Cara Cek IP Address Komputer

5/5 - (1 vote)

LABtekno.com – Cara cek IP Address dapat dilakukan dengan beberapa langkah yang cukup sederhana. Sebelum beranjak ke sana, perlu diketahui bahwa setiap kali computer terhubung dengan jaringan internet, maka akan mendapatkan sebuah alamat jaringan atau yang biasa disebut dengan Internet Protocol (IP). IP merupakan nomor yang membedakan router suatu perangkat dengan para pemilik router di internet.

Saat menghubungkan komputer ke internet, maka perangkat tersebut akan memiliki IP internal yang menandai lokasi di jaringan lokal dan IP eksternal yang sejatinya merupakan IP address atau alamat IP dari koneksi internet yang Anda gunakan.

Namun tidak semua orang mengerti bagaimana cara cek IP Address komputer tersebut. Oleh sebab itu, untuk membantu Anda dalam mengecek alamat IP sebuah perangkat, terdapat beberapa metode yang dapat digunakan untuk melihat IP Address internal maupun eksternal, antara lain:

Cara Cek IP Public dengan Google

Cara cek IP address komputer yang pertama dapat digunakan untuk mencari informasi saja, Google dapat dimanfaatkan untuk memudahkan Anda dalam melakukan pencarian IP Public. Cara cek IP address komputer (IP Public) dapat dilakukan melalui mesin pencarian. Caranya ialah sebagai berikut:

  • Buka Google

Google dapat dengan mudah membantu Anda ketika ingin mengetahui IP eksternal dan Public secara cepat. Nantinya Google akan menampilkan IP address dari router yang digunakan oleh perangkat.

  • Cari keyword “What is My IP”

Jika Anda telah menginstall dan membuka Google, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengetikan what Is my IP pada kolom pencarian google lalu tekan tombol enter.

  • Temukan IP address
Baca Juga  Cara Mengatasi Windows Update Error Pada Windows 10

Saat Anda sudah membuka akun google dan menuliskan “What Is My IP” untuk mencari tahu sendiri IP address perangkat, Jika Anda menekan tombol enter maka IP addressnya nanti akan ditampilkan pada monitor.

Cara Cek IP Privat dengan Command Promp

Cara cek IP address komputer sebelumnya tentu masih tergolong mudah. Anda juga dapat mencarinya dengan beberapa langkah saja menggunakan Command Prompt. Bagi Sebagian orang, car aini mungkin masih asing dan jarang digunakan karena dianggap lebih rumit dibandingkn dengan cara cek IP Address  dengan privasi publik. Anda tak perlu khawatir, sebab berikut ini akan dijelaskan bagaimana caranya, antara lain:

  • Buka Command Prompt

Cara cek IP address komputer bisa dilakukan dengan menggunakan Command Promp. Anda cukup membuka Command Promp terlebih dahulu. Caranya mudah, Anda perlu menekan simbol Windows + R yang terdapat pada keyboard, lalu ketikan cmd di kolom pencarian yang tersedia.

Kemudian tekan enter maka dalam beberapa saat lembar Command Prompt akan segera terbuka. Namun jika komputer Anda menggunakan Windows 8 ke atas, Anda dapat membukanya dengan cara tekan simbol Windows + X di Keyboard bersamaan dan Pilih Command Prompt pada menu yang tersedia.

  • Ketikan “ipconfig” pada laman Command Prompt

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuka Command Prompt dan mengetikkan “ipconfig” pada laman command Prompt lalu kemudian langsung saja tekan enter. Setelah menekan tombol enter, maka layar Anda nantinya akan menampilkan sejumlah daftar informasi koneksi jaringan. Semua koneksi jaringan pada komputer dapat di tampilkan secara keseluruhan.

  • Temukan IP Address

Temukan IP Address pada laman Command Prompt yang muncul meliputi berbagai informasi jaringan IP yang dicari, informasi yang dihasilkan terbilang cukup lengkap.

Baca Juga  Cara Cek NIK Telkomsel dan Kartu SIM Lainnya

Cara Menemukan IP Private dengan Network Connections

Jika Anda terbiasa menggunakan cara sebelumnya di atas, mungkin akan sangat direkomendasikan agar dapat menguasainya secara penuh. Selain menggunakan Command Prompt, Anda juga dapat mengecek IP Address privat dengan mudah hanya perlu melalui Network Connections pada komputer. Berikut ini cara cek IP Address komputer Windows melalui Network Connection, antara lain:

  • Buka menu Network Connections di komputer

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka laman Connections di komputer dengan cara menekan simbol Windows + R yang terdapat pada keyboard. Ketikkan cpl sebagai perintah untuk membuka menu Control Panel, lalu langsung saja tekan enter untuk membuka jendela tersebut.

  • Klik kanan di koneksi aktif pada komputer

Hal kedua yang harus dilakukan yaitu Klik kanan di koneksi aktif pada komputer. Kemudian pilih menu Status untuk membuka status koneksi komputer. Jika Anda masih menggunakan Wondows XP maka hal ini bisa dilakukan dengan mengeklik tombol Support.

  • Buka Network Connection Details

Langkah selanjutnya, yaitu langkah terakhirnya dapat dilakukan dengan cara membuka Network Connection secara detail. Lalu klik tombol details maka network connections Detail akan menampilkan IP Address yang dikehendaki.

Demikian beberapa cara cek IP address komputer dengan sangat mudah. Anda dapat langsung mempraktekkannya di komputer. IP address ini akan sangat berguna untuk mengidentifikasi suatu perangkat komputer yang terhubung ke jaringan internet.


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 5 =

Social Media

Artikel Terbaru

On Key

Artikel Terkait

Cara Melihat Stalker di Instagram

5 Cara Melihat Stalker di Instagram

LABTekno.com – Cara melihat stalker di Instagram bisa dilakukan dengan bantuan tools maupun aplikasi checker. Instagram memang menjadi salah satu media sosial yang paling populer untuk meningkatkan eksistensi. Namun perlu diingat juga bahwa konsekuensinya adalah postingan yang telah dibagikan otomatis

Review ASUS VivoBook 16X OLED

Review ASUS Vivobook 16X OLED, Laptop 4K untuk Konten Kreator

LABTekno.com – ASUS Vivobook 16X OLED merupakan laptop yang diciptakan khusus bagi content creator digital. Semua hal yang dibutuhkan dalam proses pembuatan konten telah mendukung dengan baik. Laptop ASUS Vivobook 16X OLED dikelompokkan menjadi 2 kategori berdasarkan chipset yang digunakan,

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip Segera Rilis

LABTekno.com – Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip, dua smartphone terbaru dari Oppo dikabarkan akan segera dirilis. Meski belum ada informasi resmi mengenai tanggal kepastiannya. Namun biasanya Oppo akan merilis produk terbarunya pada pertengahan Desember, yaitu pada acara

Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru

3 Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru dengan Mudah

LABTekno.com – Cara memindahkan kontak ke HP baru bisa dilakukan dengan mudah. Tak perlu menyimpannya satu per satu secara manual. Ada cara yang jauh lebih mudah, praktis dan cepat. Sehingga pekerjaan lebih efisien.  Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika

Scroll to Top