7 Cara Mengatasi Layar Laptop Berkedip

Cara Mengatasi Layar Laptop Berkedip
Rate this post

LABtekno.com – Cara mengatasi layar laptop berkedip bisa dilakukan untuk Windows 7, 8, 10 hingga Windows 11.

Terdapat berbagai faktor yang bisa menyebabkan layar laptop berkedip, mulai dari driver yang bermasalah, program terinstall yang tidak kompatibel, atau bisa juga karena bugs pada sistem operasinya.

Jika masalahnya bersumber dari driver tampilan atau display adapter, masalah tersebut dialami setelah update Windows, kemungkinan terjadi konflik pada driver tampilan. Cara mengatasi layar laptop berkedip ini bisa dengan memperbarui atau uninstall driver.

Jika masalahnya bersumber dari program yang tidak kompatibel dengan layar laptop, biasanya disebabkan karena resolusi layar yang terlalu kecil atau refresh rate yang terlalu rendah.

Atau bisa juga karena bugs pada sistem operasi Windows, baik itu Windows 8, 10 atau 11. Microsoft sendiri memang sering melakukan perbaikan pada driver dan program yang tidak kompatibel.

Apabila kalian sudah mengetahui beberapa penyebab di atas, berikut ini cara mengatasinya:

Periksa di Task Manager

Kalian perlu memastikan, masalah tersebut bersumber dari driver tampilan atau aplikasi yang tidak kompatibel.

Cara mengidentifikasi masalah tersebut bisa dilakukan dengan membuka Task Manager. Berikut ini caranya:

  • Tekan kombinasi tombol (shortcut key) Ctrl + Shift + ESC untuk mengakses Task Manager.
  • Jika Task Manager ikut berkedip (flickering), kemungkinan driver tampilan memang bermasalah. Untuk mengatasinya, bisa perbaiki driver dengan update atau uninstall driver.
  • Namun apabila Task Manager tidak berkedip, sementara situasi di luar Task Manager berkedip maka kemungkinan ada aplikasi yang tidak kompatibel.
Baca Juga  Cara Mengatasi USB Not Recognized Pada Semua Windows

Nonaktifkan Service System Configuration

Sebelum melakukan pemeriksaan terhadap aplikasi yang tidak kompatibel, mungkin bisa mencoba mematikan services Problem Reports and Solution Control Panel dan Windows Error Reporting Service melalui System Configuration (msconfig). 

Fitur tersebut sebenarnya berfungsi untuk melaporkan masalah error Windows kepada Microsoft. Dari beberapa informasi yang dihimpun, cara ini dapat membantu memperbaiki masalah layar berkedip.

  • Tekan Windows + R untuk masuk jendela Run.
  • Ketik msconfig dan tekan Enter untuk masuk ke fitur System Configuration.
  • Kemudian masuk pada tab Services. Temukan dan hapus centang pada services Problem Reports and Solution Control Panel dan Windows Error Reporting Service.
  • Klik OK, lalu restart komputer/ laptop.
  • Selesai.

Perbaiki masalah program tidak kompatibel

Apabila penyebab utama layar berkedip (flickering) di laptop tersebut bersumber dari aplikasi atau program yang tidak kompatibel, maka cara mengatasinya bisa dilakukan dengan melakukan perbaikan.

Ada banyak faktor yang menyebabkan aplikasi saat dibuka berkedip; umumnya terjadi karena resolusi layar dan refresh rate yang rendah, hingga masalah error atau bugs pada program tersebut. 

Atau bisa jadi program yang Anda install tidak sesuai dengan System Requirements dan dipaksakan untuk diinstall sehingga terjadilah layar berkedip (flickering).

Untuk memperbaiki masalah tersebut, bisa update atau uninstall lalu ganti dengan program yang kompatibel. Bisa disesuaikan dengan program penyebab layar berkedip pada laptop.

Update program yang bermasalah

Cara mengatasi layar laptop berkedip (flickering) selanjutnya dapat dilakukan dengan mengupdate program atau aplikasi melalui Microsoft Store.

Update Aplikasi Melalui Microsoft Store
Update Aplikasi melalui Microsoft Store

Berikut ini caranya:

  • Klik Start menu » temukan dan pilih Microsoft Store.
  • Klik ikon tiga titik yang ada di bagian pojok kanan atas
  • Pilih Download and Updates.
  • Klik Get Updates untuk memperbarui aplikasi.
  • Tunggu sampai proses update selesai dilakukan.
  • Selesai.
Baca Juga  Cara Cloning Windows 10 ke SSD dengan Mudah

Jika cara ini tidak berhasil, cobalah untuk menghapus program dan menggantinya dengan program yang baru.

