5 Tips YouTube Shorts Agar Menjangkau Lebih Banyak Audiens

5 Tips YouTube Shorts Agar Menjangkau Lebih Banyak Audiens
Rate this post

LABTekno.com – YouTube Shorts merupakan salah satu respons dari YouTube dalam pergeseran tren promosi di media sosial. Dulu, tren media sosial awalnya lebih banyak menampilkan poster foto.

Seiring dengan perkembangan zaman, video pendek menjadi tren baru. Sebab dinilai lebih interaktif dan humanis ketika memberikan informasi seputar produk.

Audiens YouTube Shorts jangkauannya lebih luas dari pada video YouTube biasa. Anda bisa menyasar audiens tersebut untuk promosi.

Nah, kali ini kami akan membahas tips YouTube Shorts agar menjangkau lebih banyak audiens. Simak sampai tuntas!

Riset Keyword yang Relevan

Cara kerja YouTube sebenarnya hampir sama dengan Google. Anda perlu melakukan riset terkait kata kunci atau keyword untuk caption video Anda.

Meski tidak banyak orang yang melakukan pencarian pada YouTube Shorts, biasanya konten yang muncul akan relevan seperti konten YouTube biasa.

Oleh sebab itu, Anda perlu menggunakan beberapa tools riset keyword, seperti Vidiq, Ubersuggest, Tubebuddy, Google Trend, Ahref dan juga Semrush.

Namun sayangnya, beberapa tools di atas mengharuskan Anda berlangganan. Jika Anda belum memiliki budget lebih, maka disarankan untuk menggunakan tool riset gratis untuk membantu proses penemuan kata kunci yang tepat.

Gunakan Fitur Musik

Sama halnya seperti TikTok dan Instagram, Anda juga bisa menambahkan fitur musik di YouTube Shorts. Hal ini bertujuan untuk membuat video Anda semakin menarik. 

Musik juga berguna untuk mempertemukan konten Anda dengan audiens. Oleh sebab itu, pilihlah musik yang sedang tren atau viral untuk menaikan video Anda.

Namun perlu diperhatikan juga bahwa musik yang Anda gunakan sebisa mungkin adalah musik yang relevan. Agar audiens merasa relate, sehingga bisa menonton lebih lama. Secara tidak langsung akan memberikan nilai lebih ke channel Anda.

Baca Juga  Aplikasi Edit Foto Jadi Animasi 3D

Gunakan Hashtag

YouTube Shorts juga memungkinkan para kreator untuk menambahkan hashtag, seperti pada media sosial lain. Penggunaan hashtag yang relevan dengan video Anda, berpotensi untuk menambah audiens.

Oleh sebab itu, Anda juga perlu meriset hashtag apa yang sedang ramai atau viral di YouTube Shorts.

Durasi Video

Salah satu hal yang paling berpengaruh dalam menjangkau lebih banyak audiens adalah durasi video. 

Memperhatikan durasi video wajib dilakukan, bagaimanapun juga Anda harus bisa mengemas konten tersebut maksimal berdurasi 60 detik. Singkatnya durasi memaksa Anda untuk mampu memadatkan isi konten.

Angle Video

5 Tips YouTube Shorts Agar Menjangkau Lebih Banyak Audiens

Anda juga perlu memperhatikan angle dalam membuat video. Hal ini bertujuan agar video Anda semakin menarik dan tidak monoton. 

Oleh sebab itu, silakan riset terlebih dahulu bagaimana kompetitor dan beberapa brand melakukan promosi melalui YouTube Shorts.

Jika sudah, silakan modifikasi seperlunya untuk video shorts Anda.

Demikian beberapa tips YouTube Shorts agar dapat menjangkau lebih banyak audiens. Silakan terapkan tips-tips tersebut untuk video pendek Anda agar hasilnya lebih maksimal. Selamat mencoba!


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top