Rumor iPhone 16 Pro Max Akan Menampilkan Face ID Bawah Layar Tahun Depan

Rumor iPhone 16 Pro Max Akan Menampilkan Face ID Bawah Layar Tahun Depan
Rate this post

LABTekno.com – Rumor iPhone 16 Pro Max baru nantinya akan mengusung desain Face ID di bawah layar. 

Meski iPhone 15 Series belum dirilis, rumor mengenai ponsel Apple ini sudah beredar. 

Rumor iPhone 16 Pro Max

Teknologi Face ID Bawah Layar

Laporan The Elec menjelaskan bahwa Apple akan memindahkan komponen yang diperlukan untuk autentikasi ‌Face ID‌ langsung di bawah layar ‌iPhone‌ pada tahun 2024. 

Saat tidak digunakan, kamera TrueDepth untuk ‌Face ID‌ tidak akan terlihat di bawah layar, yang akan muncul bersebelahan dengan mulus pada area layar di sekitarnya.

Laporan tersebut mengklarifikasi bahwa lubang pada tampilan untuk kamera depan akan tetap ada pada ‌iPhone‌ 16 Pro, tetapi keseluruhan area tampilan dan rasa pencelupan akan ditingkatkan. 

Ditambahkan bahwa guntingan tampilan akan tetap sama dari iPhone 14 Pro hingga iPhone 15 Pro akhir tahun ini karena teknologi di bawah layar belum siap.

Ini juga menguatkan desas-desus bahwa keempat model dalam jajaran ‌iPhone 15‌ akan menawarkan Dynamic Island, memperluas fitur dari ‌iPhone 14 Pro‌ dan ‌iPhone 14 Pro‌ Max ke dua model standar nanti pada tahun ini.

Lebih lanjut di masa mendatang, rumor iPhone 16 Pro Max tersebut menambahkan bahwa setelah Apple menerapkan teknologi ‌Face ID‌ di bawah layar, Apple akan mengadopsi kamera panel bawah (UPC). 

Perubahan desain ini berpotensi menghilangkan semua jenis notch atau punch-hole di layar iPhone.

Ini sejalan dengan peta jalan atau roadmap yang ditetapkan oleh analis tampilan Ross Young pada Mei 2022. 

Dia menguraikan siklus di mana Apple akan berganti-ganti antara model Pro dan non-Pro setiap tahun saat memperkenalkan guntingan tampilan yang direvisi atau teknologi baru di bawah layar:

Berdasarkan tantangan teknis yang tersisa untuk kamera di bawah panel untuk memenuhi persyaratan kualitas merek yang cerdas serta persyaratan biaya produsen panel, saya masih yakin peta jalan ini masuk akal untuk iPhone.

pic.twitter.com/3ck5X3sVcL — Ross Young (@DSCCRoss) 10 Mei 2022

Model Pro akan menjadi yang pertama untuk inovasi tampilan baru semacam ini, seperti yang pertama kali terlihat tahun lalu dengan Pulau Dinamis pada ‌iPhone 14 Pro‌ dan ‌iPhone 14 Pro‌ Max, sedangkan iPhone 14 dan ‌iPhone 14‌ Plus dibiarkan dengan “takik” yang sama sebagai iPhone 13. 

Baca Juga  Demo Smartphone Lipat Samsung dengan Engsel 360 Derajat

Ini juga berarti bahwa setiap konfigurasi guntingan tampilan dan teknologi panel bawah akan bertahan selama maksimal dua generasi pada setiap ‌iPhone‌ sebelum perangkat memiliki total area tampilan yang dapat digunakan sekitar tahun 2027.

Teknologi Kamera Bawah Layar

Sebenarnya, rumor iPhone 16 Pro Max yang membawa teknologi kamera bawah layar bukanlah hal baru. Teknologi ini sudah dirancang satu dekade lalu dan sekarang sudah diterapkan oleh beberapa vendor ponsel. Termasuk ZTE dan Samsung, namun kualitasnya masih belum optimal. 

Dibanding dengan kamera depan biasa yang memiliki kamera TrueDepth, memindahkan kamera Face ID ke bawah layar jelas terasa akan lebih menantang. 

Sebab di dalamnya berfungsi untuk memetakan dan menganalisa wajah pengguna untuk keperluan biometrik.

Apple sendiri saat ini masih menggunakan desain notch tradisional seperti yang terdapat pada iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. Tak ketinggalan juga Dynamic Island milik iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Kabarnya, tahun ini akan segera diluncurkan iPhone 15 series yang semua variannya menggunakan teknologi Dynamic Island. Jadi bukan hanya pada model Pro dan Pro Max saja yang memilikinya.

Jika rumor soal Face ID bawah layar untuk iPhone 16 Pro jadi kenyataan, kemungkinan umur Dynamic Island tidak akan bertahan lama. Fitur Dynamic Island akan segera digantikan dengan Under Display Face ID.

Namun jika melihat pola inovasi Apple pada produknya, kami berspekulasi bahwa paling tidak teknologi kamera bawah layar ini akan digunakan setelah dua generasi iPhone mempertahankan hadirnya Dynamic Island.

Demikian rumor iPhone 16 Pro Max yang perlu diketahui. Meski masih harus menunggu tahun mendatang, namun kabar tersebut sudah ramai diperbincangkan. Kita tunggu saja nantinya apakah benar-benar diterapkan pada tahun depan atau tidak.

Baca Juga  Bocoran Fitur Terbaru iOS 16

Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top