8 Fitur Google Maps Terbaru yang Jarang Disadari

Achmad Fachrur Rozi

Fitur Google Maps Terbaru
Rate this post

LABTekno.com – Fitur Google Maps terbaru telah diperkenalkan tahun lalu. Namun sampai saat ini, mungkin masih banyak pengguna yang belum menyadari fitur tersebut.

Bagi pengguna setia Google Maps, selama ini tentu memanfaatkan pengalaman menjelajah berbagai tempat dengan lebih mudah dan efektif.

Fitur-fitur yang telah tersedia sebenarnya juga sudah sangat membantu pengguna. Namun untuk meningkatkan pengalaman yang lebih baik, Google Maps terus melakukan update pada aplikasinya.

Apa sajakah fitur-fitur terbaru yang ditawarkannya? Silakan simak sampai tuntas.

Empat Fitur Terbaru Google Maps di Ajang Search On

Google Maps menawarkan empat fitur baru di ajang Search On, mencakup Neighborhood Vibe, Landmark Aerial Views, Immersive View, dan Search with Live View.

Dengan diluncurkannya empat fitur Google Maps terbaru tersebut, Google Maps saat ini telah didukung oleh kemajuan terbaru dalam visi komputer dan model prediktif untuk memperluas pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi tersebut. 

Fitur-fitur baru ini akan membuat pengalaman menggunakan Google Maps lebih visual dan imersif, sehingga pengguna dapat merasakan seperti sedang berada di lokasi tersebut. 

Fitur Neighborhood Vibe

Fitur Google Maps terbaru yang pertama yaitu Neighborhood Vibe. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memilih lingkungan dan melihat tempat paling populer dengan lebih dinamis, berkat informasi bermanfaat dari komunitas Google Maps. 

Mencakup gabungan kecerdasan buatan dengan foto, ulasan dan video pengguna mengenai informasi lokasi tersebut.

Misalnya jika Anda berkunjung ke Bandung, Google Maps bisa membantu Anda melihat lingkungan mana yang terkenal memiliki karya seni dan mana yang bisa menjadi tujuan wisata kuliner.

Baca Juga  Cara Membuat Bootable Windows 10 di Flashdisk

Landmark Aerial Views

Fitur Google Maps Terbaru - Landmark Aerial Views

Fitur Google Maps terbaru selanjutnya adalah Landmark Aerial Views memungkinkan pengguna untuk melihat pemandangan berbagai tempat di seluruh dunia dari udara.

Saat ini, sudah ada lebih dari 250 landmark yang telah tersedia. Anda bisa mengeceknya langsung di Google Maps, lihatlah beberapa tempat ikonik di Indonesia yang telah muncul di Maps.

Immersive View

Sedangkan fitur Google Maps terbaru berikutnya ialah Immersive View. Fitur ini bisa menggabungkan pemandangan udara, cuaca, dan keramaian pada hari dan waktu tertentu untuk membantu pengguna memahami lebih mendalam tentang sebuah kota beserta pemandangannya. 

Dengan hadirnya fitur Immersive View di Google Maps, pengguna bisa memanfaatkannya untuk mencari rute mengemudi paling efisien. Hal ini bertujuan agar kendaraan yang digunakan tidak terlalu banyak menghabiskan bahan bakar.

Search with Live View

Fitur Google Maps terbaru yang terakhir, Search with Live View memungkinkan pengguna untuk mencari tempat-tempat penting seperti toko, ATM, dan restoran dengan cara yang lebih mudah dan cepat saat dalam perjalanan. 

Fitur pencarian untuk Live View ini memuat visualisasi lingkungan sekitar seperti aslinya. Hal ini bertujuan agar pengguna bisa dengan mudah mencari lokasi yang dituju.

Saat ini, Google telah meluncurkan fitur-fitur ini secara global di Android dan iOS. Pengguna bisa menikmatinya secara gratis.

Empat Fitur Google Maps Terbaru Bagi Penjelajah Taman Nasional

Selain fitur-fitur di atas, beberapa waktu yang lalu Google juga telah berusaha memudahkan pengguna Maps yang senang berkunjung ke taman nasional. Dengan hadirnya fitur baru tersebut, pengguna diharapkan bisa menemukan dan menjangkau lanskap favoritnya dengan mudah.

Untuk mewujudkannya, Google mengumumkan empat fitur baru yang akan hadir di Maps pada bulan April ini untuk memudahkan pengguna menemukan informasi yang mereka butuhkan saat pergi ke taman nasional.

Baca Juga  8 Software Akuntansi Gratis Excel Terbaik

Salah satu fitur baru terpenting yang hadir di Google Maps bulan ini akan memungkinkan penggunanya mengidentifikasi tempat paling populer di taman, termasuk atraksi, bumi perkemahan, pusat pengunjung, dan jalan setapak. 

Untuk menerima semua informasi ini, Anda dapat mencari taman yang Anda minati, lalu ketuk salah satu foto yang Anda dapatkan sebagai hasil untuk detail lebih lanjut. 

Detail ini seringkali terdiri dari video dan ulasan dari orang-orang yang pernah mengunjungi lokasi tersebut.

Fitur utama lainnya yang akan datang memungkinkan pengguna Maps untuk melihat jalur populer dari awal hingga akhir. 

Aplikasi sekarang akan menyorot seluruh rute jejak di peta, bukan hanya menampilkan pin. Selain itu, Maps juga akan memberikan detail lebih lanjut tentang jalur dari komunitas, seperti jenis jalurnya, tingkat kesulitannya, dan apakah cocok untuk berlari, berjalan kaki, atau bersepeda. 

Fitur baru berikutnya yang akan hadir akhir bulan ini dimaksudkan untuk memberikan arahan yang lebih rinci di taman nasional AS. 

Pintu masuk taman akan disorot di peta, sehingga Anda dapat meminta petunjuk arah jalan kaki atau bersepeda ke jalan setapak dan Peta akan menunjukkan arah yang tepat.

Last but not least, fitur berguna lainnya yang hadir di Maps pada bulan April memungkinkan pengguna menjadikan Maps offline dan masih dapat memeriksa aplikasinya.

Cara baru mengunduh peta offline untuk taman akan tersedia setelah aplikasi diperbarui. Cukup ketuk tombol “unduh” di daftar Google Maps taman untuk mengunduhnya untuk penggunaan luring.

Menurut Google, empat fitur baru akan hadir di semua taman nasional AS pada bulan April, dan akan diluncurkan ke taman di seluruh dunia dalam beberapa bulan mendatang. 

Baca Juga  Aplikasi untuk Menjawab Soal Bahasa Arab

Nantinya fitur-fitur tersebut akan tersedia di perangkat iOS dan Android.

Baca Juga

Leave a Comment