Rumor iPhone 15 Series Punya Dynamic Island, iPhone 16 Pro Debut UD Face ID

Rumor iPhone 15 dan iPhone 16 Pro
Rate this post

LABTekno.com – Rumor iPhone 15 series semakin kencang beredar. Kabarnya semua model iPhone 15 akan mempertahankan Dynamic Island.

Menurut laporan terbaru dari The Elec, Apple kini sedang mempersiapkan tampilan Dynamic Island dari seri iPhone 14 Pro untuk semua model iPhone 15.

Bukan hanya seri Pro saja yang akan menghadirkan Dynamic Island, iPhone 15 non-Pro dan 15 Plus juga akan memiliki fitur tersebut.

Terpantau dari situs rumor yang menyebutkan bahwa Apple telah memesan peralatan ke pemasok komponennya (Phil Optics) termasuk Samsung Display senilai KRW 24,1 miliar atau setara US$19,3 juta.

Pesanan tersebut akan digunakan untuk produksi tampilan Dynamic Island.

Rumor iPhone 15: Semua model akan menghadirkan Dynamic Island

Rumor iPhone 15 Pertahankan Dynamic Island

Samsung Display diperkirakan akan mengontrak lebih banyak perusahaan di masa mendatang untuk membantu mengelola peningkatan permintaan tampilan Dynamic Island dari Apple. 

iPhone 16 Pro: Debut Under Display Face ID

Rumor iPhone 16 Pro: Debut Under Display Face ID
Sketsa Elektroda OTI Lumionics ConductTorrâ„¢

Berbicara tentang teknologi tampilan iPhone, The Elec juga percaya bahwa Apple akhirnya dapat menghadirkan solusi ID Wajah Under Display (UD) untuk seri iPhone 16 Pro. 

Meski sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai detail yang dibagikan, seperti proses eksekusi dari solusi layar penuh Face ID Under Display.

Ada yang menyarankan agar Samsung Display bisa bekerjasama dengan OTI Lumionics. Sebab perusahaan tersebut sedang mengembangkan kamera Under Display generasi baru dengan bahan pola katoda organik eksklusif untuk kejernihan optimal di atas kamera dan sensor. 

Rumor iPhone 15 menyebutkan bahwa mungkin akan menawarkan solusi ID Wajah UD pada seri iPhone 15 Pro. Namun sepertinya masih belum memungkinkan. 

Baca Juga  Oppo Find X6 dan Find X6 Pro Siap Meluncur

Apple telah memulai uji coba produksi iPhone 15 di China. Menurut rumor baru-baru ini, jadi kami kemungkinan akan segera mendapatkan detail lebih lanjut tentang hal tersebut.

Rumor iPhone 15 menjelaskan bahwa Apple akan menerapkan tampilan lubang sebagai dudukan kamera pada keempat seri iPhone 15. Berdasarkan rumor iPhone 15 nantinya akan dirilis pada paruh kedua tahun ini.

Tampilan lubang Dynamic Island kemungkinan akan bertambah, yang tadinya dari 2 tipe iPhone 14 series tahun lalu menjadi 4 tipe iPhone 15 series tahun ini.

Apple menerapkan tampilan lubang pada keempat seri iPhone 15 yang rencananya akan dirilis pada paruh kedua tahun ini. Jumlah model yang diterapkan dengan tampilan lubang akan bertambah dari 2 tipe iPhone 14 series tahun lalu menjadi 4 Under Display Face ID’ diharapkan akan diterapkan dari jajaran teratas seri iPhone 16 tahun depan.

Tampilan lubang mengacu pada teknologi yang mengamankan ruang yang diperlukan untuk modul kamera dan lensa dengan mengebor lubang di bagian atas bagian depan layar. 

Dulu, bagian depan iPhone mengamankan ruang untuk modul kamera dan Face ID (pengenalan wajah) sembari menerapkan desain notch dengan bagian layar yang menjorok ke bawah. 

Jika tampilan aula diterapkan sebagai pengganti desain takik, lebih banyak area dapat digunakan sebagai tampilan, sehingga meningkatkan imersi pengguna.

Tahun lalu, Apple memperkenalkan fitur yang disebut ‘Dynamic Island’ dengan menerapkan tampilan lubang pada model Pro dan Pro Max, jajaran teratas seri iPhone 14. 

Untuk mengamankan ruang bagi modul kamera depan dan teknologi pengenalan wajah pengguna ‘ID Wajah’, dua lubang dibor, dan perangkat lunak digunakan untuk membuat semacam ‘pulau’ di sekitar modul ini untuk mengimplementasikan berbagai fungsi.

Baca Juga  Honor X40i Segera Diluncurkan, Ini Spesifikasi dan Harganya!

Dalam seri iPhone 15 ini, jika tampilan lubang diterapkan pada model reguler dan plus, yang merupakan jajaran lebih rendah, keempat seri diharapkan dapat mewujudkan Dynamic Island.

Pada tanggal 9, Samsung Display memesan peralatan senilai 24,1 miliar won dari Phil Optics. Isi kontrak diasumsikan sebagai peralatan etsa laser untuk realisasi tampilan aula. Peralatan ini dijadwalkan akan dikirim ke pabrik Samsung Display di Vietnam. Masa kontrak sampai 6 Oktober.

Di masa mendatang, beberapa mitra diharapkan menandatangani kontrak dengan Samsung Display untuk memasok peralatan terkait. Pada bulan September tahun lalu, Samsung Display menandatangani kontrak pasokan peralatan dengan Phil Optics, AP System, dan HB Solution karena volume organic light emitting diode (OLED) iPhone 14 Pro Max, yang menggunakan hall display, melebihi ekspektasi. 

AP System memproduksi peralatan aplikasi OCR (Optical Clear Resin), dan HB Solution memproduksi ‘ELB’ (Edge Light Blocking) untuk mencegah kebocoran cahaya di sekitar lensa kamera.

Apple diperkirakan akan membuat perubahan besar pada jajaran OLED yang lebih rendah di seri iPhone 15 tahun ini, dan untuk menerapkan fungsi ‘ID Wajah Di Bawah Panel’ yang menyembunyikan ID Wajah di bawah layar dari jajaran Pro tahun depan di seri iPhone 16. 

ID Wajah Underpanel mengacu pada teknologi di mana ID Wajah, yang diperlukan untuk pengenalan pengguna, terlihat seperti tampilan normal saat fungsi ini tidak digunakan.

Dalam hal ini, pada jajaran iPhone 16 Pro, saat layar tampilan dihidupkan, lubang untuk ID Wajah bagian bawah tidak terlihat, dan hanya lubang lensa untuk kamera depan yang terlihat, sehingga meningkatkan rasa pencelupan. 

Awal tahun lalu, beberapa industri berspekulasi bahwa Apple dapat menerapkan ID Wajah Underpanel dimulai dengan jajaran iPhone 15 seri Pro tahun ini, tetapi saat ini tampaknya sulit.

Baca Juga  Spesifikasi OnePlus Nord CE 3 Bocor, Punya Kamera 108MP

Apple diharapkan mengadopsi kamera underpanel (UPC) secara berurutan setelah menerapkan ID Wajah underpanel ke bagian depan iPhone. 

UPC juga memiliki modul kamera depan yang dipasang di bawah layar, dan saat fungsi kamera tidak digunakan, lubang lensa kamera tidak terlihat dan fungsi tampilan didukung. Prinsip penerapan face ID dan UPC underpanel adalah sama.


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top