9 Cara Mengatasi SD Card Tidak Terbaca

5/5 - (1 vote)

Labtekno.com – Sebelum membahas 9 cara mengatasi SD Card tidak terbaca, ada baiknya mengetahui penyebab SD card tidak terbaca terlebih dahulu. Beberapa kemungkinan yang menyebabkan SD card tidak terbaca yaitu kotornya lempengan kuningan. Bisa juga karena seringnya copot pasang SD card.

Penyimpanan eksternal biasanya menjadi solusi atas keterbatasan kapasitas memori internal perangkat. Semakin lama digunakan, kapasitas penyimpanan file yang digunakan juga akan semakin besar. Saking banyaknya file, kita sampai sulit untuk memilih mana file yang penting mana yang tidak.

Akan menjadi masalah jika SD card yang digunakan error. Entah itu, file corrupt atau bahkan tidak terbaca. Berikut 9 cara mengatasi SD card tidak terbaca:

1. Cek Dahulu Lewat Gadget

Ketika SD card tidak terbaca, rasanya penyimpanan internal begiu sempit. Tidak leluasa menyimpan file berukuran besar. Namun sebelum kita memutuskan untuk membeli SD card baru, sebaiknya mengecek terlebih dahulu SD card tersebut di gadget lain. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah SD card tidak terbaca hanya di perangkat tersebut atau memang benar-benar rusak.

2. Bersihkan SD Card

Cara kedua adalah membersihkan SD Card menggunakan cotton buds. Bisa jadi SD card kotor karena debu maupun keringat yang tidak sengaja menempel pada bagian lempengan kuningan. Setelah mencoba memasukkan SD card ke perangkat lain, namun hasilnya tetap tidak terbaca, maka coba bersihkan lempengan kuningan pada SD card sampai terlihat bersih. Lakukanlah secara perlahan jangan sampai merusak atau mengikis bagian penting. Kemudian cobalah kembali di perangkat.

Baca Juga  Cara Cloning Windows 10 ke SSD dengan Mudah

3. Cek di PC atau Laptop

Jika cara sebelumnya belum berhasil, coba cek di PC atau laptop. sambungkan gadget ke PC/laptop. Setelah itu ubah mode Media Transfer Mode (MTP) ke Mode Mass Storage (MSC). Jika sudah, kemudian buka Explorer dan klik kanan pada drive SD card. Klik Properties > Tools > Error Checking. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai, lalu cek kembali di gadget apakah sudah bisa terbaca atau belum.

4. Format di Android

Jika ketiga cara tersebut belum berhasil, maka langkah selanjutnya sangat disayangkan, yakni men-format SD card. Dengan men-format data SD card, otomatis file-file di dalamnya akan terhapus. Jika memang tidak ada data penting, lakukan cara berikut:

Pertama, pilih menu Settings > Storage > Portable Storage dan pilih drive SD Card. Pilih menu Format > Erase and Format. Kini SD card kosong, jika beruntung, SD card masih bisa digunakan kembali.

5. Format lewat PC/Laptop

Hubungkan SD Card ke Card Reader, lalu sambungkan ke PC atau Laptop. Kemudian, pilih menu Explorer dan klik kanan pada bagian drive SD card. Pilih opsi Format. Kini, SD Card telah terformat dan dapat digunakan kembali.

6. Cara Mengatasi SD Card Tidak Terbaca dengan Format Melalui CMD

Bagi Sebagian orang CMD mungkin asing terdengar. Istilah CMD merupakan singkatan dari command promt yang berfungsi untuk mengakses program lewat line atau baris kode. Cara mengatasi SD card tidak terbaca melalui CMD adalah sebagai berikut:

  • Buka program CMD dengan cara klik ikon windows dan ketikkan CMD lalu enter.
  • Masukkan kode : FORMAT z:/FS:FAT
  • Tulisan ‘z’ disini menandakan letak SD Card, jika di perangkatmu SD card terbaca di drive ‘D’ misalnya, maka ganti tulisan ‘z’ menjadi ‘D’
  • Kemudian klik enter
Baca Juga  Cara Melihat Video Yang Disembunyikan Di Youtube

7. Format SD Card via Aplikasi PC Mini Tool Partition Wizard

Dalam men-format SD card, ada software yang bisa diinstal melalui PC untuk memperbaiki SD card tidak terbaca. Lakukan format SD card dengan software pc Mini Tool Partition Wizard.

Cara mengatasi SD card tidak terbaca menggunakan Mini Tool Partition Wizard:

  • Download terlebih dahulu Software Mini Tool Partition Wizard di Google.
  • Install software tersebut.
  • Masukkan kartu memori ke pc atau laptop menggunakan card reader.
  • Bukan dan jalankan software Mini Tool Partition Wizard.
  • Jika dipastikan micro sd telah terbaca, maka di PC atau laptop akan bertuliskan MicroSD/Disk.
  • Kemudian cari SD card yang telah dimasukkan pada beberapa drive yang tersedia.
  • Kemudian klik kanan pada SD card, lalu pilih Delete.
  • Ikuti perintah yang terdapat pada software Mini Tool Partition Wizard.
  • Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
  • Kini SD card telah berhasil di format dan bisa terbaca kembali.

8. Cara Mengatasi SD Card Tidak Terbaca Melalui HP Drive Boot Untility

Jika cara sebelumnya belum berhasil, ada baiknya mencoba cara selanjutnya. Yaitu menggunakan HP Drive Boot Utility. Berikut cara menggunakan HP Drive Boot Untility :

  • Cari dan download software HP Drive Boot Utility, bisa mencari di Google.
  • Install software tersebut.
  • Masukkan SD card, lalu buka software HP Drive Boot Utility.
  • Kemudian pilih drive SD cardnya.
  • Pilih opsi Create New or Replace Existing Configuration.
  • Lakukan Eject.
  • Kalau sudah, cabut SD card.
  • Cek SD card sudah terdeteksi atau belum.

9. Beli SD Card Baru

Setelah rentetan cara yang disebutkan di atas tidak berhasil juga, maka inilah cara pamungkasnya. Beli SD Card baru saja. Semua cara sudah dicoba dan hasilnya nihil. Apa boleh buat. Demikian beberapa cara mengatasi SD card tidak terbaca. Beberapa cara di atas layak dicoba sebelum memutuskan untuk membeli SD card baru. Jika beruntung, salah satu cara di atas bisa membantu, tanpa mengeluarkan dana lebih untuk membeli SD card baru.

Baca Juga  Cara Membuat Pesan Otomatis di WhatsApp Bisnis

Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 10 =

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top