Cara Melihat Trending Twitter, Sekali Klik!

Achmad Fachrur Rozi

cara melihat trending Twitter
Rate this post

LABTekno.com – Cara melihat trending Twitter memang wajib diketahui bagi pengguna yang selalu ingin up-to-date.

Salah satu fitur unik yang dimiliki Twitter ini berguna untuk melihat topik-topik yang sedang populer dan banyak dibicarakan oleh pengguna Twitter di waktu tertentu. 

Fitur ini menampilkan daftar topik yang paling banyak dibahas atau diperbincangkan oleh pengguna dalam periode waktu terakhir.

Trending Twitter sering muncul di sisi kanan atau atas halaman beranda pengguna atau di panel samping pada aplikasi seluler. 

Daftar trending biasanya disajikan dalam bentuk daftar atau kotak yang berisi judul atau kata kunci yang mewakili topik-topik populer.

Cara Melihat Trending Twitter

Cara melihat trending Twitter

Bagi pengguna yang baru pertama kali mengakses Twitter, tentu masih bingung melihat daftar topik yang sedang trending. Berikut ini cara melihat trending Twitter:

  1. Buka aplikasi Twitter di perangkat Anda atau kunjungi situs web Twitter dan masuk ke akun Anda.
  2. Setelah masuk, Anda akan langsung melihat halaman beranda yang berisi tweet-tweet dari akun yang Anda ikuti.
  3. Pada sisi kanan atau atas halaman beranda, Anda akan melihat daftar trending. Biasanya, daftar trending ditampilkan dalam bentuk daftar atau kotak yang berisi judul atau kata kunci yang mewakili topik-topik populer.
  4. Klik atau ketuk salah satu topik yang ada dalam daftar trending untuk melihat tweet-tweet terkait dan ikut dalam percakapan tentang topik tersebut.
  5. Anda juga dapat mengklik atau ketuk opsi “Show more” (Tampilkan lebih banyak) atau tanda panah ke bawah yang biasanya muncul di ujung daftar trending untuk melihat lebih banyak topik yang sedang trending.
Baca Juga  Cara Menggunakan Aplikasi Face Play

Setelah mengetahui cara melihat trending Twitter, pengguna juga bisa menyesuaikannya berdasarkan preferensi atau lokasi geografis.

Artinya, jika Anda mengatur preferensi lokasi di akun Twitter Anda atau menggunakan Twitter dalam bahasa tertentu, daftar trending akan disesuaikan dengan informasi tersebut.

Cara Mengatur Preferensi Trending Twitter

Anda dapat mengatur preferensi lokasi atau bahasa untuk mempengaruhi daftar trending yang ditampilkan di akun Twitter Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur preferensi tersebut:

  1. Buka aplikasi Twitter atau kunjungi situs web Twitter dan masuk ke akun Anda.
  2. Klik atau ketuk ikon profil Anda di pojok kiri atas layar untuk membuka menu drop-down.
  3. Pilih “Settings and privacy” (Pengaturan dan privasi) dari menu.
  4. Di halaman Pengaturan, gulir ke bawah dan temukan opsi “Content preferences” (Preferensi konten). Klik atau ketuk opsi ini.
  5. Pada halaman Preferensi konten, Anda akan melihat opsi “Trends for you” (Trending untuk Anda). Klik atau ketuk opsi ini.
  6. Di bawah opsi “Trends for you”, Anda akan melihat opsi “Location” (Lokasi) dan “Language” (Bahasa). Klik atau ketuk opsi mana pun yang ingin Anda atur.
  7. Untuk mengatur preferensi lokasi, klik atau ketuk “Location” (Lokasi) dan pilih lokasi yang diinginkan dari daftar yang tersedia. Anda juga dapat mencari lokasi tertentu menggunakan kotak pencarian di atas daftar.
  8. Untuk mengatur preferensi bahasa, klik atau ketuk “Language” (Bahasa) dan pilih bahasa yang diinginkan dari daftar yang tersedia.
  9. Setelah Anda mengatur preferensi lokasi atau bahasa, Twitter akan menyesuaikan daftar trending yang ditampilkan berdasarkan preferensi Anda.

Setelah mengatur preferensi tersebut, daftar trending yang Anda lihat di Twitter akan lebih sesuai dengan lokasi atau bahasa yang Anda pilih. 

Baca Juga  4 Cara Melihat Stalking Facebook

Namun, perlu diingat bahwa beberapa faktor lain, seperti popularitas topik secara global atau interaksi pengguna, juga dapat mempengaruhi daftar trending.

Trending Twitter dapat mencakup beragam topik, mulai dari berita terkini, peristiwa penting, hingga tren hiburan, olahraga, politik, atau topik-topik lain yang sedang ramai diperbincangkan oleh pengguna Twitter. 

Twitter menggunakan algoritma dan analisis data untuk menentukan topik apa yang termasuk dalam daftar trending.

Pengguna dapat mengklik pada salah satu topik yang sedang trending untuk melihat tweet-tweet terkait, termasuk tweet dari pengguna Twitter lain yang membahas topik tersebut. 

Melalui cara melihat trending Twitter ini, pengguna dapat memperoleh informasi lebih lanjut tentang topik yang sedang populer atau ikut berpartisipasi dalam percakapan.

Namun, perlu diingat bahwa Trending Twitter hanyalah representasi topik populer di platform Twitter dan dapat berbeda untuk setiap pengguna. 

Selain itu, karena algoritma dan metode Twitter dalam menentukan trending dapat berubah seiring waktu, daftar trending bisa berbeda dari waktu ke waktu.

Trending Twitter dapat menjadi sumber informasi yang berguna dan juga memberikan pandangan singkat tentang topik-topik yang sedang populer secara global maupun di wilayah tertentu. 

Namun, sebagai pengguna, penting untuk selalu melakukan verifikasi dan evaluasi terhadap informasi yang ditemukan di Trending Twitter untuk memastikan keandalan dan kebenarannya.

Demikian cara melihat trending Twitter dan cara mengatur preferensinya yang bisa disesuaikan masing-masing pengguna. Selamat mencoba!

Baca Juga

Leave a Comment