SwifDoo PDF Bisa Proteksi File PDF dengan Kata Sandi

Achmad Fachrur Rozi

SwifDoo PDF Bisa Proteksi File PDF - LABTekno
Rate this post

LABtekno.com – SwifDoo PDF mungkin bisa dijadikan solusi praktis untuk mengenkripsi atau mengamankan data pada dokumen PDF. 

Hal ini penting, terutama jika isi file PDF tersebut menyimpan informasi rahasia atau sensitif.

Tak perlu khawatir, jika kalian ingin menyimpannya di cloud, mengirimkannya melalui email atau membagikannya di drive eksternal. Anda dapat melindungi file tersebut dengan kata sandi. 

Lalu bagaimana cara mengenkripsi file PDF dengan mudah?

Keamanan PDF gratis

Jika Anda ingin mengenkripsi file PDF, Anda dapat menggunakan program perlindungan PDF. Salah satunya adalah SwifDoo PDF

  1. Jika Anda ingin mengenkripsi file PDF menggunakannya, pilih opsi “Proteksi” dari kolom menu.
  2. Lalu pilih “Enkripsi“. 
  3. Dengan memilih kolom “Kata Sandi Terbuka” atau “Izinkan Kata Sandi“, kita dapat memasukkan urutan angka atau digit yang akan melindungi semua file yang dicetak oleh pembuat PDF.

Cara lain untuk mengamankan file PDF adalah dengan menggunakan program 7-zip. Aplikasi ini, tersedia sepenuhnya gratis, dimaksudkan untuk mengompresi data – dengan “mengemasnya”, kita dapat dengan mudah mengirim file yang terlalu berat. 

Namun, pada saat yang sama, ini memungkinkan enkripsi arsip yang dihasilkan dengannya.

Bagaimana cara mengenkripsi file PDF 7-zip? 

  1. Cukup klik kanan pada PDF yang ingin diberi kata sandi
  2. Lalu pilih opsi 7-ZIP 
  3. Kemudian “Tambahkan ke arsip” 
  4. Di bidang yang dihasilkan, di sudut kanan bawah, Anda akan menemukan opsi “Masukkan kata sandi“. 
  5. Setelah menerima kata sandi yang dimasukkan dua kali dengan tombol “OK
  6. File PDF tersebut sudah berhasil terenkripsi dengan kata sandi yang telah diatur tadi.
Baca Juga  Cara Mematikan Centang Biru di WA

Enkripsi dengan alat online

Jika Anda ingin mengenkripsi dokumen PDF dengan cepat dan tanpa harus mengunduh perangkat lunak tambahan, Anda juga dapat menggunakan alat yang tersedia online. 

Ini adalah layanan gratis yang memungkinkan Anda melindungi file PDF dengan kata sandi – Anda dapat melakukan jenis operasi ini hanya dalam beberapa detik. 

Salah satu aplikasi enkripsi PDF online terpopuler adalah alat yang disediakan oleh Adobe.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih file yang ingin Anda lindungi, kirimkan ke server dan masukkan kata sandi dua kali. 

Anda dapat mengunduh PDF yang dihasilkan dengan cara ini ke komputer Anda – untuk membukanya, Anda harus memasukkan kata sandi. 

Apakah Anda ingin mengirim file yang sudah disiapkan melalui email dan bertanya-tanya bagaimana cara mengenkripsi file PDF di email? 

Tidak ada yang lebih sederhana – cukup lampirkan file yang sebelumnya dilindungi kata sandi ke email – untuk membukanya Anda perlu memasukkannya.

Metode enkripsi PDF berbayar

Program berbayar untuk mengenkripsi file PDF termasuk Microsoft Office office suite dan SwifDoo PDF Pro yang disebutkan di atas (alternatif yang bagus untuk Adobe Acrobat).

Jika Anda ingin mengenkripsi dokumen satu kali, tidak perlu membeli alat canggih tersebut. Namun, jika pengeditan lanjutan file dokumen dan PDF serta enkripsinya adalah rutinitas harian Anda, aplikasi ini mungkin terbukti sangat berguna.

Mereka akan memungkinkan Anda melakukan sejumlah aktivitas tambahan terkait pengeditan file PDF – misalnya mengedit file PDF memperkenalkan perlindungan terhadap pengeditannya.

Ini akan memungkinkan Anda untuk membatasi kemungkinan memodifikasi dokumen – penerimanya tidak akan dapat memindahkan objek yang ditempatkan di dalamnya, menambahkan yang baru, mengedit teks atau menambahkan bidang dalam formulir – tetapi mereka masih dapat mengisi formulir yang sudah disiapkan, tandatangani dokumen atau komentari.

Baca Juga  Ketentuan dan Cara Ganti Username di Snapchat

Cara Mengenkripsi file PDF di SwifDoo PDF untuk Memblokir Pengeditan

Berikut ini cara proteksi file PDF lewat SwifDoo PDF untuk memblokir pengeditan: 

  1. Buka file yang diinginkan dengan program SwifDoo PDF, lalu pilih “Proteksi
  2. Enkripsi dengan kata sandi izin dari menu. 
  3. Pada tahap ini, Anda dapat melindungi dokumen Anda dari pengeditan, tetapi juga dari pencetakan, dengan memilih Restrict the ability to edit and print the document atau Batasi kemampuan untuk mengedit dan mencetak dokumen.
  4. Bukan itu saja – dengan menggunakan bidang Printing allowed atau Pencetakan diizinkan dan Allowed changes atau Perubahan yang diizinkan, Anda dapat secara mandiri memilih cakupan perubahan yang dapat dilakukan pengguna pada dokumen Anda atau menentukan resolusi di mana ia dapat mencetaknya.
  5. Dalam kedua kasus tersebut – dengan memilih pengaturan None atau Tidak Ada, Anda menghilangkan hak pengguna untuk mencetak dan mengedit file secara keseluruhan.

Kesimpulan

Mengenkripsi file PDF berarti seseorang yang ingin mengakses konten dokumen harus memasukkan kata sandi yang melindunginya. 

Cara ini merupakan metode yang efektif untuk menghindari data rahasia disadap oleh orang yang tidak berwenang.

Dengan alat enkripsi PDF yang tepat, mengenkripsi file PDF menjadi lebih mudah dari sebelumnya.


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Baca Juga

Leave a Comment