Rumor Samsung Galaxy S Premium, Gunakan Desain Layar Lipat Twisted-Pair

Achmad Fachrur Rozi

Rumor Samsung Galaxy S Premium
5/5 - (1 vote)

LABTekno.com – Rumor Samsung Galaxy S Premium mulai ramai kembali diperbincangkan. Kabarnya, smartphone lipat ganda ini menggunakan teknologi yang sangat futuristik seperti yang pernah didemonstrasikan TCL dan LG pada tahun 2020 lalu.

Samsung Display telah melenturkan semua jenis teknologi yang tampak futuristik. Meskipun masih belum ada kabar tentang kapan mereka akan diluncurkan secara komersial, pembocor Twitter RGCloudS berpendapat bahwa seharusnya peluncurannya tidak lama lagi. 

Samsung Galaxy S Premium: Varian Baru Smartphone Lipat

Rumor Samsung Galaxy S Premium
Render Smartphone Layar Lipat Ganda Samsung

Samsung berencana untuk memangkas penawaran kelas menengahnya dan memasukkan jajaran smartphone terjangkau yang sama sekali baru, yaitu Samsung Galaxy S Premium.

Leaker mengatakan Samsung memiliki empat ponsel lipat baru yang akan diluncurkan setelah 2024. 

Samsung berencana untuk membagi jajaran Galaxy Z Fold dan Z Flip menjadi dua segmen: satu varian standar dan satu varian Ultra. 

Galaxy Z Fold biasa seharusnya menampilkan layar QHD dari BOE, sedangkan Galaxy Z Fold Ultra akan menggunakan layar 4K internal. 

Demikian pula, Galaxy Z Flip akan menggunakan layar BOE FHD dan Galaxy Z Flip Ultra, panel QHD Samsung Display. 

Oleh karena itu, perangkat lipat non-Ultra kemungkinan besar mengacu pada perangkat lipat “Galaxy A” terjangkau yang diisyaratkan sebelumnya.

Hal-hal menjadi menarik dengan dua SKU berikut – Galaxy Z Flex dan Galaxy Z Tab. Yang pertama adalah tablet lipat tiga yang dipamerkan Samsung tahun lalu. 

Sayangnya, belum ada informasi mengenai Galaxy Z Tab. Tidak ada produk yang diharapkan diluncurkan dalam waktu dekat, dan mereka diharapkan mengemas layar dengan kecerahan puncak 2.000 nits. 

Rancangan ini kemungkinan dilakukan oleh mantan Chief Design Officer Mercedes-Benz China Hubert Lee, yang baru-baru ini bergabung dengan divisi MX (mobile experience) Samsung yang baru dibentuk.

Baca Juga  Demo Smartphone Lipat Samsung dengan Engsel 360 Derajat

RGCloudS mengatakan banyak ponsel Galaxy A kelas menengah akan dihentikan dan diganti dengan seri Galaxy K baru, yang akan seperti seri Galaxy J di masa lalu. 

Terakhir, penawaran “Plus” kelas menengah akan dihapus dari seri Galaxy S di beberapa titik. 

Sebagai gantinya, Samsung akan menaikkan taruhan dengan versi “Premium”, yang menghasilkan lineup masa depan yang terdiri dari ponsel Galaxy S dasar, varian Galaxy S Ultra, dan Galaxy S Premium.

Seperti biasa, informasi di atas adalah rumor. Oleh sebab itu, mari kita tunggu saja hingga mencapai titik terang dan banyaknya sumber terkait yang mengkonfirmasinya.

Sayangnya, beberapa rumor tersebut mungkin tidak akan pernah terungkap dalam waktu dekat.

Leaker lain, OreXDA, skeptis karena Samsung belum membuat kesepakatan apa pun dengan BOE. 

Secara realistis, satu-satunya produk yang kemungkinan akan diluncurkan pada tahun 2023 adalah seri Galaxy Z Fold5, Galaxy Z Flip5, dan Galaxy Tab S9.

Smartphone Lipat Twisted-Pair

Samsung Galaxy S Premium
Desain Smartphone lipat ganda Samsung dalam bentuk Z | Sumber: Lets Go Digital

Ponsel lipat Samsung Galaxy S Premium ini kemungkinan akan hadir dengan desain layar lipat yang unik dalam bentuk Z. 

Berbeda dari Galaxy Z Fold dan Flip yang hanya bisa dilipat sekali, perangkat satu ini bisa dilipat dua kali.

Menurut gambar render yang dirilis, Samsung Galaxy S Premium akan ditampilkan dalam kombinasi teknologi in-folding yang melipat layar ke dalam dan teknologi out-folding yang melipat layar ke luar. 

Baca Juga  Google Wallet Sedang Uji Kartu ID Negara Digital di Aplikasi Wallet Android

Saat dilipat dua kali, ini adalah layar panjang vertikal dalam bentuk smartphone pada umumnya, dan saat layar dibuka penuh, sepertinya Anda bisa menggunakan layar panjang horizontal seperti tablet.

Samsung Electronics sebenarnya bukanlah satu-satunya pemain yang pertama memproduksi ponsel lipat berbentuk Z. 

Sebelumnya, TCL, produsen TV dan smartphone China, memperkenalkan prototipe ponsel lipat yang dapat dilipat dua kali dalam bentuk Z. 

Xiaomi juga meluncurkan ponsel lipat yang dapat dilipat dua kali dalam sebuah video. 

Namun ingat, hanya sebatas prototipe yang dirilis dan produk ini belum dirilis produsen manapun. 

Oleh sebab itu, mari kita tunggu saja siapa yang akan berhasil meraih gelar produsen smartphone lipat ganda berbentuk Z pertama di dunia.

Baca Juga

Leave a Comment