3 Cara Menghapus Google Smart Lock Instagram

Achmad Fachrur Rozi

Cara Menghapus Google Smart Lock Instagram
Rate this post

LABTekno.com – Google Smart Lock Instagram merupakan layanan kredensial login baru yang bisa digunakan oleh pengguna. Namun beberapa dari kalian mungkin akan kebingungan saat ingin menghapusnya.

Pengertian Google Smart Lock Instagram

Google Smart Lock merupakan fitur keamanan yang disediakan oleh Google untuk membantu pengguna menyimpan kata sandi dan informasi login mereka di berbagai perangkat dan aplikasi. 

Dengan menggunakan Google Smart Lock, pengguna dapat dengan mudah masuk ke akun mereka tanpa harus mengingat kata sandi mereka.

Instagram adalah salah satu aplikasi media sosial yang mendukung Google Smart Lock. Artinya, pengguna Instagram dapat menggunakan fitur Google Smart Lock untuk menyimpan informasi login mereka agar dapat dengan mudah masuk ke akun Instagram mereka di perangkat lain.

Cara Menggunakan Google Smart Lock Instagram

Untuk menggunakan Google Smart Lock Instagram, pengguna perlu mengaktifkan fitur Google Smart Lock di perangkat mereka terlebih dahulu. 

Setelah itu, ketika pengguna masuk ke akun Instagram mereka dan memasukkan kata sandi mereka, Google Smart Lock akan menanyakan apakah pengguna ingin menyimpan kata sandi tersebut untuk masuk selanjutnya. 

Jika pengguna setuju, Google Smart Lock akan menyimpan kata sandi tersebut dan secara otomatis memasukkannya saat pengguna mencoba masuk ke akun Instagram di perangkat lain.

Namun, pengguna harus berhati-hati saat menggunakan fitur Google Smart Lock. Jangan gunakan fitur ini di perangkat yang digunakan oleh orang lain, karena orang lain dapat masuk ke akun Instagram Anda tanpa harus memasukkan kata sandi. 

Baca Juga  Cara Membuat Jedag Jedug di CapCut

Selain itu, pastikan perangkat Anda aman dengan penguncian layar atau kata sandi agar tidak ada orang yang dapat mengakses perangkat Anda tanpa izin.

Cara Menghapus Google Smart Lock IG

Saat ini, Anda mungkin sedang kebingungan soal bagaimana cara menghapus Google Smart Lock IG. 

Layanan yang sangat membantu pengguna yang pelupa ini, bisa digunakan pada berbagai platform, termasuk instagram. 

Cara kerja Google Smart Lock sebenarnya menyinkronkan kata sandi yang tersimpan di ponsel dengan laptop. Oleh sebab itu, pengguna bisa masuk ke dalam aplikasi di perangkat baru selama masih menyimpan akun dan password Google miliknya.

Sayangnya, hadirnya Google Smart Lock kerap kali mengganggu, contohnya beberapa pengguna tidak bisa masuk ke akun lain yang tidak disimpan oleh Smart Lock.

Berikut ini cara menghapus Google Smart Lock IG yang bisa dilakukan:

Tidak Simpan Password untuk Instagram

Cara menghapus Google Smart Lock IG yang pertama, tentu saja dengan tidak menyimpan password dan kata sandi di perangkat tersebut. 

Meski sudah pernah masuk ke akun Instagram, biasanya pada perangkat baru akan ada pemberitahuan, apakah pengguna ingin menyimpan akun dan passwordnya. 

Jika sudah terlanjur menyimpan passwordnya di Google Smart Lock Instagram, berikut ini cara menghapusnya di perangkat tersebut:

Masuk ke Pengaturan Perangkat

Silakan masuk ke dalam menu pengaturan perangkat dan pilih Google. Kemudian gulir tampilan ke bagian bawah hingga menemukan opsi Smart Lock for Passwords.

Selanjutnya pada bagian bawah Naver save, terdapat opsi + Add app not to be save, lalu langsung saja klik opsi tersebut. 

Nantinya akan muncul berbagai aplikasi yang telah terinstall di HP Anda. Cari Instagram dan klik aplikasi tersebut. 

Baca Juga  Cara Melihat Pemakai WiFi

Maka dengan begitu, mulai saat ini Google Smart Lock tidak akan meminta untuk menyimpan kata sandi ketika ingin login ke akun Instagram. 

Hapus Kata Sandi Instagram yang Tersimpan di Perangkat

Cara menghapus Google Smart Lock Instagram berikutnya adalah dengan menghapus kata sandi Instagram yang telah tersimpan di perangkat. 

Jika Anda merasa pernah menyimpan kata sandi akun Instagram pada akun Google melalui perangkat tertentu, maka Anda masih bisa menghapus informasi masuk yang telah tersimpan dengan cara berikut:

  • Arahkan ke bagian Smart Lock for Passwords. Kamu bisa mengetik kata kunci tersebut di pencarian Google dan buka halaman Smart Lock for Password lewat peramban.
  • Di bagian bawah Saved Password klik tulisan Google Account, nantinya akan diminta kata sandi akun Google, lalu masukkan kata sandi tersebut.
  • Pada pengelola password, ketik Instagram di kolom pencarian agar lebih mudah menemukannya.
  • Pilih instagram.com dan instagram, kemudian hapus kata sandinya.

Setelah melakukan dua metode di atas, maka silakan kembali ke aplikasi Instagram dan logout dari akun tersebut. 

Jika sudah, biasanya Anda sudah bisa masuk ke dalam akun yang berbeda tanpa kendala.

Perlu diingat bahwa menghapus Google Smart Lock Instagram artinya Anda memilih untuk menonaktifkan opsi masuk otomatis. 

Hal ini berlaku dan akan diterapkan pada semua aplikasi yang didukung perangkat yang bisa mengakses akun Google. 

Demikian beberapa cara menghapus Google Smart Lock Instagram. Ikuti langkah-langkah di atas untuk mengatasi permasalahan yang Anda alami. Selamat mencoba!

Baca Juga

Tags

Leave a Comment