Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Terblokir

5/5 - (1 vote)

LABtekno.com – Cara mengatasi kartu Telkomsel terblokir wajib Anda ketahui saat ini. Sebab kartu SIM adalah hal terpenting dari sebuah ponsel. Semua akun penting memaksa penggunanya untuk memasukkan data no HPnya bertujuan untuk verifikasi aktivitas login. Apa jadinya jika kartu Telkomsel yang Anda miliki tersebut terblokir.

Reaksi yang wajar, tentu akan panik dan tidak karuan. Tenang saja, ada beberapa cara mengatasi kartu Telkomsel terblokir yang bisa Anda lakukan. Namun terlebih dahulu, ketahui terlebih dahulu penyebabnya agar solusi yang digunakan tepat. Ada beberapa sebab biasanya, seperti lupa meregristrasi kartu, lupa PIN, atau bahkan melewati masa tenggang kartu.

  • Kartu SIM yang terblokir biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • Tidak dapat melakukan atau menerima panggilan telepon.
  • Tidak bisa mengirim dan menerima SMS.
  • Tidak ada sinyal, ditandai dengan munculnya gambar silang di ikon sinyal operator.
  • Kartu SIM tidak terbaca di perangkat telepon.

Untuk mengaktifkannya, Anda harus menyesuaikan dengan penyebab terblokirnya. Berikut ini cara mengatasi kartu Telkomsel terblokir, antara lain:

Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Terblokir karena Belum Registrasi

Jika penyebabnya adalah lupa untuk meregistrasi kartu Telkomsel, maka cara untuk membuka blokirnya adalah dengan mendaftarkannya terlebih dahulu. Sebab semua kartu SIM termasuk Telkomsel wajib didaftarkan lebih dulu sebelum digunakan. Berikut cara meregistrasi kartu Telkomsel, antara lain:

Baca Juga  Cara Melihat Video Yang Disembunyikan Di Youtube

Menghubungi Call Center Layanan Operator Seluler

Menghubungi call center layanan operator seluler merupakan cara termudah yang bisa ditempuh untuk mengaktifkan SIM card yang terblokir. Namun sebelumnya, pastikan pulsa yang ada di dalamnya mempunyai saldo cukup untuk melakukan panggilan. Sebab akan dikenakan tarif untuk melakukan panggilan ke Call Center Telkomsel pada nomor 188.

Mendatangi Pusat Layanan Operator Seluler

Jika Anda tidak memiliki cukup pulsa di dalam kartu SIM tersebut, maka cara selanjutnya bisa langsung mengunjungi pusat layanan operator Telkomsel (GraPARI) dari cabang terdekat. Anda akan dibantu oleh staff operator untuk mengaktifkan sim card. Jika tidak bisa aktif kembali karena nomer sudah proses daur ulang, maka operator akan menyarankan untuk beli nomor baru dan membantu proses registrasi.

Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Terblokir karena Salah Memasukkan PIN

Salah satu cara mengamankan kartu SIM adalah dengan menggunakan PIN. Namun apa jadinya jika Anda lupa memasukkan PIN tersebut. Kartu Telkomsel Anda jelas akan terblokir jika salah memasukkan PIN kartu sebanyak tiga kali. Saat hal ini terjadi, seluruh layanan kartu Telkomsel baik itu untuk SMS, telepon, atau mengaktifkan data internet tidak dapat dilakukan.

Untuk mengatasinya, Anda membutuhkan kode PUK untuk membuka kunci. Kode PUK ini biasanya terdapat pada kerangka pembungkus kartu SIM. Jika sudah hilang, bisa juga dengan mengeceknya di aplikasi myTelkomsel. Berikut caranya:

  • Install aplikasi MyTelkomsel terlebih dahulu.
  • Jika sudah, lalu masuk ke bagian Profile, pilih PUK.
  • Nantinya akan ditampilkan rincian informasi mengenai kartu Telkomsel Anda.

Mengunjungi Pusat Layanan Operator Seluler

Pusat layanan operator seluler merupakan tempat yang bisa mengatasi seluruh keluhan pelanggannya. Seperti halnya saat kartu Telkomsel terblokir. Petugas operator akan membantu mengaktifkan kembali kartu Telkomsel yang telah terblokir selama nomornya belum didaur ulang.

Baca Juga  Cara Mendapatkan Uang dari Aplikasi Baca Novel

Staff operator nantinya akan meminta untuk menginformasikan no HP terblokir dan memberitahu 16 angka nomor yang ada di bagian belakang Sim Card. Untuk berjaga-jaga, bawa juga KTP jika sewaktu-waktu diperlukan.

Menghubungi Call Center

Jika Anda tidak memiliki waktu luang untuk mengunjungi gerai Telkomsel (GraPARI), maka bisa langsung menghubungi operator seluler melalui call center. Namun pastikan menyiapkan informasi yang diperlukan lebih dulu beserta pulsa Telkomsel. Sebab mungkin akan dikenakan biaya panggilan.

Siapkan beberapa data seperti  eKTP, informasi nomor selular dan juga 16 digit angka di belakang kartu SIM.

Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Terblokir karena Lewat Masa Tenggang

Jika Anda selama ini jarang mengisi pulsa, maka wajar jika SIM Card Telkomsel yang Anda miliki terblokir karena lewat masa tenggang. Apabila hal ini terjadi, Anda wajib mengunjugi pusat layanan Telkomsel (GraPARI) untuk mengatasinya. Akan ada biaya administrasi yang perlu disiapkan, ada juga yang mensyaratkan untuk upgrade ke pasca bayar.

Demikian cara mengatasi kartu Telkomsel terblokir yang bisa Anda lakukan. Hal ini sangat penting mengingat seluruh akun penting pada aplikasi m-banking, e-commers, dompet digital, dan sebagainya memerlukan kartu tersebut. Jika dibiarkan terblokir, maka seluruh akun penting yang Anda miliki sudah tidak dapat dibuka. Artinya Anda harus bersiap kehilangan asset penting di dalamnya.


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − eleven =

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top