2 Cara Live di Shopee dan 9 Tips Meningkatkan Penjualan

Achmad Fachrur Rozi

Cara Live di Shopee
5/5 - (1 vote)

LABTekno.com – Cara live di Shopee perlu diketahui oleh Seller untuk meningkatkan potensi penjualan produk mereka.

Saat ini, Shopee menjadi salah satu marketplace terpopuler di Indonesia. Apalagi sejak ditutupnya layanan TikTokShop, sehingga semakin membanjirinya.

Fitur live streaming di Shopee atau yang disebut dengan Shopee Live hanya dapat diakses melalui aplikasi Shopee. Fitur ini memungkinkan seller untuk berinteraksi langsung dengan pembeli terkait produk yang dipasarkannya.

Adanya interaksi antara seller dan pembeli secara real time inilah yang dapat merekatkan hubungan keduanya, sehingga penjual lebih memahami apa dibutuhkan pembeli.

Oleh sebab itu, penting bagi para seller untuk mengetahui cara live di Shopee agar mendatangkan banyak penonton dan meningkatkan penjualannya.

Hal yang perlu dipersiapkan sebelum mengikuti cara live di Shopee yaitu memastikan kamera HP atau komputer berjalan dengan lancar. Sehingga produknya terlihat jelas.

Pastikan juga koneksi yang digunakan sudah stabil dan lancar. Agar saat live streaming, video yang muncul di penonton tidak patah-patah.

Kemudian, yang diperlukan selanjutnya tentu saja adalah akun Shopee. 

Cara live di Shopee melalui HP

Cara live di Shopee menggunakan HP dan komputer berbeda-beda. Bagi pengguna smartphone, kalian bisa memulai siaran langsung di Shopee dengan mudah. Berikut ini cara live di Shopee lewat HP:

  • Buka aplikasi Shopee.
  • Klik ikon Lihat Semua, scroll layar ke bagian bawah.
  • Klik ikon Shopee Live.
  • Pilih ikon tanda tambah (+).
  • Masukkan judul, deskripsi, cover produk, dan tautkan produk yang ingin dipromosikan di live.
  • Klik Lanjut.
  • Pastikan kamera sudah berfungsi dengan baik.
  • Lalu klik Mulai Live Streaming untuk memulai siaran langsung.
Baca Juga  Cara Membuka File PDF yang Terkunci

Daftar produk yang dapat dipilih setiap melakukan Live Shopee maksimal 500 produk. Daftar ini diambil dari daftar Toko Saya atau Favorit Saya untuk ditunjukkan dalam sesi siaran langsung.

Cara live di Shopee di PC/Laptop

Cara Live di Shopee melalui komputer PC atau laptop

Bagi pengguna PC atau komputer, kalian juga bisa melakukan live streaming untuk mempromosikan produk, yaitu dengan cara mengakses website Shopee Live. 

Berikut ini cara live di Shopee melalui PC atau laptop:

  • Kunjungi website resmi Shopee Live.
  • Masuk atau login ke akun Shopee.
  • Lalu klik Buat streaming, masukkan semua data yang dibutuhkan.
  • Masukkan produk yang akan dipromosikan.
  • Tautkan produk tersebut, klik Lanjut.
  • Salin dan cantumkan tautan RTMP, kunci streaming dalam software streaming.

Perlu diketahui bahwa RTMP adalah Real Time Messaging Protocol yang memfasilitasi streaming suara, video, dan data antara software streaming dan Shopee Live.

Cara Meningkatkan Penjualan di Live Shopee

Setelah mengetahui cara live di Shopee, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menarik lebih banyak customer, antara lain:

Tentukan Tema yang Menarik

Menentukan tema, niche atau target pasar merupakan hal paling utama yang perlu dilakukan sebelum memulai pembuatan konten maupun live streaming.

Sebab, mengenali target pasar ini bertujuan untuk menyesuaikan kebutuhan pembeli. Nah, tugas kalian adalah mencari tahu hal-hal apa saja yang sedang ramai diperbincangkan agar penonton merasa relate dan bisa bertahan di live streaming Shopee lebih lama. 

Dengan memilih tema yang relevan dan informatif, mampu membuat Live Shopee kalian lebih menarik dan tetap ramai ditonton.

Tentukan Jadwal Live Streaming yang Tepat 

Cara live di Shopee memerlukan strategi yang efektif, salah satunya adalah dengan menentukan waktu dan jadwal yang tepat. 

Hal ini berdasarkan data waktu aktif target audiens di niche yang kalian tuju. Oleh sebab itu, kalian perlu mengenali target market terlebih dahulu.

Baca Juga  Cara Melihat Analytic YouTube, Agar Channel Lebih Berkembang!

Seperti misalnya, jika dominan penonton berusia 20-30an, maka live streaming sebisa mungkin tidak dilakukan saat jam kerja. Namun sesuaikan jadwal penonton aktif di Shopee, Misalnya ketika jam istirahat, malam hari setelah pulang beraktivitas maupun di hari libur. Selain itu, penting juga untuk selalu menetapkan jadwal yang konsisten agar penonton juga bisa mengetahui kapan biasanya live dilakukan agar mereka dapat merencanakan waktu untuk menonton, berinteraksi dan berpartisipasi di live tersebut.

