Layar OLED Apple Bakal Digunakan MacBook Air dan iPad Pro 2024

Layar OLED Apple Bakal Digunakan MacBook Air dan iPad Pro 2024
4.8/5 - (12 votes)

LABTekno.com – Ada rumor baru yang menyebutkan bahwa layar OLED Apple bakal di Tahun 2024 nanti. Setelah sebelumnya langganan menggunakan layar Liquid Retina dengan lampu latar LED dan teknologi IPS. 

Nampaknya perubahan seperti ini memang sudah lama ditunggu oleh para penggemarnya untuk disematkan pada produk Mac dan iPad.

Jika sebelumnya layar Super Retina hanya digunakan pada iPhone seperti di iPhone X, iPhone XS, dan iPhone XS Max. 

Kemudian layar Super Retina XDR digunakan pada iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.

Layar tersebut dirancang oleh Apple untuk memenuhi standar yang luar biasa tinggi. Apple mengklaim bahwa layarnya ini adalah layar OLED terbaik yang pernah disertakan dalam smartphone serta menawarkan akurasi warna yang luar biasa. 

Layar Super Retina dan Super Retina XDR memiliki kontras luar biasa, kecerahan tinggi, dan gamut warna lebar berstandar bioskop. Serta manajemen warna sistem terbaik, warnanya telah dikalibrasi secara presisi untuk menghasilkan pengalaman menonton yang optimal.

Ross Young: Layar OLED Apple Digunakan di Tahun 2024

Layar OLED Apple ini kemungkinan akan digunakan pada beberapa produk terbarunya, seperti MacBook Air 13 inci, iPad Pro 11 inci, dan iPad Pro 12,9 inci dengan layar OLED Apple pada tahun 2024.

Baca Juga  Realme V30 Muncul di Daftar TENAA dan 3C, Gunakan Prosesor MediaTek Dimensity 700

Ross Young, co-founder dan CEO Display Supply Chain Consultants sekaligus leaker kenamaan satu ini memiliki tingkat akurasi yang tinggi dalam hal rumor teknologi. Track recordnya dalam membagikan informasi yang akurat terhadap produk Apple dari dulu hingga sekarang memiliki tingkat keakuratan 92,9%. 

Ia menyebutkan bahwa Apple akan merilis tiga perangkat yang akan memiliki layar OLED dengan dua tumpukan, dua lapisan emisi merah, hijau dan biru. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kecerahan dan konsumsi daya yang lebih rendah.

Lebih lanjut, Young juga sebelumnya mengatakan bahwa ketiga perangkat tersebut akan mendukung ProMotion dengan kecepatan refresh hingga 120Hz.

Kredibilitas Young di masa lalu memang sudah diakui, ia secara akurat mengungkapkan bahwa perangkat seperti iPhone 13 Pro dan MacBook Pro akan menampilkan ProMotion, iPad mini generasi keenam akan dilengkapi dengan layar 8,3 inci dan MacBook Air terbaru akan memiliki layar 13,6 inci yang sedikit lebih besar. Sebenarnya masih banyak lagi bocoran lain dari Ross Young yang memberinya rekam jejak yang sukses dengan rumor produk Apple.

Perlu diketahui, model iPad Pro 2017 dan yang lebih baru juga sudah menampilkan ProMotion dengan kecepatan refresh 24Hz hingga 120Hz. Namun bagi MacBook Air, ProMotion ini sepenuhnya adalah hal baru.

Apple menambahkan ProMotion ke MacBook Pro 14 inci dan 16 inci pada tahun 2021, refresh rate yang dimiliki juga sama yaitu dengan rentang 24Hz hingga 120Hz.

Beralih dari Mini LED ke Layar OLED

Layar OLED Apple Bakal Digunakan MacBook Air
Layar LCD dengan lampu latar mini-LED pada MacBook Air | Sumber: Apple

Layar OLED Apple biasanya menggunakan Layar Liquid Retina LCD dengan lampu latar mini-LED. Sampai saat ini, belum ada produk Apple, entah itu Mac atau iPad dengan tampilan OLED. Layar OLED Apple sekarang hanya digunakan pada seri iPhone X hingga seri yang paling baru.

Baca Juga  Rumor POCO C55 Pakai Prosesor MediaTek Helio G85

Model MacBook Air dan iPad Pro terbaru dari Apple dilengkapi dengan LCD. Pada iPad Pro 12,9 inci misalnya yang menampilkan lampu latar mini-LED untuk meningkatkan kecerahan dan rasio kontras 1.000.000:1 yang telah ditingkatkan.

Berbeda dari LCD dengan mini-LED, layar OLED memiliki piksel yang bisa memancarkan sendiri dan tidak memerlukan lampu latar yang akan memberi perangkat rasio kontras dan masa penggunaan baterai yang lebih baik.

Layar OLED Apple Minim Resiko Burn-in

Cuplikan layar 20221214 102833

Layar Super Retina dan Super Retina XDR dari Apple menggunakan teknologi Organic Light-Emitting Diode (OLED). 

Perlu diketahui bahwa Super Retina dan Super Retina XDR memiliki peningkatan lebih lanjut dibandingkan tampilan OLED konvensional. Hal ini bertujuan agar mampu menghadirkan pengalaman menonton yang luar biasa sesuai dengan standar iPhone.

Teknologi OLED menghasilkan rasio kontras yang sangat tinggi dan resolusi yang tinggi. Tanpa lampu latar, OLED sudah memancarkan cahaya melalui setiap pikselnya, sehingga mewujudkan layar yang lebih tipis. 

Layar Super Retina dan Super Retina XDR mengatasi tantangan yang dihadapi layar OLED konvensional dengan kecerahan tinggi, dukungan warna yang luas, dan akurasi warna yang luar biasa.

Jika melihat layar OLED di luar sudut tampilannya, kalian mungkin melihat sedikit perbedaan warna dan rona. Pada tingkat kecerahan layar yang dikurangi dengan latar belakang hitam, kalian mungkin melihat sedikit keburaman atau perubahan warna saat menggulir. 

Ini merupakan ciri khas OLED dan hal tersebut memang normal. Seiring dengan penggunaan lama dalam jangka panjang, layar OLED juga dapat menunjukkan sedikit perubahan visual. 

Kondisi ini juga wajar dan dapat mencakup “persistensi gambar” atau “burn-in”, yaitu ketika layar masih menunjukkan sisa gambar yang samar meskipun ada gambar baru yang muncul di layar. 

Baca Juga  Xiaomi Mix Fold 2 Saingan Galaxy Z Fold 4

Hal ini dapat terjadi dalam kasus yang lebih ekstrim seperti ketika gambar dengan kontras tinggi yang sama ditampilkan terus-menerus dalam waktu yang lama.

Layar Super Retina dan Super Retina XDR sudah dirancang sebagai yang terbaik di industri ini sehingga mampu mengurangi efek “burn-in” pada OLED. Hal ini mencakup algoritma khusus yang memantau penggunaan piksel individual untuk menghasilkan data kalibrasi layar. 

Nah, layar iPhone sejak seri X hingga sekarang sudah menggunakannya. Kini giliran MacBook dan iPad yang menggunakan data tersebut untuk secara otomatis menyesuaikan tingkat kecerahan setiap piksel sesuai kebutuhan guna mengurangi efek visual “burn-in” dan mempertahankan konsistensi pengalaman menonton.

Bagaimana menurut kalian mengenai layar OLED yang akan digunakan oleh Apple ini? Tunggu saja, apakah nantinya MacBook dan iPad akan benar-benar mengadopsinya?


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top