Cara Melihat Insight di IG

Kategori
5/5 - (1 vote)

LABtekno.com – Cara melihat insight di IG harus diketahui oleh setiap pengguna. Hal ini bertujuan untuk mengekplorasi lebih jauh tentang pembuatan konten yang sesuai dengan karakter pengguna Instagram lainnya. Dengan kemampuan analisis insight yang baik, bukan hal yang mustahil jika akun Instagram Anda dapat tumbuh lebih cepat dan lebih besar. Memiliki banyak follower, tingkat keterlibatan yang tinggi akan menarik para produsen untuk mengiklankan barang dan jasanya melalui akun Anda.

Terlebih jika Anda adalah pelaku bisnis, fitur insight Instagram harus dimanfaatkan untuk lebih mengenal target pasar melalui media sosial miliknya. Dengan keberadaan media sosial saat ini yang tidak hanya berfungsi sebagai platform komunikasi dan terhubung dengan sesama pengguna. Lebih dari itu, media sosial juga dapat dimanfaatkan sebagai platform untuk mempromosikan sebuah produk, karena memiliki potensi jangkauan yang jauh lebih luas.

Seperti yang bisa ditemukan pada media sosial lainnya, Instagram juga menyediakan fitur Insight yang mempermudah para pengguna menjangkau lebih luas. Fungsi fitur ini adalah untuk menganalisis data mengenai para pengikut dalam sebuah akun.

Melalui fitur Insight, pengguna dapat lebih mudah mengenali karakteristik para pengikut dan menganalisis strategi untuk meningkatkan efektivitas konten yang akan diunggahnya. Baik itu konten berupa postingan, story, video, reels, hingga video siaran langsung tertentu.

3 Cara Melihat Insight di IG

Lalu bagaimana cara melihat insight di IG? Terdapat 3 cara melihat insight di Instagram, berikut penjelasannya:

Cara melihat insight di Instagram bisa dilakukan dengan beberapa metode. Demi melihat performa akun sosial media yang Anda miliki melalui beranda hingga mengeceknya pada tiap postingan yang telah diunggah. Namun sebelum itu, pastikan akun Instagram yang Anda miliki dalam mode bisnis atau kreator. Sebab fitur ini hanya bisa diakses menggunakan mode bisnis, dan tidak bisa digunakan pada akun Instagram biasa.

Baca Juga  8 Cara Mengatasi GPS Tidak Mau Jalan

Cara Melihat Insight dari Beranda Akun

Berikut cara melihat insight di Instagram melalui beranda akun:

1. Buka Instagram

Langkah pertama, buka Instagram pada smartphone Anda. Jika belum memilikinya, silakan install melalui Google Play Store terlebih dahulu.

2. Buka beranda akun

Setelah itu, buka beranda akun Instagram dengan cara klik aplikasi yang telah terinstall tersebut. Anda akan langsung diarahkan ke beranda akun berlogo seperti rumah.

3. Klik Insight

Selanjutnya, klik opsi Insight. Tombol Insight berada pada bagian bawah keterang follower dan following. Anda juga bisa membuka tiga garis yang terletak di sudut kanan atas, kemudian langsung saja dengan mengeklik Insight.

4. Klik metrik yang tersedia

Setelah Anda klik Insight maka akan ditampilkan data lengkap seputar keterlibatan pada akun yang Anda miliki. Untuk mengetahui rincian datanya yang berkaitan dengan insight akun, silakan klik metrik yang telah tersedia.

5. Selesai

Anda sudah dapat melihat berbagai informasi mengenai akun Instagram dalam kurun tujuh hari ke belakang. Data yang ditampilkan berupa pengguna unik hingga impresi pengguna terhadap postingan yang telah diunggah.

Cara Melihat Insight Instagram Melalui Story

Selain cara di atas, Anda juga dapat melihat insight melalui Story postingan cerita. Berikut ini langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Buka story atau postingan cerita Instagram yang telah diunggah.
  • Klik tombol ‘Seen by’ yang terletak di pojok kiri bawah.
  • Selesai, Anda sudah dapat mengetahui jumlah jangkauan dan bentuk interaksi yang dilakukan oleh para pengikut akun.

Cara Melihat Insight Melalui Postingan dan Reel

Cara melihat Insight di Instagram yang ketiga yaitu melalui setiap kiriman yang telah diunggah. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

  • Buka Instagram.
  • Selanjutnya, pilih postingan yang akan dicek Insight-nya.
  • Kemudian, klik ‘View Insight’.
  • Setelah itu, Insight postingan akan langsung ditampilkan, meliputi jumlah pengguna yang menyukai hingga jumlah kunjungan yang didapatkan dalam sebuah postingan maupun reel.
  • Untuk mengetahui data pengguna yang menemukan postingan dari konten terunggah, Anda bisa menekan ‘Discovery’.
  • Selesai.
Baca Juga  Cara Mendapatkan Uang dari Aplikasi Baca Novel

Demikian beberapa hal terkait cara melihat insight di Instagram yang wajib Anda ketahui. Hal ini sangat penting untuk membantu akun media sosial Anda agar dapat berkembang lebih cepat dan lebih baik lagi. Sebab melalui insight tersebut Anda dapat mengetahui konten seperti apa yang biasa disukai oleh pengikut Anda.

Ikuti Kami

Artikel Terbaru

Artikel Tterkait

Continue to the category

Cara Mendapatkan Uang dari Aplikasi Baca Novel

LABtekno.com - Cara mendapatkan uang dari aplikasi baca novel hari ini jelas perlu diketahui untuk menambah penghasilan. Sebab...

Cara Membuat Komunitas YouTube

LABtekno.com – Cara membuat komunitas YouTube perlu diketahui setiap pemilik channel. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian...

6 Cara Mudah Memperkuat Sinyal WiFi Indihome

LABtekno.com – Memperkuat sinyal WiFi Indihome bisa dilakukan dengan berbagai cara. Langkah-langkah yang perlu dijalankan juga terbilang...