Promosikan Jadwal Live Sebelum Memulai

Jika jadwal live Shopee sudah ditentukan, maka gunakan fitur Pengaturan Pengingat di halaman Shopee Live Streaming.

Hal ini bertujuan agar bisa menarik lebih banyak penonton. Semakin menarik, maka memperbesar potensi penjualan produk saat live. 

Berinteraksi Aktif dengan Penonton 

Live Streaming memang memerlukan interaksi aktif dalam live untuk bisa membuat para penonton bertahan dan menontonnya lebih lama. 

Aktifkan juga fitur chat dan komentar di live Shopee tersebut. Pastikan juga bahwa kalian selalu membalas pertanyaan customer dan komentarnya agar bisa meningkatkan keterlibatan penonton di Live Shopee. 

Latih terus keterampilan interaksi kalian agar semakin luwes, sehingga penonton merasa nyaman.

Tampilkan Produk Secara Menarik 

Mempromosikan produk menarik di Shopee live tentu akan menarik penonton untuk menonton live streaming. Oleh sebab itu, perlihatkan detail dan keunikan produk yang ditawarkan secara jelas kepada penonton. 

Beri alasan kuat dan jelaskan mengapa produk yang ditawarkan tersebut berbeda dari kompetitor lain.

Gunakan visual dan pencahayaan yang baik agar produk terlihat jelas dan penonton tertarik membelinya. 

Mintalah kepada penonton yang tertarik dengan produk yang ditawarkan untuk memberikan tap love agar produk tersebut berada di posisi pertama dalam pencarian dan masuk ke rekomendasi Shopee. 

Berikan Penawaran Khusus Saat Live

Untuk menarik lebih banyak penonton saat live streaming, buatlah penawaran khusus selama live agar bisa meningkatkan jumlah penonton dan penjualan.

Baca Juga  Cara Membuka File XLSX di WhatsApp

Pastikan juga bahwa kalian sudah mempersiapkan diskon dan voucher yang bisa dipakai oleh penonton sebelum memulai live streaming. 

Cek voucher diskon, apakah bisa digunakan atau tidak? agar penonton tidak kecewa. Penawaran khusus live streaming ini mampu mendorong pembelian impulsif dari penonton. Oleh sebab itu, diperlukan rencana yang matang mengenai pemberian penawaran khusus ini agar mampu membuat penonton harus melakukan pembelian saat live streaming itu juga. 

Manfaatkan Fitur Interaktif Shopee 

Shopee memiliki fitur interaktif yang bisa digunakan saat live, seperti fitur polls dan games. Gunakan fitur tersebut agar live streaming lebih menarik dan tidak cepat membosankan. Jangan lupa untuk melakukan sesi Q&A agar penonton lebih aktif. Hal ini juga bisa menarik keterlibatan penonton saat live, dengan respon yang kalian berikan.

Lakukan Call-To-Action (CTA)

Pesan panggilan atau Call-To-Action (CTA) merupakan pesan singkat yang mengajak individu untuk melakukan tindakan tertentu. 

Dalam konteks Shopee Live, CTA sangat penting karena tujuannya adalah mengarahkan penonton untuk melakukan tindakan khusus saat sesi siaran berlangsung, yaitu melakukan pembelian produk Anda. 

Salah satu metode yang efektif dalam menerapkan strategi CTA adalah menciptakan perasaan FOMO (Fear Of Missing Out) agar audiens merasa khawatir kehilangan penawaran eksklusif produk Anda. 

Dengan cara ini, akan muncul Sense Of Urgency di benak penonton jika mereka tidak segera melakukan checkout produk Anda.

Lakukan Evaluasi Setelah Live Streaming

Setelah Anda selesai melakukan siaran langsung, penting untuk mengevaluasi kinerja dan hasil yang Anda capai selama sesi siaran tersebut.

Evaluasi ini penting untuk mengidentifikasi kekurangan dan kesalahan yang mungkin terjadi selama siaran. 

Hal ini bertujuan untuk memperbaiki dan mengoreksi kesalahan agar Anda dapat meningkatkan kualitas konten Anda di masa mendatang.

Dalam proses evaluasi, Anda dapat menganalisis statistik siaran langsung, seperti jumlah penonton, komentar, dan penjualan yang dihasilkan selama sesi siaran. 

Jika Anda menerima kritik dan saran dari penonton, pastikan untuk menerima masukan tersebut secara positif, karena ini bisa menjadi bahan perbaikan untuk konten Anda di masa mendatang.

Demikian beberapa cara live di Shopee dan tips yang perlu dilakukan untuk menarik penonton agar penjualan meningkat. Silakan pahami dan terapkan di Live Streaming Shopee kalian sendiri. Selamat mencoba!

Baca Juga

Leave a Comment