7 Cara Membuat Thumbnail YouTube yang Menarik

Achmad Fachrur Rozi

Cara Membuat Thumbnail YouTube
Rate this post

LABTekno.com – Cara membuat thumbnail YouTube mungkin perlu dipelajari lebih mendalam bagi para YouTuber untuk menggaet lebih banyak viewers.

Sebab first impression atau ketertarikan awal ketika melihat thumbnail YouTube memiliki peran yang sangat besar pada sebuah konten.

Oleh sebab itu, bagi para kreator konten tentu saja wajib mengetahui cara membuat thumbnail YouTube yang menarik.

Seperti yang kita ketahui bahwa YouTube saat ini akan memberikan rekomendasi thumbnail dari cuplikan video. Sehingga YouTuber berlomba-lomba membuat thumbnail yang mencolok perhatian agar para pengguna YouTube lebih tertarik untuk menonton video tersebut.

Ada beberapa cara membuat Thumbnail YouTube yang menarik, antara lain:

Gunakan Tools yang dikuasai

Cara membuat thumbnail YouTube yang pertama, yaitu memutuskan tools apa yang akan digunakan. Saat ini sudah ada banyak sekali tools yang memudahkan kalian untuk membuat thumbnail YouTube. 

Bagi desainer grafis, mungkin sudah akrab dengan software seperti Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop. Namun bagi pemula, software ini memang perlu latihan untuk membiasakannya terlebih dahulu. 

Selain itu, software grafis tersebut memang tidak gratis atau berbayar. Jika kalian belum memiliki budget lebih, sudah banyak alternatif lain yang gratis untuk membuat thumbnail YouTube. Misalnya seperti Canva, Visme, Picmaker, dan FotoJet.

Pilihlah salah satu dari aplikasi tersebut yang paling dikuasai agar hasilnya semakin bagus.

Pilih Foto yang paling menarik

Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan cara membuat thumbnail YouTube adalah memilih foto yang paling menarik untuk dijadikan thumbnail. 

Baca Juga  Rekomendasi Efek TikTok yang Bagus

Sebab thumbnail ini nantinya akan terlihat dalam layar smartphone maupun laptop. Oleh sebab itu, kalian harus memilih foto yang paling menarik.

Jika memungkinkan, pilihlah foto yang paling ekspresif dan tonjolkan subjek yang ada di dalam video agar terlihat selalu bersemangat. 

Dengan begitu, viewer akan semakin penasaran dan tertarik untuk mengikuti rasa semangat yang ditonjolkan tersebut.

Pastikan juga ekspresinya terlihat jelas dengan foto close up atau setengah badan.

Pilih Screenshot dari video

Alternatif cara membuat thumbnail YouTube lainnya adalah dengan memilih screenshot dari video yang paling menarik. 

Cara ini lebih praktis, karena tidak perlu melakukan pengambilan foto lagi. Hanya memilih cuplikan dari video yang akan diunggah di YouTube.

Meski kemungkinan YouTube sudah secara otomatis memilih thumbnail sesuai penggalan yang ada di dalam video. Kalian bisa dengan mudah memilih cuplikan gambar sesuai keinginan.

Jika thumbnail otomatis yang ditampilkan YouTube terlihat kurang menarik, kalian bisa mengambil screenshot dari bagian video tersebut. 

Tambahkan kreasi lainnya, seperti menggunakan software desain grafis seperti Canva dan Photoshop agar tidak monoton.

Gunakan Efek Stiker

Masih melanjutkan cara membuat thumbnail YouTube di atas, kalian juga bisa menambahkan efek stiker agar bisa menonjolkan subjek utama video. 

Caranya adalah dengan menghapus background asli dari foto yang ingin digunakan dalam thumbnail. Kemudian, tambahkan border atau garis luar berwarna putih.

Ini merupakan cara yang banyak dipakai oleh YouTuber agar dirinya terlihat pop up di thumbnail video.

Tambahkan Tulisan dan Background

Jangan lupa juga untuk menambahkan tulisan dan background. Pilih font yang tebal dan berwarna kontras dari foto yang digunakan. 

Perhatikan penggunaan warnanya, misalnya foto foto dalam thumbnail memiliki warna dominan hitam. Maka kalian bisa memilih warna kuning pada teks.

Baca Juga  3 Cara Memindahkan Kontak dari Android ke iPhone

Tulisan atau teks yang dibuat, sebisa mungkin dibuat ringkas. Semakin ringkas tulisannya semakin baik. 

Pemilihan background juga sangat mempengaruhi first impression viewer. Oleh sebab itu, pilihlah warna atau pattern yang menarik.

Judul harus Jelas 

Kalian perlu menghindari trik clickbait yang sudah jadul. Karena sekarang ini, kebanyakan viewer sudah muak. 

Pilihlah tulisan yang bisa memberikan viewers gambaran jelas tentang isi video dan tidak menimbulkan misleading.

Meski awalnya judul clickbait memang menarik perhatian orang untuk mengklik video. Namun, begitu mereka tahu bahwa judul atau tulisan thumbnail tidak sesuai dengan yang mereka harapkan, channel Youtube tersebut bisa dipandang buruk.

Oleh sebab itu, lebih baik jika kalian memprioritaskan untuk membangun reputasi channel.

Download dan upload

Setelah semua proses di atas selesai, silakan download hasil thumbnail yang telah dibuat.

Idealnya, resolusi minimal untuk thumbnail YouTube adalah 1280px x 720px. Jika kurang dari itu, thumbnail tersebut akan terlihat pecah.

Jika sudah, upload thumbnail tersebut di YouTube bersamaan dengan video yang ingin diupload. 

Demikian cara membuat thumbnail YouTube yang menarik dan bisa kalian terapkan pada channel YouTube sendiri. 

Dengan membuat thumbnail yang menarik, akan ada semakin banyak orang yang menonton video kalian. Sehingga mendatangkan lebih banyak like, komentar, durasi tontonan lebih panjang hingga subscriber.

Baca Juga

Leave a Comment