Cara Menggunakan Fitur Advanced Data Protection

Cara Menggunakan Advanced Data Protection & Fitur Keamanan Baru Apple
Rate this post

LABTekno.com – Cara menggunakan fitur Advanced Data Protection & fitur keamanan baru lainnya dari Apple wajib diketahui pengguna. Agar dapat memaksimalkan perlindungan data dan privasi penggunanya.

Fitur Advanced Data Protection Apple
Fitur Advanced Data Protection Apple | Sumber: AppleInsider

Data pribadi termasuk hak asasi dan privasi yang tercantum dalam Deklarasi Universal Manusia 1948 Pasal 12. Hal ini disebabkan karena data pribadi merupakan aset atau komoditas bernilai tinggi di era big data dan ekonomi digital sekarang ini.

Melalui fitur Advanced Data Protection & fitur keamanan baru lainnya dari Apple, dapat meminimalisir pelanggaran privasi dan penyalahgunaan data pribadi tersebut.

Apple beberapa waktu lalu mengumumkan tiga fitur privasi dan keamanan baru yang sengaja dirancang untuk membantu penggunanya dalam melindungi data pribadinya. 

Adapun beberapa fitur baru tersebut, antara lain Kunci Keamanan untuk ID Apple, Verifikasi Kunci Kontak iMessage, dan Advanced Data Protection atau Perlindungan Data Lanjutan.

Jika kalian adalah salah satu pengguna Apple, silakan pelajari secara lebih mendetail tentang fungsinya.

Kunci Keamanan untuk ID Apple

Fitur kunci keamanan sebenarnya sudah lama tersedia di perangkat Apple. Namun sekarang, Apple user bisa menjumpainya langsung pada ID Apple. Hal ini tentu menambah tingkat keamanan lain saat melakukan proses autentikasi akun kalian.

Ketika kalian ingin masuk dengan ID Apple, kalian bisa memilih untuk meminta kunci keamanan hardware fisik untuk memverifikasi identitas pengguna. Mirip seperti otentikasi dua faktor pada Google.

Kunci keamanan hardware bisa dihubungkan melalui USB untuk Mac, iPad, Lightning atau NFC di iPhone. Sudah banyak pengguna perusahaan yang terbiasa dengan peningkatan keamanan tersebut.

Baca Juga  Cara Mendapatkan Voucher Google Play Gratis

Verifikasi Kunci Kontak iMessage

iMessage Contact Key Verification
iMessage Contact Key Verification | Sumber: AppleInsider

Fitur verifikasi kunci kontak iMessage memang sengaja dirancang bagi pengguna yang khawatir seseorang bisa mengakses pesan mereka. Nah, fungsi fitur ini akan memastikan hanya penerima yang dituju saja yang dapat melihat komunikasi kalian.

Nantinya fitur tersebut akan mengirimkan peringatan jika ada seseorang yang mencoba meretas dan melanggar server cloud dan menguping percakapan.

Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk membandingkan Kode Verifikasi Kontak secara langsung maupun di FaceTime, atau bisa juga melalui panggilan telepon yang aman.

Jika perangkat tidak dikenali terdeteksi, maka akan muncul peringatan secara langsung di aplikasi Pesan. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir akan masalah tersebut. Oleh sebab itu, fitur ini mungkin dapat membuat penggunanya misalnya para jurnalis dan aktivis bisa merasa lebih aman.

Advanced Data Protection

Pengaturan Advanced Data Protection
Pengaturan Advanced Data Protection | Sumber: AppleInsider

Advanced Data Protection atau Perlindungan Data Tingkat Lanjutan merupakan salah satu fitur baru dari Apple yang telah tersedia. Fitur ini merupakan pilihan terbaru bagi pengguna yang ingin mengenkripsi lebih banyak data iCloud-nya.

Sebab Apple sejak dulu memang sudah mengenkripsi kategori seperti data kesehatan kalian, foto, pesan dan sebagainya. Oleh sebab itu, jika nantinya ada perintah pengadilan yang memaksa Apple untuk mengakses data pengguna, Apple bisa menindaklanjutinya.

Jika fitur Advanced Data Protection ini diaktifkan, maka jumlah kategori terenkripsi Apple bertambah menjadi 23. Saat ini, seluruh cadangan perangkat kalian, baik itu berupa pesan, file iCloud Drive, catatan, foto, pengingat, Bookmark Safari, Pintasan Siri, memo suara dan tiket dompet akan dienkripsi.

Sistem enkripsi ini akan mencegah pihak manapun, termasuk Apple, peretas, maupun penegak hukum untuk mendapatkan akses ke data kalian.

Email, kontak dan kalender belum terenkripsi, karena masih memerlukan interaksi sistem yang lebih besar di luar kendali Apple, seperti penyedia email pekerjaan atau aplikasi kalender yang kalian gunakan.

Baca Juga  Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Dihapus Pengirim

Gunakan Fitur Advanced Data Protection Mulai Sekarang

Cara Mengatur Akun Pemulihan pada Advanced Data Protection
Cara Mengatur Akun Pemulihan pada Advanced Data Protection

Pada pengaturan default-nya, fitur Advanced Data Protection masih dinonaktifkan pada perangkat Apple. Kendali sepenuhnya berada di tangan kalian.

Fitur Advanced Data Protection mewajibkan penggunanya menggunakan iOS 16.2. Jika belum mengupdate versi iOS tersebut, kalian bisa memperbaruinya terlebih dahulu untuk mendapatkan fitur tersebut.

Update Perangkat ke versi iOS 16.2
Update Perangkat ke versi iOS 16.2

Fitur ini dapat mengenkripsi seluruh data cadangan kalian, semua perangkat yang terkait dengan ID Apple kalian. Sehingga kalian wajib memperbarui perangkat Apple dengan versi iOS 16.2. Termasuk Apple Watch, Apple TV, HomePod, Mac, iPad dan ekosistem Apple lainnya yang memerlukan ID Apple untuk masuk.

Tetapi tenang saja, cara mengaktifkannya sangat mudah, kok.

Cara Mengaktifkan Fitur Advanced Data Protection

Cara menggunakan fitur Advanced Data Protection
Cara menggunakan fitur Advanced Data Protection

Cara menggunakan fitur Advanced Data Protection sangat mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka menu Settings di perangkat Apple kalian
  • Pilih Apple ID
  • Lalu klik opsi iCloud
  • Silakan pilih opsi Advanced Data Protection
  • Pastikan toggle berwarna hijau (ON) untuk mengaktifkannya
  • Jika kalian belum menyiapkan metode pemulihan untuk akun kalian, maka iPhone kalian akan meminta untuk menyiapkan recovery person atau recovery phrase
  • Selesai, kalian sudah berhasil mengaktifkan fitur Advanced Data Protection

Demikian cara menggunakan fitur Advanced Data Protection & fitur keamanan baru dari Apple lainnya. Kalian bisa mencobanya sendiri saat sudah memiliki versi iOS 16.2 di perangkat iPhone.

Buka Pengaturan > ID Apple > iCloud > Perlindungan Data Lan


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top