Cara Setting Ethernet Windows 10, Gampang

cara setting ethernet windows 10
5/5 - (1 vote)

LABtekno.com – Cara setting ethernet Windows 10 sebenarnya sangat mudah. Ethernet menjadi solusi praktis agar koneksi internet bisa lebih cepat.

Perlu diketahui bahwa Ethernet merupakan teknologi yang memungkinkan kalian untuk menghubungkan kabel ke jaringan komputer. 

Perangkat yang memakai koneksi Ethernet akan memanfaatkan kabel tertentu seperti port jaringan konektor RJ-45 untuk terhubung, mengirim dan menerima data dengan perangkat jaringan lainnya. Serta mendapatkan akses jaringan yang lebih luas seperti internet.

Melalui koneksi ethernet, pengguna dapat menghubungkan dua perangkat secara bersamaan. Bisa juga membuat local area network (LAN) dengan beberapa perangkat. 

Layaknya seperti WiFi yang tak membutuhkan kabel. Namun dibalik praktisnya WiFi, terdapat perbedaan antara Ethernet dengan WiFi. Lalu apa bedanya Ethernet dan WiFi?  

Perbedaan Ethernet dan WiFi

Sebelum membahas cara setting ethernet Windows 10, mungkin akan lebih baik jika dijelaskan dulu perbedaan ethernet dan WiFi. Bagi kalian yang belum memahami perbedaan antara ethernet dan WiFi, akan kami jelaskan secara singkat. 

Sederhananya, Ethernet biasanya unggul dari segi kecepatan dibanding WiFi. Kecepatan maksimum Ethernet berada di rentang 10 Mbps hingga 100 Gbps. Jika dibandingkan, jaringan WiFi memang jauh lebih lambat, di samping kekurangan lainnya seperti gangguan sinyal radio dan hambatan lain yang mengurangi kecepatan dan kualitas jaringan nirkabel.

Sebaliknya, WiFi mampu mengatasi hambatan fisik seperti dinding dan objek lain yang dapat mengganggu atau menurunkan sinyal WiFi antar perangkat dan router jaringan. Akan tetapi, konsep ini bukan masalah bagi koneksi Ethernet apalagi jika Anda memiliki ruang untuk memasang kabel Ethernet.

Baca Juga  Cara Mendapatkan Uang dari Aplikasi Baca Novel

Cara Setting Ethernet Windows 10

Perlu diingat bahwa beberapa model laptop mungkin tidak memiliki port jaringan (konektor RJ-45) karena desainnya yang tipis dan ringan. 

cara setting ethernet windows 10 - Port RJ45
RJ-45
cara setting ethernet windows 10 - Adaptor RJ45 Konektor
Konektor RJ-45

Oleh sebab itu, jika perangkat yang kalian gunakan tidak menyediakan port tersebut, tentu membutuhkan kabel Ethernet USB (adaptor USB ke Ethernet) untuk mengakses internet dengan jaringan kabel. 

Perlu diketahui juga bahwa perangkat yang kami gunakan saat ini adalah laptop ASUS. Sehingga mungkin ada sedikit perbedaan di perangkat kalian. Berikut ini cara setting ethernet Windows 10:

