Refurbished Adalah: Pengertian dan Perbedaannya dengan Rekondisi

Achmad Fachrur Rozi

Refurbished Adalah Pengertian dan Perbedaannya dengan Rekondisi
5/5 - (1 vote)

LABTekno.com – Refurbished adalah istilah yang digunakan suatu produk yang telah dipakai oleh konsumen sebelumnya, lalu kemudian dibongkar dan dimodifikasi agar dapat dijual kembali. Jadi, singkatnya produk refurbished ini bukan merupakan produk baru.

Saat ini kepopuleran barang refurbished semakin tinggi, karena harganya yang lebih murah. Apalagi jika produk elektronik tersebut dikeluarkan oleh merk ternama seperti Apple, tentu akan semakin banyak peminatnya.

Harga gadget baru yang mahal, menjadi salah satu alasan, mengapa pengguna lebih memilih membeli gadget refurbished yang lebih terjangkau.

Namun perlu diingatkan kembali bahwa produk refurbish berbeda dengan produk baru, meskipun tampilannya tampak seperti produk baru yang telah melewati proses perbaikan. Tetap saja, ini adalah produk bekas pakai yang diperbaiki dan dijual kembali.

Pada kesempatan kali ini, akan dibahas lebih jauh mengenai barang refurbished adalah, pengertian dan perbedaannya dengan rekondisi. Serta beberapa tips memilih barang refurbished.

Refurbished adalah?

Refurbished adalah istilah yang mengacu pada produk elektronik yang telah ditarik kembali oleh pabrik karena tidak memenuhi standar kualitas. 

Selanjutnya barang-barang ini, nantinya barang-barang ini kemudian dimodifikasi dan dijual kembali dengan harga lebih terjangkau.

Produk ini juga dilengkapi dengan garansi, tetapi lebih pendek dari pada produk baru.

Secara tampilan fisiknya, barang refurbish ini memang sulit dibedakan dengan barang baru. Biasanya perbedaan yang mungkin terlihat hanyalah goresan atau warnanya yang agak sedikit pudar.

Di Indonesia sendiri, salah satu produk refurbished yang paling laku dijual adalah smartphone, terutama merk Apple.

Baca Juga  Cara Cek Voucher XL Sudah Terpakai atau Belum

Harga barunya yang terbilang sangat mahal bagi sebagian besar orang, membuat barang refurbished semakin banyak diminati untuk menaikkan gengsi.

Perbedaan Antara Barang Refurbish dan Rekondisi

Salah satu perbedaan utama barang rekondisi dan refurbished adalah pengganti perbaikan komponen dan pihak yang membenahinya.

Bagi kalian yang belum mengetahui perbedaan barang refurbished dan rekondisi, silakan simak beberapa hal berikut ini:

Barang Refurbish

  • Perbedaan utama dari barang refurbished adalah barang ini telah dibenahi dan dimodifikasi secara langsung oleh pabrik atau pemegang brand resmi (pihak internal).
  • Pihak brand masih memberikan garansi dengan jangka waktu minimal satu tahun sejak diberlakukannya refurbished.
  • Perbaikan produknya juga menggunakan komponen resmi yang berasal dari pabrik, sehingga tidak sembarangan.
  • Harganya lebih terjangkau dari barang baru, namun tetap lebih mahal jika dibandingkan dengan barang rekondisi.

Barang Rekondisi

  • Barang rekondisi biasanya telah dibenahi oleh pihak eksternal (mekanik HP atau barang elektronik di sebuah konter), bukan resmi.
  • Memang masih ada garansi, namun jauh lebih singkat dibandingkan barang refurbished.
  • Penggunaan komponen untuk memperbaiki barang tersebut biasanya jarang yang memakai komponen resmi untuk merakit ulang, sehingga kualitasnya seringkali kurang bagus.
  • Harganya lebih terjangkau dari barang baru dan barang refurbish, sebab perakitannya cenderung menggunakan komponen bekas atau bahkan KW yang kurang berkualitas.

Tips Memilih Produk Refurbish

Jika kalian terpaksa membeli barang refurbished karana budget yang dimiliki tidak cukup untuk membeli produk baru, berikut ini beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum membeli produk refurbished, antara lain:

Cari informasi secara detail mengenai produknya

Tips pertama untuk memilih produk refurbished adalah mencari informasi sedetail mungkin tentang barang refurbished yang akan dibeli, termasuk spesifikasi, fitur, dan kondisinya. 

Baca Juga  5 Cara Menggabungkan File PDF di Android

Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan pembelian, terutama jika kalian belum pernah membeli barang refurbished.

Beli di toko yang terpercaya

Jika kalian malas mencari detail informasi mengenai produk refurbish yang diinginkan, maka tips memilih barang refurbish selanjutnya yaitu memilih toko refurbished yang memiliki reputasi baik dan menawarkan garansi resmi. 

Hal ini berkaitan dengan proses klaim garansi dan untuk memastikan bahwa kalian mendapatkan produk yang berkualitas dan terlindungi jika terjadi kerusakan.

Cek aksesoris yang disertakan

Beberapa produk refurbish biasanya masih menyertakan aksesoris dalam paket penjualannya dengan kualitas yang baik dan asli. Sama seperti barang baru. Oleh sebab itu, perlu kalian pastikan aksesoris yang disertakan lengkap dan berfungsi dengan baik.

Demikian beberapa informasi mengenai refurbished adalah, mulai dari pengertian, perbedaannya dengan rekondisi dan tips memilih barang refurbish. Pastikan kalian telah memahami barang yang akan dibeli, sehingga tidak tertipu atau salah membeli barang.


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Baca Juga

Leave a Comment