Begini Cara Melakukan Kalibrasi Baterai iPhone

Achmad Fachrur Rozi

Cara Melakukan Kalibrasi Baterai iPhone
Rate this post

LABTekno.com – Cara melakukan kalibrasi baterai iPhone mungkin sedang kalian perlukan ketika merasa kinerja perangkat tersebut mulai terganggu. 

Cara ini cukup ampuh sebagai alternatif untuk memulihkan kinerja baterai ponsel. Khususnya untuk stabilitas daya di dalamnya.

Hal ini wajar, sebab baterai pada smartphone merupakan salah satu komponen penting yang mampu mempengaruhi kinerja ponsel.

Frekuensi penggunaan yang tinggi juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi penurunan kinerja baterai.

Selain itu, ponsel yang jarang digunakan juga berpotensi mengalami masalah serupa.

Nah, untungnya baterai pada iPhone bisa dikalibrasi ulang.

Kalibrasi ulang ini untuk kapasitas maksimal dan kemampuan kinerja puncak yang akan terjadi seiring siklus pengisian daya reguler.

Secara umum, kalian bisa mengikuti cara melakukan kalibrasi baterai iPhone maupun Android setiap dua atau tiga bulan sekali. 

Jika merujuk saran Apple, kalibrasi baterai iPhone harus dilakukan ketika muncul pesan pengingat untuk segera melakukan kalibrasi.

Kalian juga harus memahami beberapa indikasi terganggunya kinerja baterai. Seperti misalnya penurunan kapasitas yang signifikan, persentase baterai tak bertambah dalam waktu lama saat pengisian dilakukan, baterai lebih cepat habis, hingga frekuensi pengisian daya berulang kali dalam satu hari.

Nantinya jika proses kalibrasi baterai iPhone ini berhasil, maka pesan kalibrasi ulang pada smartphone tersebut akan hilang. Persentase kapasitas maksimal baterai iPhone juga akan diperbarui.

Bagi kalian yang belum mengetahui caranya, silakan simak cara melakukan kalibrasi baterai iPhone berikut ini.

Sebelum membahas cara melakukan kalibrasi baterai iPhone, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pastikan juga bahwa langkah-langkah berikut ini dilakukan secara runtut agar proses kalibrasi baterai iPhone berhasil.

Baca Juga  3 Cara Mengaktifkan Sumber Tidak Dikenal Xiaomi

Matikan juga beberapa fitur seperti misalnya GPS, kecerahan layar hingga update otomatis sebelum melakukan kalibrasi baterai dimulai.

Jika sudah, berikut ini cara melakukan kalibrasi baterai iPhone:

Pastikan Baterai iPhone Kosong

Untuk melakukan kalibrasi baterai iPhone, pastikan kondisi baterai tidak ada daya sama sekali atau kosong. Hingga perangkat mati dengan sendirinya.

Isi Ulang Daya Baterai Sampai Penuh

Setelah baterai benar-benar kosong, cara melakukan kalibrasi baterai iPhone selanjutnya tentu saja adalah dengan mengisi ulang daya baterai tersebut hingga full atau penuh 100 persen. Lalu tetap lakukan pengisian daya setelah penuh hingga sekitar dua jam.

Habiskan Baterai iPhone

Setelah proses di atas, langkah selanjutnya adalah menggunakan iPhone tersebut hingga daya baterainya habis atau sampai iPhone mati dengan sendirinya.

Tunggu selama tiga jam dan jangan pernah mencoba menghidupkan iPhone tersebut terlebih dahulu.

Isi Ulang Daya Kembali Sampai Penuh

Selanjutnya lakukan pengisian daya pada baterai kembali sampai penuh. Lalu diamkan selama dua jam dengan kondisi charger masih terhubung dengan iPhone.

Perlu diingatkan kembali, agar tidak menghidupkan iPhone selama durasi tersebut.

Lepaskan Charger dan Aktifkan iPhone

Setelah dibiarkan dua jam dengan kondisi charger terhubung, silakan lepaskan charger tersebut. Lalu aktifkan kembali iPhone kalian dan aktifkan juga berbagai fitur yang sebelumnya telah dinonaktifkan.

Selesai, proses kalibrasi baterai iPhone telah berhasil dilakukan. 

Demikian penjelasan mengenai cara melakukan kalibrasi baterai iPhone yang dapat dicoba secara mandiri. 

Silakan lakukan langkah-langkah di atas secara runtut, agar proses kalibrasi baterai berhasil. Selamat mencoba!

Baca Juga

Tags

Leave a Comment