Rumor ASUS Zenfone 10 Pakai Snapdragon 8 Gen 2

Achmad Fachrur Rozi

Rumor ASUS Zenfone 10
5/5 - (1 vote)

LABTekno.com – Rumor ASUS Zenfone 10 sudah mulai beredar. Setelah sebelumnya smartphone kompak dari ASUS yaitu Zenfone 9 mendapat perhatian lebih di pasar global. Berkat keberaniannya yang mengusung layar AMOLED FHD+ berukuran 5,9 inci saja.

Meski ukurannya mungil, pendahulunya tersebut dibekali dengan prosesor yang kencang. Hadirkan SoC Snapdragon 8+ Gen 1, RAM 16GB dan penyimpanan internal 256GB, jelas performanya tidak main-main.

Kini sebuah laporan baru telah menyebutkan spesifikasi rumor ASUS Zenfone 10 mendatang. Sayangnya, desain mungilnya tidak dipertahankan di Zenfone 10. Modelnya tidak sekompak itu.

Rumor ASUS Zenfone 10
Ilustrasi ASUS Zenfone 10 | Sumber: ASUS

Menurut laporan PriceBaba, rumor ASUS Zenfone 10 yang hadir dengan nomor model AI2302, akan menjadi ponsel andalan yang menawarkan layar AMOLED 6,3 inci dengan kecepatan refresh 120Hz. 

Dilihat dari segi layar, sebenarnya masih sama dengan Zenfone 9.

Dibekali Prosesor Snapdragon 8 Gen 2

Perbedaan yang paling mencolok, terletak pada chipsetnya. Untuk prosesornya nanti, akan ditenagai oleh platform seluler Snapdragon 8 Gen 2.

Pada ASUS Zenfone 9, menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1. CPU yang terdiri dari 8 core dengan core utama 3.19GHz dan GPU Adreno 730.

Sementara pada ASUS Zenfone 10 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2. CPU Kryo pada chipset ini memberikan kinerja 35% lebih cepat dan efisiensi daya 40% lebih baik.

Berkat micro-arsitektur barunya, mampu mengubah satu core efisiensi menjadi core performa tambahan untuk mencapai performa multi-threaded puncak, dengan kecepatan hingga 3,36 GHz.

Pada sektor RAM dan penyimpanan internal, sepertinya akan sama seperti pendahulunya. Zenfone 10 diperkirakan hadir dengan RAM 16GB dan pilihan penyimpanan internal 256GB atau 512GB dengan teknologi UFS 3.1.

Baca Juga  Rumor iPhone 15 Series Punya Dynamic Island, iPhone 16 Pro Debut UD Face ID

Dari segi pasokan daya, perangkat ini akan ditenagai oleh baterai 5.000 mAh, yang mungkin mendukung pengisian cepat pada 67W. 

Dilengkapi Sistem Pendingin Cair

sistem pendingin cair pada ASUS Zenfone 10
Sistem Pendingin Cair agar CPU tetap dingin

Menariknya lagi, karena prosesornya kencang, kemungkinan perangkat ini akan memiliki sistem pendingin cair untuk pembuangan panas agar lebih efisien.

Proses pendinginan ini bekerja dengan kondensasi. Ketika prosesor memanas, cairan ini menguap, menjaga CPU tetap dingin. 

Uap ini kemudian menuju ke ujung lain pipa di mana ia berkondensasi lagi menjadi cairan ketika didinginkan.

Kamera Utama 200 MP

Oya, pada sektor fotografi, Zenfone 10 akan menampilkan kamera utama 200 megapiksel berkemampuan OIS yang mengesankan. 

Ponsel ini juga akan memiliki bodi tahan debu dan tahan air dengan peringkat IP68, seperti pendahulunya. Artinya smartphone ini bisa masuk ke dalam air maksimal kedalaman 1,5 m selama 30 menit.

Rumor ASUS Zenfone 10 akan Rilis pada Kuartal Keempat 2023

Rumor ASUS Zenfone 10 akan berjalan di OS Android 13 terbaru. Menurut laporan tersebut, peluncuran Zenfone diperkirakan akan terjadi pada kuartal keempat tahun 2023.

Perlu juga kami ingatkan bahwa ini masih sebatas rumor, belum ada sumber resmi yang mengungkapkan detail spesifikasinya. Namun, jika rumor ini akurat, kita mungkin akan melihat bahwa Zenfone 10 akan keluar dari kategori kompak. 

Meski daya tarik Zenfone 9 benar-benar luar biasa, namun perusahaan ingin memperluas daya tariknya pada konsumen lebih luas. 

Seperti yang kita ketahui bahwa segmentasi peminat smartphone compact atau mungil memang tidak terlalu besar dan tidak sepopuler smartphone dengan layar yang lebih besar.

Nah, dengan hadirnya Zenfone 6,3 inci ini, diharapkan bisa menarik lebih banyak pembeli.

Baca Juga

Leave a Comment