Rumor Samsung Galaxy S23 Ultra

Rumor Samsung Galaxy S23 Ultra
Rate this post

LABTekno.com – Rumor Samsung Galaxy S23 Ultra merupakan model tertinggi dari seri Galaxy S23 yang akan diluncurkan pada bulan Februari mendatang.

Menurut rumor yang beredar, Samsung Galaxy S23 Ultra akan menggunakan teknologi baru, kamera night vision, RAM 12GB dan pilihan warna yang beragam.

Kira-kira apa saja bocorannya? Silakan simak ulasan berikut sampai tuntas.

Teknologi Pendingin Baru

Teknologi Sistem Pendingin Galaxy S23 Ultra

Rumor Samsung Galaxy S23 Ultra tentang teknologi pendingin baru menunjukkan skor multi-core yang kurang dari perkiraan untuk perangkat tersebut. 

Perangkat ini ditenagai oleh chipset Snapdragon 8 Gen 2 yang dibuat oleh TSMC berdasarkan proses manufaktur 4nm. 

Perbedaannya termasuk kecepatan clock inti kinerja puncak yang lebih tinggi dari 3,32GHz di ponsel Samsung. 

Nampaknya perangkat ini belum mampu mencapai skor multicore kinerja puncaknya. Padahal Samsung telah mengembangkan teknologi pendinginan baru yang akan meningkatkan pembuangan panas sebesar 1,6x pada S23 standar, 2,6x pada S23 Plus dan 2,3x pada S23 Ultra.

Samsung Galaxy S23 Ultra RAM 12GB

Skor Geekbench Rumor Samsung Galaxy S23 Ultra

Varian spesifikasi teratas Galaxy S23 Ultra telah terlihat di database Geekbench. Pada gambar di atas, menunjukkan bahwa perangkat ini akan memiliki RAM 12GB, menjalankan Android 13 dan ditenagai oleh CPU Snapdragon 8 Gen 2. 

Dalam tes Geekbench untuk kinerja CPU single-core dan multi-core, masing-masing mendapatkan 1.495 dan 4.647 poin. Sedangkan untuk skor multi-core ponsel, kinerjanya lebih buruk daripada smartphone lain (seperti Vivo X90 Pro+ dan iQOO 11 Pro) yang sama-sama menggunakan prosesor Snapdragon 8 Gen 2. 

Samsung menerapkan sistem pendingin yang lebih baik di perangkat Galaxy S23, yang dapat meningkatkan kinerja di bawah tekanan terus menerus. Menurut rumor, Samsung telah memilih untuk menggunakan versi yang lebih cepat dari Snapdragon 8 Gen 2 untuk inti CPU utamanya (Cortex-X3).

Galaxy S23 Ultra akan ditenagai oleh SoC Snapdragon 8 Gen 2 yang di-overclock. Tidak seperti varian komponen biasa, yang diproduksi oleh TSMC, chip yang di-overclock diproduksi oleh Samsung Foundry dan menampilkan inti X-3 berkinerja lebih tinggi yang mampu berjalan pada kecepatan clock 3,32GHz. Jika dibandingkan kecepatan clock 3,20GHz yang dijalankan oleh inti X-3 pada versi chip TSMC.

Smartphone Samsung bertenaga Exynos belum mengungguli atau bahkan setara tenaganya dengan Snapdragon dari segi kinerja secara historis. 

Pada Samsung Galaxy S22 yang ditenagai Snapdragon 8 Gen 1 memiliki masalah kinerja saat berada di bawah beban berkelanjutan karena masalah panas berlebih dan pelambatan. Nah, pada Seri Galaxy S23 seharusnya dapat berfungsi dengan baik karena chipset tersebut telah menunjukkan performa luar biasa pada ponsel yang dibuat oleh produsen non-Samsung.

Kamera Night Vision Baru

Rumor Samsung Galaxy S23 Ultra
Tampilan Depan dan Belakang Samsung Galaxy S23 Ultra

Tipster Ice Universe menunjukkan bahwa fotografi malam Galaxy S23 Ultra akan benar-benar menjadi night vision

Tidak ada yang diketahui apakah ini benar-benar mode baru atau hanya tipuan untuk pemasaran. Samsung sudah memiliki mode fotografi malam yang disempurnakan dengan algoritma, tetapi sekarang masih harus dilihat apakah night vision baru ini benar-benar sesuatu yang baru atau tidak.

Meski belum ada informasi pasti mengenai susunan kamera apa yang akan disertakan, namun menurut rumor Samsung Galaxy S23 Ultra akan memiliki kamera 200MP di bagian belakang. Jauh lebih besar dari generasi Galaxy S sebelumnya, yaitu Samsung Galaxy S22 Ultra tahun lalu.

Selain itu, sepasang kamera 12MP dan sensor 2MP juga disematkan. Pada kamera depannya, terdapat sensor gambar 12MP. Kami masih belum mengetahui pasti dari kamera mana peningkatan fotografi malam pada Galaxy S23.

Lebih lanjut, sistem fotografi perangkat tersebut akan mampu merekam video 8K @30fps. Jika melihat seri Galaxy S22, kemampuan merekam videonya hanya 24fps.

Apabila rumor dari Ice Universe benar, Galaxy S23 Ultra akan membawa fotografi malam ke level baru, maka tujuan produsen ponsel sejak zaman Windows Phone akan tercapai. Yaitu mampu mengambil gambar yang layak di lingkungan dengan cahaya redup.

Opsi RAM & Penyimpanan

Samsung Galaxy S23 & S23+ mungkin memiliki RAM 8GB sebagai basis sedangkan model Ultra akan memiliki RAM dasar 12GB. Menurut rumor yang beredar, Samsung akan menghapus model 128GB dan memiliki penyimpanan 256GB untuk model dasar Galaxy S23, S23+, dan S23 Ultra. Sedangkan pada Samsung Galaxy S23 Ultra akan hadir dalam model penyimpanan 512GB dan 1TB.

Pilihan Warna Beragam

Rumor Samsung Galaxy S23 Ultra
Pilihan Warna Samsung Galaxy S23 Ultra

Samsung Galaxy S23, S23+, dan S23 Ultra kabarnya akan hadir dalam warna Cream, Green, Lavender, dan Phantom Black. Ada kemungkinan Samsung dapat menawarkan perangkat S23 dalam warna lain secara eksklusif melalui situs web e-niaga, seperti yang terjadi pada Galaxy S22.

Demikian beberapa rumor Samsung Galaxy S23 Ultra terbaru yang perlu diketahui. Bagaimana menurut kalian? Tuliskan komentarnya di bawah ini ya!


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top