Uninstall program yang tidak kompatibel

Uninstall Program tidak Kompatibel
Uninstall Program yang tidak Kompatibel

Berikut ini caranya:

  • Klik Start menu » Settings.
  • Pilih Apps » Apps & features.
  • Temukan dan pilih program yang dimaksud, lalu klik Uninstall.
  • Konfirmasi dengan Uninstall dan ikuti petunjuk Uninstall program hingga selesai.
  • Selesai.

Setelah menghapus program, cobalah untuk membersihkan semua file sampah, cache, registry, log, dan sejenisnya. Setelah itu, silakan restart perangkat tersebut dan cek kembali apakah layar masih berkedip atau tidak.

Update Windows ke versi terbaru

Update Windows 10
Update Windows

Selain memperbarui program, perlu juga memperbarui Windows ke versi paling baru saat ini. Kemungkinan error tidak hanya pada aplikasi dan driver, namun juga dapat terjadi pada sistem Windows itu sendiri. 

Jika dilihat pada halaman pembaruan Windows, Microsoft terus melakukan peningkatan performa, fitur, dan perbaikan pada program maupun driver Windows. Silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka menu Settings » Update & Security » Windows Update.
  • Klik Check for updates untuk melihat ketersediaan Windows versi terbaru.
  • Jika ada, silakan lakukan update sampai selesai.
  • Setelah itu, restart perangkat.
  • Selesai.

Perbaiki masalah driver tampilan

Cara mengatasi layar laptop berkedip selanjutnya adalah dengan memperbarui atau menghapus driver display lalu menggantinya dengan yang baru. 

Ketika memperbarui sistem, Windows secara otomatis juga akan memperbarui driver yang sudah lama/ usang. Hal ini dilakukan agar sistem tetap stabil dan optimal ketika digunakan. 

Namun sayangnya, beberapa laptop terkadang tidak berjalan dengan baik dan harus memperbarui driver secara manual. 

Untuk mendapatkan driver terbaru, silakan kunjungi situs resmi dari laptop tersebut.

Baca Juga  Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis Xiaomi

Tiga situs di atas, dapat membantu mendeteksi driver display yang digunakan serta link download untuk driver terbaru sesuai dengan merek dan tipe laptop yang digunakan. 

Berikut ini cara update atau menghapus driver, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Uninstall Driver Tampilan
Uninstall Driver Tampilan
  • Klik kanan pada Start menu » pilih Device Manager.
  • Kemudian lihat bagian Display Adapter.
  • Klik kanan pada driver yang perlu di Update atau Uninstall.
  • Jika memilih Update device, pilih Search automatically for drivers.
  • Jika memilih Uninstall, konfirmasi dengan Uninstall.
  • Jika sudah, klik Close.
  • Selesai.

Demikian beberapa cara mengatasi layar laptop berkedip atau flickering di Windows 8, 10, dan 11. Melihat layar laptop selalu berkedip tentu sangat mengganggu dan menyebabkan mata sakit.

Mudah-mudahan, salah satu cara di atas dapat membantu menyelesaikan masalah. Namun apabila cara di atas belum membantu, kemungkinan terjadi kerusakan pada kartu grafis, kabel, hingga monitor. 

Silakan cek bagian port VGA yang mungkin berdebu/ kotor. Jika memang berdebu atau kotor, coba bersihkan dan hubungkan kembali. Terima kasih dan selamat mencoba!


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × two =

Social Media

Artikel Terbaru

On Key

Artikel Terkait

Cara Melihat Stalker di Instagram

5 Cara Melihat Stalker di Instagram

LABTekno.com – Cara melihat stalker di Instagram bisa dilakukan dengan bantuan tools maupun aplikasi checker. Instagram memang menjadi salah satu media sosial yang paling populer untuk meningkatkan eksistensi. Namun perlu diingat juga bahwa konsekuensinya adalah postingan yang telah dibagikan otomatis

Review ASUS VivoBook 16X OLED

Review ASUS Vivobook 16X OLED, Laptop 4K untuk Konten Kreator

LABTekno.com – ASUS Vivobook 16X OLED merupakan laptop yang diciptakan khusus bagi content creator digital. Semua hal yang dibutuhkan dalam proses pembuatan konten telah mendukung dengan baik. Laptop ASUS Vivobook 16X OLED dikelompokkan menjadi 2 kategori berdasarkan chipset yang digunakan,

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip Segera Rilis

LABTekno.com – Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip, dua smartphone terbaru dari Oppo dikabarkan akan segera dirilis. Meski belum ada informasi resmi mengenai tanggal kepastiannya. Namun biasanya Oppo akan merilis produk terbarunya pada pertengahan Desember, yaitu pada acara

Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru

3 Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru dengan Mudah

LABTekno.com – Cara memindahkan kontak ke HP baru bisa dilakukan dengan mudah. Tak perlu menyimpannya satu per satu secara manual. Ada cara yang jauh lebih mudah, praktis dan cepat. Sehingga pekerjaan lebih efisien.  Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika

Scroll to Top