Perbedaan Layar AMOLED vs Super AMOLED

Achmad Fachrur Rozi

Perbedaan Layar AMOLED vs Super AMOLED
Rate this post

LABTekno.com – Layar AMOLED vs Super AMOLED, mana yang lebih baik? Kedua jenis layar premium ini biasanya memang digunakan untuk HP menengah ke atas. 

Ketika hendak memilih sebuah smartphone, bagian layar biasanya menjadi salah satu faktor utama yang harus dipertimbangkan jika ingin mendapatkan pengalaman terbaik. Entah itu untuk berselancar di sosial media, menonton film, hingga bermain game. 

Kalian mungkin bertanya-tanya mana yang lebih baik antara keduanya. Tenang saja, pada artikel kali ini kami akan membahas khusus mengenai perbedaan layar AMOLED vs Super AMOLED.

Apa itu Layar AMOLED dan Super AMOLED?

Sebelum membahas layar AMOLED vs Super AMOLED, perlu diketahui terlebih dahulu, apa maksud keduanya.

Bagi yang belum tahu, AMOLED merupakan singkatan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode

Hasil pengembangan dari layar OLED inilah yang disebut AMOLED. Layar yang terdiri dari satu set lapisan film tipis senyawa organik penghasil daya elektroluminesen dan matriks modulasi piksel.

Layar AMOLED mengonsumsi lebih sedikit daya dibandingkan layar LCD biasa. Sekaligus juga mampu memberikan kualitas gambar yang lebih jelas, dan menghasilkan respons gerakan yang lebih cepat dibandingkan dengan teknologi layar lainnya.

Nah, sedangkan layar Super AMOLED tingkat lebih lanjutnya lagi dari layar AMOLED.

Layar AMOLED vs Super AMOLED

Seperti yang telah dijelaskan di atas, layar AMOLED adalah layar OLED menggunakan kabel matriks aktif yang terdiri dari dioda pemancar cahaya individual. 

Dioda tersebut membutuhkan sumber daya untuk bekerja. Sedangkan kabel matriks aktif digunakan untuk memberi daya pada layar.

Baca Juga  Fitur Ray Tracing pada Smartphone: Pengertian, Cara Kerja dan Daftarnya

Secara tampilan, layar Super AMOLED menggunakan versi layar AMOLED yang lebih canggih dan sanggup mengintegrasikan sensor sentuh serta layar dalam satu lapisan.

Jika dibandingkan dengan layar LCD IPS normal, layar AMOLED mengkonsumsi lebih sedikit daya dan memberikan gambar terbaik.

Layar Super AMOLED juga mengkonsumsi daya 20% lebih sedikit lebih baik daripada layar AMOLED. Serta mampu menghasilkan tampilan 20% lebih terang. 

Tidak hanya itu, layar jenis ini juga mampu mengurangi pantulan sinar matahari hingga 80%.

Sayangnya, di lain sisi, biaya produksi layar Super AMOLED memerlukan biaya yang lebih besar. Oleh sebab itu, jangan heran jika teknologi layar Super AMOLED selalu hadir di smartphone premium.

Demikian tadi perbedaan layar AMOLED vs Super AMOLED secara singkat. Meski layar Super AMOLED memiliki kualitas yang lebih baik daripada AMOLED, namun biasanya harga smartphone yang menggunakan layar jenis ini juga lebih mahal.

Jika kebutuhan Anda tidak terlalu bergantung pada kualitas layar, maka layar AMOLED saja sudah lebih dari cukup untuk mendukung aktivitas sehari-hari.


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Baca Juga

Leave a Comment