Fitur Multiple Akun WhatsApp Resmi Diluncurkan

Achmad Fachrur Rozi

Fitur Multiple Akun WhatsApp
5/5 - (1 vote)

LABTekno.com – Fitur multiple akun WhatsApp telah diperkenalkan oleh Meta. Pengguna sudah bisa memiliki dua akun WhatsApp yang masuk sekaligus dalam satu perangkat.

Kalian bisa dengan mudah beralih antar akun, misalnya dari akun pribadi ke akun bisnis atau sebaliknya.

Sehingga sekarang tidak perlu repot-repot membawa dua HP, atau mengunduh aplikasi tambahan lainnya yang sebenarnya ilegal.

Cukup dari satu HP, kalian bisa berkirim pesan dari dua akun sekaligus, keduanya aktif bersamaan.

Beberapa hal yang dibutuhkan untuk menyiapkan akun kedua, tentu saja kalian perlu nomor HP kedua beserta kartu SIM.

Kemudian jika HP kalian sudah mendukung multi-SIM atau e-SIM, keduanya juga bisa dimanfaatkan untuk mempermudah beralih dari satu akun ke akun lainnya.

Bagi pemilik banyak bisnis dan lini usaha, fitur multiple akun WhatsApp ini jelas sangat membantu untuk mempermudah pekerjaan.

Tak perlu khawatir lagi akan berkirim pesan dengan akun yang salah.

Cara Menggunakan Fitur Multiple Akun WhatsApp

Fitur Multiple Akun WhatsApp

Jika kalian tertarik mencoba fitur akun ganda tersebut, berikut ini cara menggunakan fitur multiple akun WhatsApp: 

  • Buka aplikasi WhatsApp di HP.
  • Kemudian buka menu Setelan.
  • Lalu pilih opsi Akun yang terletak di bagian paling atas.
  • Cek dulu, apakah HP kalian sudah mendapatkan pembaruan WhatsApp mengenai fitur multiple akun.
  • Jika sudah, maka akan muncul opsi Tambahkan Akun. Pilih opsi tersebut untuk menambahkan akun dengan nomor yang berbeda.
  • Masukkan Nomor HP yang ingin didaftarkan.
  • Tunggu kode OTP dari WhatsApp untuk masuk ke akun baru.
  • Jika sudah menerima kode OTP WhatsApp, masukkan enam digit angka tersebut pada kolom yang tersedia. Pastikan nomor yang dimasukkan sudah benar.
Baca Juga  4 Cara Buat Link WA Me, Bisa Pakai Tulisan Otomatis

Dengan begitu, maka kalian sudah berhasil menggunakan fitur multiple akun WhatsApp.

Cara Beralih Akun pada Fitur Multiple Akun WhatsApp

Jika kalian sudah berhasil login pada kedua akun WhatsApp tadi, maka sekarang yang perlu diketahui adalah cara beralih akun.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi WhatsApp di HP.
  • Lalu klik titik tiga di pojok kanan atas.
  • Pilih opsi Setelan untuk membuka pengaturan.
  • Nantinya akan muncul gambar profil di bagian paling atas, di sebelah kanannya terdapat tanda panah ke bawah, klik ikon tersebut.
  • Maka akan muncul dua opsi akun yang tersedia, pilih dan klik akun/nomor yang ingin dibuka.
  • Selesai, kalian sudah berhasil beralih akun WhatsApp.

Ketika kalian menggunakan fitur multiple akun WhatsApp, kendali pengaturan privasi dan notifikasi di masing-masing akun bisa dikontrol dengan mudah.

Bedakan juga notifikasinya agar bisa mengenali notifikasi dari masing-masing akun. 

Amankan Akun WhatsApp Melalui Fitur Passkeys

Hadirnya fitur multiple akun WhatsApp juga membuat kita lebih peduli terhadap keamanan akun. Beberapa waktu lalu, Google meminta pengguna untuk segera membuat passkey (kata kunci), ketika ingin login ke akun Google. 

Sistem ini juga telah diterapkan oleh WhatsApp ke seluruh pengguna Android. Cara kerjanya mirip seperti sistem keamanan smartphone ketika membuka layar.

Tersedia berbagai opsi keamanan, mulai dari pemindai sidik jari, wajah, dan kode PIN. Buka saja akun WhatsApp menggunakan opsi keamanan yang dipilih. Misalnya jika kalian ingin menggunakan sistem keamanan sidik jari, maka proses login akun WhatsApp hanya memerlukan sidik jari sebagai bukti verifikasi. 

Sebelumnya, ketika akun WhatsApp ingin login ke perangkat baru, maka akan muncul kode otentikasi dua faktor lewat SMS atau ke akun WhatsApp di perangkat lama. Sekarang lebih mudah, yaitu cukup dengan pemindai sidik jari atau opsi sistem keamanan lainnya yang sudah didaftarkan.

Baca Juga  Cara Mencoba Pencarian Bing Baru dengan Dukungan AI

Fitur ini akan muncul di menu Settings (Setelan) bagian akun. Tepatnya di bawah menu Security Notification. Ketika kalian klik menu Passkey tersebut, maka akan muncul deskripsi yang menjelaskan bahwa fitur ini menjadi langkah yang mudah untuk login dengan aman.

Demikian informasi mengenai fitur multiple akun WhatsApp yang perlu diketahui. Kini, kalian sudah tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga atau bahkan aplikasi ilegal lainnya yang menyediakan fitur WhatsApp ganda. WhatsApp sekarang sudah menyediakannya sendiri secara resmi. Keamanan datanya juga lebih terjamin.

Baca Juga

Leave a Comment