2 Cara Melihat Password yang Tersimpan di Google Chrome

Achmad Fachrur Rozi

cara melihat password yang tersimpan di google chrome
5/5 - (1 vote)

LABTekno.com – Cara melihat password yang tersimpan di Google Chrome mungkin perlu diketahui agar pengguna tidak perlu repot memasukkan password tiap kali mengakses suatu situs.

Ada kemungkinan bahwa saat login nanti, passwordnya justru malah lupa. Sehingga tidak bisa mengakses situs tersebut.

Bisa karena tidak pernah menyimpannya, atau memang karena passwordnya terlalu rumit sehingga susah diingat rinciannya.

Namun tak perlu khawatir bagi Anda yang sehari-hari berselancar di internet menggunakan peramban Google Chrome, biasanya kata sandi akan tersimpan dalam pengaturan dan privasi Chrome. 

Pengguna pun dapat melihat password yang tersimpan tersebut di Google Chrome. 

Memang Lebih Praktis, Apakah Aman?

Menyimpan password di Google Chrome dapat menjadi cara yang nyaman untuk mengelola dan mengingat kata sandi Anda. Namun, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam hal keamanan:

  1. Enkripsi: Google Chrome menggunakan enkripsi untuk melindungi kata sandi yang disimpan. Kata sandi disimpan dalam file yang dienkripsi menggunakan algoritma enkripsi yang kuat. Hal ini membuatnya sulit bagi pihak yang tidak berwenang untuk mengakses dan membaca kata sandi Anda.
  2. Kata Sandi Master: Google Chrome memungkinkan Anda untuk mengatur Kata Sandi Master, yang diperlukan untuk membuka akses ke semua kata sandi yang tersimpan. Ini memberikan tingkat perlindungan tambahan, karena seseorang harus memasukkan Kata Sandi Master yang benar sebelum dapat melihat atau menggunakan kata sandi yang disimpan.
  3. Pengamanan Akun Google: Jika Anda menggunakan Google Chrome dengan akun Google Anda yang terautentikasi, kata sandi Anda juga akan disinkronkan dengan akun Google Anda. Ini berarti bahwa kata sandi Anda akan dienkripsi dengan aman dan disimpan di server Google yang dilindungi dengan baik.
Baca Juga  Cara Melihat Riwayat Percakapan Rahasia di Messenger

Namun, walaupun ada langkah-langkah keamanan yang diambil oleh Google Chrome, masih ada beberapa risiko yang perlu diwaspadai:

  1. Akses Fisik: Jika seseorang memiliki akses fisik ke perangkat Anda yang terkunci, mereka mungkin dapat mengakses kata sandi yang tersimpan di Google Chrome jika perangkat tersebut tidak dilindungi dengan baik.
  2. Ancaman Malware: Jika perangkat Anda terinfeksi malware atau perangkat lunak berbahaya lainnya, pihak yang tidak berwenang dapat mencoba mencuri kata sandi yang disimpan di Google Chrome.
  3. Kelemahan Keamanan: Tidak ada sistem yang benar-benar bebas dari kelemahan keamanan. Meskipun Google Chrome memiliki sistem keamanan yang kuat, tetap ada risiko adanya celah keamanan yang belum terdeteksi.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengambil langkah-langkah tambahan dalam menjaga keamanan kata sandi Anda:

  1. Gunakan Kata Sandi yang Kuat: Pastikan kata sandi Anda kuat dan unik untuk setiap akun. Hindari menggunakan kata sandi yang mudah ditebak atau umum.
  2. Aktifkan Verifikasi Dua Faktor: Aktifkan verifikasi dua faktor untuk akun Google Anda dan akun-akun penting lainnya. Ini memberikan lapisan keamanan tambahan dengan memerlukan kode verifikasi yang dihasilkan secara dinamis selain kata sandi.
  3. Perbarui Google Chrome dan Perangkat Lunak Keamanan: Pastikan Google Chrome dan perangkat lunak keamanan Anda tetap diperbarui dengan versi terbaru untuk menghindari risiko eksploitasi yang diketahui.

Penting untuk diingat bahwa meskipun Google Chrome menawarkan keamanan yang baik dalam menyimpan kata sandi, tidak ada sistem yang benar-benar tanpa risiko. 

Jaga keamanan perangkat Anda, hindari akses yang tidak sah, dan tetap berhati-hati dalam mengelola kata sandi Anda.

Cara Melihat Password yang Tersimpan di Google Chrome Melalui PC 

Setelah mengetahui hal-hal tersebut di atas, berikut ini langkah-langkah cara melihat password yang tersimpan di Google Chrome melalui PC atau laptop:

  • Buka Google Chrome 
  • Pilih menu titik tiga di pojok kanan atas 
  • Pilih Setelan
  • Pilih Isi otomatis 
  • Klik Pengelola Sandi 
  • Nantinya halaman akan menampilkan beberapa situs dan kata sandi yang tersimpan di Chrome 
  • Pilih salah satu situs yang Anda kunjungi, kemudian klik ikon mata untuk menampilkan kata sandi 
  • Kemudian salin dan kembali masukkan kata sandi ke situs yang ingin dituju 
Baca Juga  Cara Melihat Pesan Messenger yang Sudah Dihapus

Cara Melihat Password yang Tersimpan di Google Chrome Android dan iOS

Jika Anda pengguna smartphone, langkah-langkahnya hampir sama. Berikut ini cara melihat password yang tersimpan di Google Chrome: 

  • Buka aplikasi Google Chrome 
  • Pilih menu titik tiga di pojok kanan atas 
  • Klik Setelan
  • Pilih Pengelola Sandi 
  • Nantinya halaman akan menampilkan daftar situs dan password 
  • Pilih salah satu situs yang ingin dikunjungi
  • Klik ikon mata dan masukkan password HP Anda untuk melihat kata sandi yang tersimpan

Demikian cara melihat password yang tersimpan di Google Chrome dengan mudah. Bagaimana menurut Anda, mudah kan? Selamat mencoba!


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Baca Juga

Leave a Comment