Snapdragon 8 Gen 2 VS Apple A16 Bionic, Lebih Unggul Mana?

Snapdragon 8 Gen 2 VS Apple A16 Bionic, Pilih Mana
Rate this post

LABTekno.com – Snapdragon 8 Gen 2 vs Apple A16 Bionic seringkali disandingkan sebagai ujung tombak kemutakhiran perangkat Android dan iOS. Kedua prosesor flagship tersebut sangat ramai diperbincangkan di jagat sosial media.

Tahun ini, pasar smartphone flagship Android akan dibanjiri perangkat dengan System on Chip (SoC) Snapdragon 8 Gen 2

Banyak yang mengunggulkan prosesor Android ini dalam hal kemampuan game platform, lebih tepatnya pada power dan stabilitasnya. Apakah benar demikian?

Jika berbicara soal kemampuan smartphone flagship yang menggunakan chip Qualcomm tersebut memang jauh lebih unggul dari A16 Bionic milik Apple. Terutama kemampuan game platform, yaitu kekuatan dan stabilitasnya. 

Hasil Pengujian Snapdragon 8 Gen 2 VS Apple A16 Bionic

Saking ramainya di sosial media, banyak reviewer yang sempat menguji smartphone dengan CPU Snapdragon 8 Gen 2 terbaru dari Qualcomm selama Snapdragon Summit 2022. Hasilnya tentu saja luar biasa. 

Mereka mengungguli tidak hanya prosesor Snapdragon 8+ Gen 1 yang beberapa bulan lalu telah diluncurkan. Bahkan dinilai telah mengungguli prosesor Apple A15 dan A16 Bionic, khususnya di sektor GPU.

Menurut hasil pengujian nyata Golden Reviewer, mengamini bahwa chip Qualcomm ini memang lebih unggul jika dibandingkan dengan A16 Bionic dari Apple. 

Sebelumnya, ia juga telah melakukan beberapa pengujian lainnya, yaitu Snapdragon 8 Gen 2 VS Apple A16 Bionic.

Baca Juga  Beda Hosting Dengan Email Hosting, Jangan Sampai Salah Kira

Pengujian dilakukan dengan menggunakan Vivo X90 Pro+, generasi terbaru dari Vivo X80 Pro+.

Hasilnya, sekarang dimungkinkan untuk menilai kinerja Snapdragon 8 Gen 2 dalam skenario dunia nyata dan membandingkannya dengan model Apple iPhone terbaru. Dan hasilnya mendukung hasil sebelumnya.

Head to Head Smartphone Android vs Apple

Ada dua smartphone yang diuji yakni Vivo X90 Pro+ dan iPhone 14 Pro Max. Selain itu, kedua smartphone melakukan benchmark yang sama, Wild Life Extreme Stress Test, tes 20 menit yang paling sulit di 3DMark. 

Coba tebak hasilnya! Ternyata, Chip A16 Bionic dari Apple didapati kurang bertenaga dibandingkan Snapdragon 8 Gen 2. 

Putaran terbaik pada X90 Pro+ menghasilkan 3757 poin, dibandingkan dengan 3354 poin pada iPhone. Lebih buruk lagi, loop terbaik iPhone berada di bawah loop terendah X90 Pro+ (3390 poin).

Stabilitas Snapdragon 8 Gen 2 juga jauh lebih baik. Stabilitas SoC kelas atas Qualcomm mencapai 90,2 persen Sebaliknya, iPhone hanya mencapai 70 persen. Ini menunjukkan bahwa CPU Qualcomm lebih andal selain lebih bertenaga.

Kendati lebih kuat, prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 bukan tanpa kekurangan. Satu hal yang masih kurang dari chip ini adalah suhu. 

Sejak beralih ke arsitektur 64-bit, ini telah menjadi salah satu titik lemah dari banyak chip Snapdragon kelas atas.

Selain kekuatan, SoC Snapdragon 8 Gen 2 juga terbukti lebih hemat daya. Snapdragon 8 Gen 2 memberikan lebih dari sekadar performa luar biasa. Bukan hanya itu, SoC dari Qualcomm ini juga menggunakan lebih hemat energi.

GPU pada chip Qualcomm 60 persen lebih bertenaga dan 88 persen lebih efisien. 

Demikian perbandingan Snapdragon 8 Gen 2 VS Apple A16 Bionic. Berdasarkan hasil pengujian di atas, Snapdragon 8 Gen 2 lebih unggul dibandingkan Apple A16 Bionic. Bisa jadi jika pengujiannya dilakukan dengan tolok ukur dan kondisi berbeda, hasilnya mungkin akan berbeda juga. 

Baca Juga  Pengertian Virtual Private Server, Cara Kerja dan Fungsinya

Sebagai bonus, Golden Reviewer juga menguji Xiaomi 13 Pro yang menggunakan SoC Snapdragon Gen 2. Silakan lihat tabel perbandingan berikut:

Snapdragon 8 Gen 2 VS Apple A16 Bionic
Snapdragon 8 Gen 2 VS Apple A16 Bionic
Snapdragon 8 Gen 2 VS Apple A16 Bionic
Snapdragon 8 Gen 2 VS Apple A16 Bionic

Bagaimana menurut kalian, apakah setuju dengan hal tersebut? Silakan tuliskan pendapat kalian di kolom komentar!


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top