Fitur Edit Tweet Sedang Diuji Coba Twitter

Fitur Edit Tweet Sedang Diuji Coba Twitter

5/5 - (1 vote)

LABtekno.com – Fitur edit Tweet secara kabarnya tengah dalam masa uji coba Twitter. Setelah sebelumnya Elon Musk juga pernah menyinggung terkait fitur tersebut. Begini cuitannya:

Cuitan Elon Musk terkait Fitur Edit Tweet di Twitter pada bulan April 2022 lalu
Cuitan Elon Musk terkait Fitur Edit Tweet di Twitter pada bulan April 2022 lalu

Seperti yang diketahui bersama bahwa selama ini, tweet yang telah dipublish tidak dapat diedit lagi. 

Penggunanya hanya dapat menghapusnya. Tidak seperti media sosial lainnya yang memiliki fitur edit pada sebuah postingan, Twitter tidak selama ini tidak menyematkan fitur tersebut.

Oleh sebab itu, kredibilitas Twitter sebagai media sosial sangatlah tinggi. Terlebih dalam hal mengabarkan sebuah berita.

Seseorang dapat mengecek track record akun lain, hingga cuitan pertamanya tanpa perlu khawatir manipulasi atau tweet tersebut telah diedit terlebih dahulu.

Uji Coba Fitur Edit Tweet Baru Twitter

Beberapa hari lalu, muncul sebuah tangkapan layar yang menampilkan sebuah tweet yang diedit. Berikut ini isi tweetnya:

Uji Coba Fitur Edit Tweet dari Twitter
Uji Coba Fitur Edit Tweet dari Twitter

Pihak Twitter juga telah mengkonfirmasi rumor tersebut, “Memang benar: Edit Tweet sedang diuji oleh tim kami secara internal. Tes kemudian akan awalnya diperluas ke pelanggan Twitter Blue dalam beberapa minggu mendatang. Mengingat bahwa ini adalah fitur yang paling banyak diminta hingga saat ini, kami ingin memberitahu Anda tentang kemajuan kami dan memberitahu Anda bahwa, meskipun Anda tidak berada dalam grup uji coba, semua orang masih dapat melihat apakah Tweet memiliki telah diedit.”

Pernyataan Pihak Twitter terkait Fitur Edit Tweet
Pernyataan Pihak Twitter terkait Fitur Edit Tweet

Apa itu Edit Tweet?

Jika Anda bertanya tentang Edit Tweet, maka bisa didefinisikan sebagai fitur yang memungkinkan orang membuat perubahan pada Tweet mereka setelah dipublikasikan. 

Fitur tersebut akan sangat berguna dan praktis untuk memperbaiki beberapa kesalahan yang mungkin terdapat pada sebuat tweet, seperti memperbaiki kesalahan ketik, menambahkan tag yang terlewat, dan masih banyak lagi.

Baca Juga  Google Pixel 7 dan Pixel 7 Pro Bocor

Pada tahap pengujiannya, tweet yang telah dipublikasi akan dapat diedit beberapa kali dalam waktu 30 menit. 

Tentu saja, pada Tweet yang diedit nantinya akan muncul dengan ikon, stempel waktu, dan label sehingga jelas bagi pembaca bahwa Tweet asli telah dimodifikasi. 

Hal tersebut bisa digunakan untuk mengecek kredibilitas sebuah tweet. Caranya cukup mudah, Anda nantinya hanya perlu mengetuk label yang tersedia. Kemudian akan membawa pengguna ke Riwayat Edit Tweet. 

Isi dari Riwayat Edit Tweet tersebut mencakup versi Tweet sebelumnya beserta waktu pengeditannya.

Pentingnya batas waktu dan riwayat versi tweet ini sangat berguna saat seseorang ingin mencari tahu konteks dan membantu melindungi integritas sebuah percakapan serta membuat catatan yang dapat diakses secara publik tentang apa yang telah dicuitkan.

Siapa Saja yang Dapat Mencoba Fitur Tersebut?

Fitur edit tweet terbaru dari Twitter diuji pada sekelompok orang tertentu, sebagaimana fitur baru lainnya.

Hal ini bertujuan untuk membantu pihak Twitter mendapatkan feedback atau umpan balik sembari mengidentifikasi dan menyelesaikan potensi masalah. 

Bahkan sudah termasuk antisipasi resiko penyalahgunaan fitur tersebut. Sehingga Anda harus tetap berhati-hati dalam penggunaannya.

Nantinya fitur Edit Tweet baru dari Twitter ini akan tersedia secara umum dan dapat diakses semua orang pada akhir bulan ini. 

Orang yang menerima akses awal ke fitur dan membantu Twitter dalam masa pengujiannya bisa berbangga hati. Sebab uji coba tersebut akan dipusatkan pada suatu negara terlebih dahulu.

Baru akan diperluas saat Twitter mempelajari dan mengamati bagaimana orang menggunakan Edit Tweet. Pihak Twitter juga akan memperhatikan bagaimana fitur tersebut mempengaruhi cara orang membaca, menulis, dan terlibat dengan Tweet.

Harapannya, dengan adanya fitur terbaru Edit Tweet ini, seseorang dapat mencuitkan apa yang dipikirkannya dengan merasa lebih mudah dan tidak membuat stres. 

Baca Juga  Siap-siap, AMD Ryzen 7000 Series Bakal Jadi Chip Gaming Terbaik

Demikian beberapa hal terkait fitur edit tweet terbaru dari Twitter. Mari kita tunggu beberapa minggu lagi hingga fitur tersebut benar-benar dirilis oleh publik. Bagaimana pendapat Anda mengenai fitur ini? Silakan tuliskan di kolom komentar.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

3 × 4 =

Scroll to Top