massif. Bahkan tidak jarang, konten yang disarankan Facebook malah tidak relevan di feed. 

Facebook sendiri tidak mengizinkan penggunanya menonaktifkan saran konten tersebut. Untuk mengatasinya, Anda bisa menyesuaikan bagian Disarankan untuk Anda di umpan berita atau news feed Facebook sehingga konten yang muncul bisa semakin relevan bagi Anda.

Cara Kerja Fitur Disarankan untuk Anda di Facebook

“Disarankan untuk Anda” adalah fitur Facebook yang menyarankan konten relevan berdasarkan aktivitas pengguna. 

Pengguna mungkin melihat video serupa dengan yang mereka komentari, foto yang baru saja mereka unduh, atau artikel yang telah mereka baca selama beberapa menit.

Facebook menyarankan konten semacam itu agar pengguna tetap terpaku pada aplikasinya lebih lama, namun bagaimana Facebook menentukan konten apa yang disarankan? Menurut pusat bantuan Meta, konten yang disarankan di Facebook dipengaruhi oleh tiga faktor utama: konten terkait, topik terkait, dan lokasi.

Oleh karena itu, konten yang Anda lihat sebagai saran didasarkan pada hal berikut:

  • Topik yang pernah Anda ikuti sebelumnya.
  • Konten dengan keterlibatan lebih tinggi dari anggota halaman atau grup lain yang juga sering Anda ajak ngobrol.
  • Jenis konten yang saat ini digunakan oleh orang-orang di lokasi yang sama dengan Anda.
Baca Juga  Cheat GTA 5 PS5, PC dan XBOX Lengkap

Pembuat konten Facebook dapat memperoleh manfaat yang signifikan dari saran-saran ini, yang meningkatkan jangkauan dan keterlibatan postingan Facebook. 

Namun, hal ini terkadang dapat mengganggu pengguna—terutama jika konten yang mereka lihat tidak relevan. 

Sayangnya, Facebook tidak mengizinkan pengguna untuk menonaktifkan saran ini. Pertanyaannya adalah, mengapa?

Mengapa Anda Tidak Dapat Mematikan Konten “Disarankan untuk Anda” di Facebook?

Algoritma Facebook bertujuan untuk membuat pengguna tetap terlibat selama mungkin. Semakin besar keterlibatan, semakin banyak pendapatan yang dihasilkan bisnis. 

Jadi, saran konten diperkenalkan untuk membantu algoritma menampilkan konten yang lebih relevan kepada pengguna, sehingga mendorong mereka menghabiskan lebih banyak waktu untuk men-scroll.

Karena saran konten dapat membawa pengguna ke sesuatu yang diinginkan setiap platform media sosial. Ini akan meniadakan seluruh tujuan fitur tersebut. 

Dengan demikian, Facebook memungkinkan Anda untuk menyesuaikan saran-saran ini berdasarkan preferensi Anda.

Sederhananya, Facebook tidak ingin Anda menghentikan saran-saran ini tetapi menyesuaikannya sesuai keinginan Anda. 

Dengan cara ini, algoritmanya dapat membuat Anda tetap menggunakan aplikasi lebih lama, dan dapat menikmati konten relevan yang mungkin tidak disadari. 

Cara Menyesuaikan Konten Disarankan untuk Anda di Facebook

Sampai saat ini, belum ada cara pintas untuk menyesuaikan konten Disarankan untuk Anda di Facebook. 

Sebaliknya, pengguna harus menyembunyikan atau menunda semua postingan yang berisi konten tidak relevan secara terpisah dengan cara memberitahu Facebook apa yang tidak ingin Anda lihat sebagai saran. Sehingga Facebook hanya akan menyarankan konten yang relevan.

Facebook memungkinkan Anda menonaktifkan jenis postingan tertentu yang Anda lihat di saran, menonaktifkan sementara postingan dari halaman tertentu, atau berhenti melihatnya secara permanen. 

Untuk menerapkan preferensi ini pada konten tidak relevan yang muncul dalam saran Anda di situs web Facebook dan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka postingan yang disarankan yang ingin diberi masukannya.
  2. Klik pada tiga titik horizontal di sudut kanan atas postingan yang disarankan.
  3. Untuk menyembunyikan postingan serupa dari saran Anda, klik Sembunyikan postingan.
  4. Pilih Tunda <pagename> selama 30 hari atau Sembunyikan semua dari <pagename> untuk berhenti melihat postingan dari halaman tertentu selama 30 hari atau jangka waktu tidak terbatas.
  5. Klik Laporkan postingan jika Anda menemukan postingan yang melanggar standar.
Baca Juga  Cara Melihat Pesan Messenger yang Sudah Dihapus

Cara menyesuaikan konten Disarankan untuk Anda di Facebook ini bisa dilakukan di perangkat iOS dan Android. Begitu juga di situs web Facebook.

Tips untuk Melihat Konten yang Relevan di Bagian “Disarankan untuk Anda”

Meskipun Anda dapat menyesuaikan konten yang disarankan sampai batas tertentu menggunakan langkah-langkah di atas, terkadang Anda masih dapat menemukan konten yang tidak relevan di feed Anda. 

Hal ini disebabkan karena aktivitas Facebook Anda. Jadi, untuk memastikan bagian “Disarankan untuk Anda” penuh dengan konten yang relevan, berikut beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan:

  • Jangan berinteraksi dengan konten Facebook yang tidak ingin dianggap sebagai saran, bahkan secara negatif. Misalnya, jika Anda mengomentari postingan yang meresahkan dan menyatakan pendapat yang berlawanan, Facebook mungkin masih menampilkan konten serupa berdasarkan keterlibatan Anda. Hal yang sama berlaku untuk reaksi, pembagian, dan interaksi lainnya.
  • Jika konten yang tidak relevan muncul beberapa kali dalam saran, bahkan setelah menyembunyikannya, yang terbaik adalah berhenti mengikuti atau memblokir halaman Facebook tersebut. Untuk berhenti mengikuti halaman Facebook, klik namanya di postingan yang disarankan dan klik tombol Mengikuti. Untuk memblokir halaman Facebook, klik namanya dari postingan yang disarankan, klik tiga titik horizontal, lalu klik Blokir.
  • Tinggalkan grup tempat Anda bergabung jika grup tersebut membagikan konten yang bertentangan dengan konten yang diminati. Untuk keluar dari grup, klik Bergabung di bawah nama grup, lalu klik Keluar dari grup.

Saat Anda memberitahu Facebook bahwa Anda tidak suka melihat postingan yang tidak relevan dan hanya berinteraksi dengan postingan yang diinginkan, postingan relevan akan selalu disimpan dalam saran konten.

Namun apakah ada alternatif selain berhenti melihat semua saran konten di feed berita Facebook dan membersihkannya? Ada, dan itu adalah dengan menggunakan ekstensi pihak ketiga. Namun, mengingat risiko keamanannya, kami sangat menyarankan untuk tidak melakukannya.

Baca Juga  3 Cara Memindahkan Kontak dari Android ke iPhone

Demikian beberapa informasi yang perlu Anda ketahui tentang konten Disarankan untuk Anda di Facebook. Meski Anda sering terganggu dengan konten yang tidak relevan, namun Anda juga tidak bisa menonaktifkan fitur tersebut.

Solusi terbaik untuk saat ini hanyalah mengikuti langkah-langkah di atas. Selamat mencoba!

Baca Juga

Leave a Comment