Cara Melihat Akun yang Terhubung dengan Gmail

5/5 - (1 vote)

LABtekno.com – Cara melihat akun yang terhubung dengan Gmail dapat dipelajari untuk memudahkan saat mendaftar pada layanan yang mengharuskan menghubungkan akun.

Misalkan saat mendaftarkan akun baru pada sebuah website untuk dapat mengakses layanannya, tanpa perlu mengisi manual data diri. Penggunaan email jauh lebih praktis untuk login dengan akun Google.

Meski sebenarnya login menggunakan akun Google memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Kelebihannya, mungkin dapat lebih praktis karena dapat menginputkan data diri secara otomatis berdasarkan informasi dari akun Google.

Bisa menjadi kekurangan ketika data diri di akun Google tidak dapat diubah. Sedangkan layanan dan aplikasi yang terhubung ke akun Google semakin bertambah.

Hal ini bisa membuat celah keamanan bagi akun Google yang Anda miliki. Celah yang terhubung dalam setiap layanan dari aplikasi Gmail, YouTube membuatnya menjadi tidak aman.

Namun jika dirasa tidak masalah, maka abaikan saja.

Jika Anda penasaran dengan layanan dan aplikasi apa saja yang terhubung ke akun Google, maka akan dijelaskan pada kesempatan kali ini.

Aplikasi dan layanan yang terhubung dengan Gmail sebenarnya sama dengan Facebook yang harus terhubung dengan semua permainan dan layanan yang ada.

Lalu bagaimana melihat akun yang terhubung dengan Gmail? Caranya tentu sangat mudah.

Anda cukup mengikuti tutorial atau langkah-langkah yang dijelaskan berikut ini.

Cara ini mudah dipahami dan dapat dilakukan tanpa PC, langsung menggunakan HP.

Namun jika Anda ingin memindahkan file dalam jumlah banyak, maka lebih mudah jika menggunakan PC untuk menandai file yang ada.

Cara Melihat Akun yang Terhubung dengan Google

Berikut ini cara yang bisa Anda ikuti untuk melihat akun apa saja yang telah terhubung dengan Gmail, antara lain:

  • Pertama, Anda perlu membuka dan mengakses akun Google di browser atau bisa juga dengan mengunjungi laman myaccount.google.com
  • Lalu pilih menu Keamanan
  • Selanjutnya jika Anda sudah berhasil masuk pada menu Keamanan, langsung saja klik pada Kelola akses pihak ketiga
  • Jika sudah, nantinya akan muncul semua layanan dan aplikasi yang terhubung dengan Gmail.

Cara Menghapus Aplikasi dan Layanan dari Google

Semua aplikasi dan layanan yang muncul tersebut merupakan akun terhubung ke akun Google, termasuk di dalamnya juga Gmail. Aplikasi Gmail termasuk dalam layanan yang terhubung ke akun Google, layanan resmi dari Google sendiri.

  • Langkah pertamanya seperti di atas, lalu kemudian, jika Anda hendak menghapus aplikasi dan layanan yang sudah terhubung, maka Anda perlu memilih pada layanan atau aplikasi yang ingin dihapus
  • Lalu klik Hapus Akses
  • Jika izin akses sudah berhasil dihapus, maka layanan atau aplikasi yang telah dihapus tadi sudah tidak terhubung dengan Google Anda.

Namun jika Anda berubah pikiran dan ingin mengubungkan akun Google kembali pada aplikasi atau layanan tadi, maka datanya yang sudah ada pada Google masih sama seperti dulu dan tidak terhapus.

Berbeda kasusnya jika Anda mendaftar dengan akun email Gmail bukan dengan akun Google. Jika Anda mendaftar dengan Gmail maka hanya membutuhkan email untuk keperluan verifikasi saja.

Sedangkan jika menggunakan akun Google, layanan dan aplikasi yang terhubung dapat membaca data diri yang telah dimasukkan dan tertera di akun Google.

Sebenarnya login menggunakan akun Google atau Gmail tidaklah masalah dan dapat memudahkan Anda. Mengingat system keamanan yang canggih dari Google sendiri sudah sangat ketat.

Baca Juga  Cara Melihat Riwayat Percakapan Rahasia di Messenger

Seluruh layanan dan aplikasi yang terhubung sudah dibatasi hanya dapat membaca data diri seperti Nama, Alamat, dan Tanggal lahir saja.

Jadi tidak perlu khawatir akan membocorkan data lain yang mungkin sangat penting bagi Anda.

Demikian beberapa cara melihat akun yang terhubung dengan Gmail. Cara ini penting diketahui kaitannya dengan izin akses layanan yang membutuhkan akun Gmail untuk login.


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + sixteen =

Social Media

Artikel Terbaru

On Key

Artikel Terkait

Cara Melihat Stalker di Instagram

5 Cara Melihat Stalker di Instagram

LABTekno.com – Cara melihat stalker di Instagram bisa dilakukan dengan bantuan tools maupun aplikasi checker. Instagram memang menjadi salah satu media sosial yang paling populer untuk meningkatkan eksistensi. Namun perlu diingat juga bahwa konsekuensinya adalah postingan yang telah dibagikan otomatis

Review ASUS VivoBook 16X OLED

Review ASUS Vivobook 16X OLED, Laptop 4K untuk Konten Kreator

LABTekno.com – ASUS Vivobook 16X OLED merupakan laptop yang diciptakan khusus bagi content creator digital. Semua hal yang dibutuhkan dalam proses pembuatan konten telah mendukung dengan baik. Laptop ASUS Vivobook 16X OLED dikelompokkan menjadi 2 kategori berdasarkan chipset yang digunakan,

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip Segera Rilis

LABTekno.com – Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip, dua smartphone terbaru dari Oppo dikabarkan akan segera dirilis. Meski belum ada informasi resmi mengenai tanggal kepastiannya. Namun biasanya Oppo akan merilis produk terbarunya pada pertengahan Desember, yaitu pada acara

Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru

3 Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru dengan Mudah

LABTekno.com – Cara memindahkan kontak ke HP baru bisa dilakukan dengan mudah. Tak perlu menyimpannya satu per satu secara manual. Ada cara yang jauh lebih mudah, praktis dan cepat. Sehingga pekerjaan lebih efisien.  Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika

Scroll to Top