Fitur Pengarsipan Otomatis Android untuk Aplikasi yang Tidak Digunakan

Achmad Fachrur Rozi

Fitur Pengarsipan Otomatis Android
Rate this post

LABTekno.com – Fitur Pengarsipan Otomatis Android telah diluncurkan oleh Google. Hal ini berdasarkan pengumuman resmi yang dirilis Google melalui blog-nya.

Beberapa pengguna mungkin sering mengeluhkan perangkat androidnya kehabisan ruang penyimpanan. Terutama pada HP kelas entry level yang memiliki penyimpanan yang sangat terbatas.

Kabar gembiranya, jika Anda termasuk dari salah satu orang yang mengeluhkan masalah kehabisan ruang penyimpanan di perangkat, Anda tidak perlu mencopot pemasangan aplikasi satu per satu secara manual.

Sebab cara ini seringkali menyebabkan penggunanya kehilangan data dan konfigurasi aplikasi yang telah dikumpulkan selama penggunaan sebelumnya. Selain itu, proses penghapusan aplikasi secara manual juga sangat memakan waktu dan tentu saja ribet.

Pengguna jelas merasa tidak nyaman dengan hal tersebut.

Fitur Pengarsipan Otomatis Android: Solusi Google untuk Membuang Aplikasi yang Tidak Digunakan

Fitur Pengarsipan Otomatis Android

Telah hadir solusi lebih praktis yang ditawarkan oleh Google, yaitu Fitur Pengarsipan Otomatis Android. Untuk mengatasi masalah ini, Google memperkenalkan fitur baru yang disebut pengarsipan otomatis. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengosongkan hingga 60% ruang penyimpanan aplikasi tanpa harus menghapus seluruh aplikasi atau data pengguna.

Google sekarang mendorong fitur pengarsipan otomatisnya di Android yang membongkar aplikasi yang tidak digunakan dari perangkat Anda tanpa menghapus data pengguna Anda. Fitur baru ini mirip dengan fitur Apple’s Offload Unused Apps di iOS dan dapat mengosongkan hampir 60% ruang penyimpanan aplikasi tanpa perlu mencopot pemasangan aplikasi. 

Google mengonfirmasi bahwa fitur pengarsipan aplikasi baru hanya tersedia pada aplikasi yang diterbitkan dalam format Bundel Aplikasi.

Fitur Pengarsipan Otomatis Android
Fitur Pengarsipan Otomatis Android
Fitur Pengarsipan Otomatis Android 4

Pengguna akan diminta untuk ikut serta dalam pengarsipan otomatis saat mereka mencoba mengunduh aplikasi di Play Store saat penyimpanan perangkat mereka hampir habis. Setelah pengguna menyetujui persyaratan, perangkat mereka akan dapat mengarsipkan aplikasi yang tidak digunakan untuk mengosongkan penyimpanan.

Baca Juga  Rekomendasi Aplikasi untuk Menggambar di HP

Aplikasi yang diarsipkan akan tetap muncul di laci aplikasi dan layar beranda dengan overlay ikon awan abu-abu. Jika Anda ingin menggunakan aplikasi yang diarsipkan, ketukan sederhana pada ikonnya akan mengunduh ulang file aplikasi dan Anda dapat terus menggunakannya seperti sebelumnya. Pengguna akan dapat mengelola preferensi pengarsipan aplikasi mereka di Pengaturan.

Menghapus Aplikasi Lebih Praktis

Dengan pengarsipan otomatis, pengguna dapat menghapus bagian aplikasi yang jarang digunakan atau tidak terpakai dan menyimpan bagian yang masih dibutuhkan. Bagian yang dihapus ini tidak termasuk data pengguna seperti preferensi, pengaturan, atau log aktivitas.

Fitur pengarsipan otomatis ini hanya tersedia bagi pengembang yang menggunakan App Bundle untuk mempublikasikan aplikasi mereka. 

Jika pengembang memenuhi persyaratan untuk menggunakan fitur ini, maka pengguna akan melihat opsi untuk mengaktifkan pengarsipan otomatis ketika perangkat mereka kehabisan ruang penyimpanan. 

Jika pengguna memilih untuk mengaktifkan fitur ini, maka aplikasi yang jarang digunakan akan dihapus sebagian dari perangkat pengguna, tetapi ikon dan data aplikasi pengguna akan tetap dipertahankan.

Dengan demikian, fitur pengarsipan otomatis android sebenarnya adalah solusi yang lebih mudah dan aman bagi pengguna untuk mengatasi masalah kehabisan ruang penyimpanan di perangkat mereka tanpa harus menghapus seluruh aplikasi atau data pengguna.

Fitur ini juga memberikan manfaat bagi pengembang untuk mengurangi kemungkinan aplikasi mereka di-uninstal dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Baca Juga

Leave a Comment