Teknologi Baru Xiaomi HyperCharge 300 W, 5 Menit Full

Achmad Fachrur Rozi

Teknologi Baru Xiaomi HyperCharge 300 W, 5 Menit Full
5/5 - (1 vote)

LABTekno.com – HyperCharge 300 W sudah diperkenalkan ke publik. Hal ini bersumber dari salah satu postingan di Weibo yang memamerkan demo pengisian daya Redmi Note 12 Pro+ HyperCharge 300 W. 

Teknologi pengisian daya pada smartphone belakang ini berkembang semakin pesat. Berbagai produsen berlomba untuk menciptakan dan menyematkan teknologi pengecasan cepat tersebut pada smartphone mereka.

Teknologi HyperCharge 300 W, Isi Daya Full Cuma 5 Menit

Rekor Baru Pengisian Cepat HyperCharge 300 W
Rekor Baru Pengisian Cepat HyperCharge 300 W

Kali ini Xiaomi melanjutkan balapannya dengan Realme untuk menciptakan teknologi pengisian daya smartphone tercepat. 

Kedua perusahaan tersebut sebelumnya telah memecahkan 200 W. Nah sekarang ini, Xiaomi mengklaim bahwa versi baru HyperCharge sudah mencapai 300 W.

Pengujian HyperCharge 300 W, 5 Menit Full
Pengujian HyperCharge 300 W, 5 Menit Full

Pada pengujian menunjukkan bahwa teknologi HyperCharge 300 W baru ini mampu mengisi daya baterai dengan kapasitas 4.100 mAh dari 0-100% hanya dalam waktu 5 menit saja.

Pengisian daya baterai dari 0-2 menit sudah bisa mencapai 50%. 

Teknologi versi terbaru dari HyperCharge tersebut telah didemonstrasikan Xiaomi dan sudah diambil alih oleh rekan-rekannya di Grup BBK.

Smartphone Mana yang Pertama Kali Menawarkan HyperCharge 300 W?

Saat ini Xiaomi masih terus menawarkan teknologi HyperCharge 120 W di smartphone-nya. Pada smartphone terbarunya yang terakhir, yaitu Redmi Note 12 Pro Discovery Edition menawarkan pengisian cepat 210 W.

Anak perusahaan BBK Group seperti Realme telah melangkah lebih jauh, dengan pengisian cepat 240 W diaktifkan di GT 3 dan GT Neo5. 

Realme GT3 dengan 240 W SUPERVOOC Charge
Realme GT3 dengan 240 W SUPERVOOC Charge

Sebagai referensi, Realme akan meluncurkan yang pertama selama MWC 2023.

Baca Juga  MediaTek Helio G99 Setara dengan Chipset Snapdragon Berapa?

Tak mau kalah, Xiaomi kini telah menghadirkan solusi pengisian daya yang lebih cepat dalam prototipe Redmi Note 12 Pro Plus berkat peningkatan ‘HyperCharge‘. 

Seperti yang ditunjukkan oleh gambar di atas, Xiaomi mengiklankan teknologi pengisian daya barunya yang mampu mencapai 300 W. 

Namun, teknologi HyperCharge tersebut dalam pengujian terkontrolnya tidak pernah mencapai 300 W, meskipun sudah mendekati angka tersebut. 

Beberapa kali secara singkat memang sudah mencapai lebih dari 290 W, dan mempertahankan lebih dari 280 W hingga smartphone mencapai daya sekitar 64%. Namun  setelah itu, turun drastis ke pengisian akhir 65 W.

Secara keseluruhan, tetap saja hasil ini dinilai cukup memuaskan. Kurva pengisian daya yang dihasilkan mengisi penuh baterai 4.100 mAh hanya dalam waktu 5 menit. 

Rekor tersebut terpecahkan sebagai pengisian daya tercepat saat ini. 

Xiaomi menambahkan catu daya HyperCharge 300 W-nya sebesar yang digunakan dalam demo HyperCharge 210 W. Meskipun demikian, dayanya sudah meningkat 43%. 

Sayangnya, masih harus dilihat kapan Xiaomi akan menawarkan solusi HyperCharge barunya di perangkat terbarunya nanti yang akan dijual ke konsumen. 

Jika nantinya akan digunakan Redmi Note 12 Pro Discovery Edition, maka kemungkinan akan jadi produk eksklusif di China pada peluncuran awalnya.

Teknologi pengisian kabel yang semakin cepat ini memang menarik perhatian konsumen. Mengingat kemunculan pengisian nirkabel yang jauh lebih lambat sekarang ini.

Di samping itu, yang perlu diperhatikan adalah dampak negatif dari teknologi HyperCharge 300 W tersebut. Terutama terhadap kesehatan baterai dan siklus pengisian daya jangka panjang. Bagaimana menurut Anda? Tuliskan di kolom komentar!


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Baca Juga

Leave a Comment