Fitur Ray Tracing pada Smartphone: Pengertian, Cara Kerja dan Daftarnya

Achmad Fachrur Rozi

Fitur Ray Tracing pada Smartphone
Rate this post

LABTekno.com – Fitur Ray Tracing pada smartphone saat ini belum terlalu dikenal. Pesatnya perkembangan teknologi sekarang ini sudah membuat fitur tersebut memungkinkan di HP. 

Kalian mungkin sudah lebih familiar dengan hadirnya fitur ini pada perangkat komputer atau laptop.

Smartphone dengan fitur tersebut mengacu pada kemampuan sebuah smartphone untuk memproses grafis menggunakan teknologi terbaru. 

Bagi yang masih penasaran apa itu fitur Ray Tracing. Berikut adalah penjelasan tentang pengertian, fungsi, dan keunggulan smartphone dengan fitur ini:

Pengertian Ray Tracing

Apa itu fitur Ray Tracing?

Ray Tracing adalah teknik rendering 3D yang menghasilkan gambar dengan tingkat keakuratan dan realisme yang tinggi, dengan cara melacak setiap sinar cahaya yang keluar dari sumber cahaya, memantul di permukaan objek, dan kemudian sampai ke kamera. 

Dalam dunia game dan animasi, teknologi ray tracing memungkinkan objek dan cahaya untuk memantulkan warna dan bayangan secara realistis, sehingga memberikan pengalaman visual yang lebih imersif.

Fungsi

Setelah mengetahui apa itu fitur Ray Tracing, maka akan kami jelaskan fungsinya.

Smartphone dengan fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menikmati game dan aplikasi yang lebih realistis dan imersif. 

Fitur ini juga meningkatkan kualitas visual dalam fotografi dan videografi, dengan memungkinkan perangkat untuk menghasilkan gambar dengan bayangan, refleksi, dan pencahayaan yang lebih alami. 

Teknologi tersebut pada smartphone juga memungkinkan pengguna untuk membuat konten augmented reality yang lebih realistis dan detail.

Keunggulan Utama

Keunggulan utama smartphone dengan fitur Ray Tracing adalah kualitas visual yang lebih tinggi dan realistis dalam game, aplikasi, fotografi, dan videografi. 

Baca Juga  8 Fitur Google Maps Terbaru yang Jarang Disadari

Perangkat yang mendukung fitur ini dapat menghasilkan bayangan, refleksi, dan pencahayaan yang lebih alami, sehingga memberikan pengalaman visual yang lebih imersif dan mendetail. 

Dalam beberapa kasus, smartphone dengan fitur Ray Tracing juga dapat memproses grafis dengan lebih cepat dan efisien, sehingga memungkinkan game dan aplikasi untuk berjalan lebih lancar dan responsif. 

Namun, karena teknologi ini memerlukan pengolahan grafis yang tinggi, smartphone dengan fitur Ray Tracing biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan smartphone biasa.

Cara Kerjanya pada Smartphone

Fitur Ray Tracing pada Game Justice Mobile
Fitur Ray Tracing pada Game Justice Mobile

Fitur ray tracing pada smartphone bekerja dengan cara yang mirip dengan pada perangkat komputer yang menggunakan teknologi yang sama. 

Berikut adalah cara kerjanya pada smartphone:

  1. Rendering: Pertama-tama, aplikasi atau game menggunakan teknologi ray tracing untuk memproses grafis 3D yang diinginkan, yang kemudian diubah menjadi serangkaian sinar cahaya.
  2. Tracing: Kemudian, setiap sinar cahaya dipancarkan dari sumber cahaya dan melacak setiap interaksi dengan permukaan objek, seperti pantulan, bayangan, dan penyerapan.
  3. Sampling: Proses ini memperhitungkan cahaya yang diterima oleh objek dari berbagai arah dan sudut, dengan mengambil sampel dari setiap sinar cahaya. Semakin banyak sampel yang diambil, semakin akurat hasil yang dihasilkan.
  4. Intersection: Ketika sinar cahaya bertemu dengan objek, komputer melakukan perhitungan untuk menentukan bagaimana sinar cahaya tersebut akan dipantulkan atau diserap oleh objek, dan kemudian dihitung ulang dengan sinar cahaya baru.
  5. Final image: Setelah semua sinar cahaya dihitung dan diolah, hasil akhir dari perhitungan tersebut adalah gambar dengan kualitas visual yang lebih realistis dan mendetail, dengan bayangan, refleksi, dan pencahayaan yang lebih alami.

Fitur ini pada smartphone memerlukan kemampuan komputasi grafis yang tinggi, sehingga hanya perangkat yang memiliki spesifikasi hardware yang mumpuni yang mampu mengeksekusinya. 

Baca Juga  ChatGPT Plus Tersedia di Indonesia, Intip Fitur Unggulan dan Biaya Berlangganannya

Meskipun begitu, teknologi ray tracing ini memberikan pengalaman visual yang lebih imersif dan realistis pada smartphone.

Daftar Smartphone yang Memiliki Fitur Ray Tracing

Saat ini masih sedikit smartphone yang memiliki fitur ray tracing, di antaranya adalah:

  1. ASUS ROG Phone 5 Ultimate
  2. ASUS ROG Phone 5 Pro
  3. ASUS Zenfone 8 Flip
  4. ASUS Zenfone 8
  5. Realme GT Neo2
  6. Realme GT Master Edition
  7. Xiaomi Mi 11
  8. Xiaomi Mi 11 Ultra
  9. Xiaomi Mi 11 Pro
  10. Xiaomi Black Shark 4 Pro
  11. Apple iPhone 12 Series – (teknologi LiDAR) memungkinkan perangkat untuk membuat konten augmented reality yang lebih realistis dan detail.
  12. Samsung Galaxy S21 Series – Seri Galaxy S21 dilengkapi dengan kemampuan ray tracing yang memungkinkan perangkat untuk menghasilkan kualitas visual yang lebih realistis dalam game, fotografi, dan videografi.
  13. Samsung Galaxy S23 Series
  14. iQOO 11 5G
  15. OnePlus 11 5G

Demikian beberapa informasi mengenai fitur Ray Tracing pada smartphone. Apakah HP kalian saat ini sudah memiliki fitur tersebut? Tuliskan pengalaman kalian setelah menggunakannya!

Baca Juga

Leave a Comment