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah klik kanan pada ikon Network yang terletak di pojok kanan bawah menu Taskbar.
  • Jika ikon yang muncul pada taskbar kalian bergambar globeqWQdujbvNZvdikzPd7FgxZHm5k noN1kaFjP3AZneOLA61SmoamdwW IgwMBhimQpvplY nbVBt4d0uDiG90FwLGSI4bQZF5ExgiYMqhSolB9rkPSDf55dmPRML5ET DB0pae, maka artinya perangkat tersebut tidak memiliki koneksi internet.
  • Kemudian jika yang muncul pada menu taskbar bergambar sinyal WiFi pEZjF iqh1GT5GdsZ2XGk M8tGU7IGuBMJ B4zJSK5Jyp3dcEj5J gvTeQARhVxf97wWY47GicqAiDBnKHIwP e YgZzihCYYnbzldj99cJPPq0nL7Hg4r4aGdW r5ZaMwrrwmH9lp5gY1wxHKlHq8KJ5sMwFwPk5w2kiDXfZBpaU2xIdLSQZL2MLH15 Q, berarti perangkat kalian memiliki akses internet dengan jaringan WiFi.
  • Nah, jika ikon pada menu taskbar bergambar PC+Kabel C8ruLjgAzS1JlSsJp p2l7GW3t0z4V6F7ob72Z9 cIkHdNWeJSPCBIhBFoQU0Sr5YycpRLqV Flptav0JYdHgzsWdQK7D1mOYFIxjl9UVduAAcOxW0oac9sJFPZ4Q3OqkUUPmH5K fIA8hTrmMH5oP19X6NETQjDa6N, maka artinya perangkat tersebut memiliki akses internet dengan jaringan Ethernet.
  • Kemudian pilih opsi Open Network & Internet Settings.
  • Jika Anda tidak melihat salah satu ikon jaringan yang ditunjukkan pada gambar di atas, pilih Panah atasjGw2BI6owD bTlz4pl1GxDYOSKoHM1eiLUJpcER34H9qdhAB8744flQ86Rz1TPVIopn2TDwJPyXYRqwdESxExgj42zOqcXK6dAMnChpPZGb2jWdrAycEFXjW9 avji7v0xesfeIySSpengE76m untuk melihat apakah itu muncul di sana.
    ikon panah atas taskbar Windows 10
  • Jika sudah, nantinya akan muncul beberapa pilihan, langsung saja klik opsi Network and Sharing Center di bagian bawah.
    Network and Sharing Center Windows 10
  • Lalu pilih opsi Set up a new connection or network.
    Set up a new connection or network Windows 10
  • Selanjutnya, pilih opsi Connect to the Internet, kemudian langsung saja klik Next.
    Cara Setting Ethernet Windows 10 - Connect to the Internet
  • Pada bagian ini, silakan pilih opsi Broadband (PPPoE). Ingat, kalian perlu kabel tertentu untuk memasangkannya.
    Cara Setting Windows 10 - Broadband (PPPoE)
  • Jika alat yang dibutuhkan sudah terpasang, nantinya kalian akan diminta untuk menuliskan Username dan Password dari Internet service provider (ISP). 
  • Pastikan username dan password yang dimasukkan sudah benar, lalu pilih dan klik Connect.
    Cara Setting Windows 10 - Input Username and Password ISP
  • Jika username dan password ISP yang dimasukkan sudah benar, kalian sudah pasti akan langsung terkoneksi. Setelah koneksi berhasil, pada menu Jaringan dan Pusat Pembagian (Network and Sharing Center) akan menampilkan jaringan kabel yang diatur, dan ikon jaringan berubah menjadi berlogo PC+kabelkuMVNooH4jOP6fC86IQDnNUIj pJsqawvGb0aUOYvQZxfOjALi2GVpUVgfScaawvmMPai9hQoSR60n5rsRTzwhPcQvak.
  • cara setting ethernet windows 10
  • cara setting ethernet windows 10 - Connect
Baca Juga  Cara Mengatasi Choose an Option Windows 10

Demikian cara setting Ethernet Windows 10 yang perlu kalian ketahui. Sekarang kalian tidak perlu khawatir lagi soal koneksi internet yang buruk. Akses internet bisa lebih cepat menggunakan jaringan ethernet.


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 4 =

Social Media

Artikel Terbaru

On Key

Artikel Terkait

Cara Melihat Stalker di Instagram

5 Cara Melihat Stalker di Instagram

LABTekno.com – Cara melihat stalker di Instagram bisa dilakukan dengan bantuan tools maupun aplikasi checker. Instagram memang menjadi salah satu media sosial yang paling populer untuk meningkatkan eksistensi. Namun perlu diingat juga bahwa konsekuensinya adalah postingan yang telah dibagikan otomatis

Review ASUS VivoBook 16X OLED

Review ASUS Vivobook 16X OLED, Laptop 4K untuk Konten Kreator

LABTekno.com – ASUS Vivobook 16X OLED merupakan laptop yang diciptakan khusus bagi content creator digital. Semua hal yang dibutuhkan dalam proses pembuatan konten telah mendukung dengan baik. Laptop ASUS Vivobook 16X OLED dikelompokkan menjadi 2 kategori berdasarkan chipset yang digunakan,

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip Segera Rilis

LABTekno.com – Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip, dua smartphone terbaru dari Oppo dikabarkan akan segera dirilis. Meski belum ada informasi resmi mengenai tanggal kepastiannya. Namun biasanya Oppo akan merilis produk terbarunya pada pertengahan Desember, yaitu pada acara

Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru

3 Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru dengan Mudah

LABTekno.com – Cara memindahkan kontak ke HP baru bisa dilakukan dengan mudah. Tak perlu menyimpannya satu per satu secara manual. Ada cara yang jauh lebih mudah, praktis dan cepat. Sehingga pekerjaan lebih efisien.  Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika

Scroll to Top