Rumor iPhone 14 yang Wajib Diketahui

Rumor iPhone 14 yang Wajib Diketahui

5/5 - (3 votes)

LABtekno.com – Rumor iPhone 14 sudah muncul sejak beberapa bulan lalu. Kabarnya smartphone ini akan dirilis pada tanggal 6 September mendatang. IPhone 14 sudah diproduksi secara bersamaan di dua negara yang berbeda, yaitu Tiongkok dan India.

Terdapat beberapa perubahan kecil jika dibandingkan dengan iPhone 13.

Misalnya pada fitur sensor ID wajah hanya akan tersedia pada model iPhone 14 Pro 2022 dengan beberapa kombinasi potongan lubang-lubang melingkar untuk kamera yang dipasangkan dengan potongan berbentuk pil untuk menampung komponen pemindai ID wajah utama.

Hal ini tentu akan menjadi sasaran kekecewaan para fans Apple. Kemungkinan mereka tidak mengharapkan perubahan desain demikian. Apalagi dengan adanya bentuk kamera yang lebih menonjol pada iPhone 14 dan iPhone 14 Pro  menjadikan smartphone ini lebih tebal. 

Berita segarnya, mungkin akan mengobati kekecewaan fans, sebab IPhone baru nantinya akan memiliki peningkatan kamera. 

Terutama pada kamera Ultra Wide dan lensa zoom “periskop” yang memungkinkan zoom optik jauh lebih besar. Pada model iPhone Pro mendapatkan kamera 48 MP dan kemampuan merekam video 8K.

Berikut ini beberapa rumor iPhone 14 yang wajib diketahui

Tidak Ada iPhone 14 Mini

Ada beberapa pembaruan penting yang sedang dikerjakan Apple. Salah satu hal yang paling mencolok yaitu berubahnya ukuran iPhone pada tahun 2022. Apple menghilangkan  iPhone mini 5,4 inci karena ternyata tidak populer di kalangan pelanggan. 

Beberapa waktu belakangan, penjualan iPhone mini lesu, sehingga Apple berencana untuk fokus pada ukuran iPhone yang lebih besar untuk perangkat andalannya ke depan. 

Baca Juga  ASUS ROG Phone 6D Akan Ditenagai SoC Dimensity 9000 Plus

Kemungkinan, Apple akan meluncurkan iPhone 14 6,1 inci, iPhone 14 Pro 6,1 inci, iPhone 6,7 inci 14 Max, dan iPhone 14 Pro Max 6,7 inci. 

Chip A16

Apple menawarkan dua opsi chipset yaitu chip A15 seperti yang digunakan pada seri iPhone 13 dan chip A16 akan ditawarkan pada model iPhone 14 Pro saja. 

Ini merupakan kali pertama model iPhone Pro mendapatkan chip yang lebih cepat. Apple sepertinya ingin mengurangi biaya dan terkendala masalah pasokan yang sedang berlangsung.

ProMotion 120hz 

Apple kemungkinan akan membatasi teknologi ProMotion ke model iPhone 14 Pro. Tampilan ProMotion dengan kecepatan refresh hingga 120Hz tentu menjadi kabar baik selanjutnya bagi para fans Apple.

Terutama bagi para gamer yang membutuhkan tampilan grafis yang lebih baik untuk meningkatkan pengalaman bermain dalam sebuat game, seperti PUBGM, Genshin Impact dan lain sebagainya.

Teknologi layar selalu aktif juga diharapkan akan diperkenalkan sebagai eksklusif iPhone 14 Pro dan Pro Max. 

Cooling System

Mulai tahun 2022, model iPhone kelas atas kemungkinan akan mengadopsi sistem termal ruang uap. Apple dikabarkan sedang mengujinya secara agresif. 

Sistem termal VC tersebut jelas sangat diperlukan untuk iPhone kelas atas karena daya komputasinya yang lebih kuat dan kecepatan koneksi 5G yang lebih cepat. 

Sistem ini sudah digunakan oleh perusahaan smartphone lain seperti Samsung, Razer, dan LG yang menggunakan teknologi pendingin ruang uap, dinilai dapat menjaga perangkat tetap dingin saat sedang menjalankan aktivitas berat.

Teknologi Kamera iPhone 14

Semua iPhone 2022 dapat melihat peningkatan pada kamera Ultra Wide, dan model iPhone 14 Pro akan melihat peningkatan signifikan pada kamera sudut lebar dan pembaruan pada lensa telefoto. 

Baca Juga  Rumor; Google Pixel 7 Akan Gunakan Chipset Tensor Generasi Kedua

Model iPhone 2022 Pro akan menampilkan kamera Wide 48 megapiksel, yang akan menjadi peningkatan besar dibandingkan kamera 12 megapiksel saat ini, dan kemampuan merekam video 8K.

Kamera 48 MP pada model iPhone 14 Pro juga akan dapat mengambil bidikan 12 MP, kemungkinan melalui proses yang dikenal sebagai pixel-binning.

Pixel binning merupakan istilah untuk menggabungkan data dari beberapa piksel yang lebih kecil pada sensor gambar kamera menjadi satu “piksel super” agar mampu meningkatkan sensitivitas cahaya rendah.

Dengan fitur ini, model iPhone 14 Pro mungkin dapat mengambil foto 48 MP penuh dalam situasi dengan pencahayaan yang baik. Namun ketika pencahayaannya buruk, maka akan menggunakan proses pixel binning untuk foto 12 MP berkualitas lebih tinggi yang memanfaatkannya dari lensa 48 megapiksel.

Fitur perekaman video 8K juga akan memungkinkan video yang direkam iPhone dapat ditampilkan untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Namun perlu diingatkan kembali bahwa fitur perekaman video 8K dan lensa Wide 48 MP hanya terbatas pada model Pro. 

RAM 6GB

Pada segi RAM, model iPhone 14 dan iPhone 14 Pro akan menggunakan RAM berkapasitas  6GB. Masih sama seperti yang tersedia di model iPhone 13 Pro. 

Wi-Fi 6E

IPhone 14 akan memiliki fitur konektivitas WiFi 6E, yang mampu menawarkan transmisi nirkabel berkecepatan tinggi yang diperlukan untuk pengalaman AR dan VR. 

WiFi 6E memanfaatkan pita 6GHz selain pita 2,4GHz dan 5GHz untuk meningkatkan bandwidth dan mengurangi interferensi, sekaligus menawarkan peningkatan kinerja dan latensi rendah yang disediakan oleh spesifikasi WiFi 6.

Tidak Ada Slot SIM Fisik

Rumor iPhone 14 dikabarkan akan diluncurkan tanpa slot SIM fisik dengan transisi ke desain khusus e-SIM. Fungsi e-SIM memang tidak tersedia di semua negara, sehingga iPhone di beberapa wilayah akan tetap menawarkan slot nano-SIM. Konsumen masih dapat memilih versi dengan slot SIM. 

Baca Juga  Oppo Reno 8Z 5G Segera Diluncurkan dengan SoC Snapdragon 695

Harga iPhone 14

IPhone 14 diperkirakan akan dibanderol mulai dari $799, yang merupakan harga awal untuk iPhone 13. Apple tidak memiliki rencana untuk menaikkan harga smartphone entry-level dalam upaya mendongkrak penjualan dan meningkatkan permintaan.

Demikian beberapa rumor iPhone 14 yang perlu Anda ketahui. Bagaimana menurut Anda? Apakah perlu mengupgrade perangkat lama Anda ke iPhone 14 nantinya?

Leave a Comment

Your email address will not be published.

twelve + 3 =

Scroll to Top