Chipset Baru dari Qualcomm

Chipset Baru dari Qualcomm Snapdragon

5/5 - (1 vote)

LABtekno.com – Chipset baru dari Qualcomm Snapdragon kabarnya menawarkan kinerja 2x lebih tinggi dan masa pakai baterai 50% lebih baik. Chip terbarunya ini untuk jam tangan pintar Wear OS. 

Beberapa minggu lalu, Qualcomm secara resmi telah mengumumkan chip Snapdragon W5 Gen 1 dan W5 Plus Gen 1 untuk perangkat tertentu. 

SoC terbarunya ini dapat digunakan generasi berikutnya yang fokus untuk memperpanjang masa penggunaan baterai, peningkatan kinerja, mengurangi jejak dan menawarkan lebih banyak fitur.

Spesifikasi Chipset Baru dari Qualcomm

  • Arsitektur: 4nm
  • CPU: 4x Arm Cortex-A53 + 1x Arm Cortex-M55 @250MHz
  • GPU: Adreno 702 @1GHz + 2,5D GPU
  • RAM: 1x 16GB LPDDR4 @2133MHz 
  • Fitur: Bluetooth 5.3, QHS
Grafik tabel perbandingan Qualcomm Snapdragon Wear 4100+ vs Snapdragon W5 Plus Gen 1
Grafik tabel perbandingan Qualcomm Snapdragon Wear 4100+ vs Snapdragon W5 Plus Gen 1

Qualcomm Snapdragon W5 Plus Gen 1 SoC baru untuk perangkat yang dapat dikenakan dibangun di atas proses manufaktur 4nm, yang merupakan lompatan besar dibandingkan dengan proses 12nm yang digunakan untuk Snapdragon Wear 4100+ yang lebih lama. 

Chip ini juga mengemas co-prosesor always-on berbasis 22nm, yang kemungkinan lebih hemat daya daripada co-processor always-on berbasis 28nm yang ditemukan pada chip yang lebih lama. 

Berkat arsitektur baru ini, Qualcomm mengklaim bahwa Snapdragon W5 Plus Gen 1 menawarkan masa pakai baterai 50% lebih lama dan kinerja 2x lebih tinggi daripada Snapdragon Wear 4100+ sementara memiliki footprint 30% lebih kecil.

Grafis arsitektur Qualcomm Snapdragon W5 Plus Gen 1
Grafis arsitektur Qualcomm Snapdragon W5 Plus Gen 1

Selain itu, Snapdragon W5 Plus Gen 1 menggabungkan arsitektur Bluetooth 5.3 berdaya ultra-rendah baru, pulau daya rendah untuk Wi-Fi, GNSS, dan audio, dan status daya rendah seperti Deep Sleep dan Hibernate

Tidak hanya itu saja, Qualcomm mengklaim bahwa chip baru ini dapat membuka sejumlah pengalaman interaktif baru seperti tampilan jam 3D, peta dan navigasi 3D, pengenalan gambar waktu nyata, panggilan pintar 2 arah, kontrol perangkat pintar, dan banyak lagi. 

Baca Juga  ASUS ROG Phone 6 Segera Diluncurkan, Inilah Desain dan Spesifikasinya!

Perusahaan lebih lanjut menambahkan bahwa chip ini juga mampu menangani nuansa pengalaman daya ultra-rendah baru, seperti deteksi kata kunci, pemberitahuan daya rendah, peningkatan fungsionalitas tampilan selalu aktif, dan lain-lain.

Grafis arsitektur Qualcomm Snapdragon W5 Plus Gen 1
Grafis arsitektur Qualcomm Snapdragon W5 Plus Gen 1

Sejauh menyangkut spesifikasi mentah, Snapdragon W5 Plus Gen 1 mengemas empat inti Arm Cortex-A53 yang dipasangkan dengan inti Cortex-M55 untuk tugas AI/ML. 

Meskipun kami ingin Qualcomm menawarkan inti Cortex-A55 atau Cortex-A510 pada chip baru untuk kinerja dan efisiensi daya yang lebih baik, kami percaya bahwa arsitektur yang diperbarui akan memberi Snapdragon W5 Plus Gen 1 keunggulan signifikan dibandingkan Snapdragon Wear. 

4100+, meskipun kedua chip memiliki inti Cortex-A53. Untuk tugas-tugas yang menuntut grafis, Snapdragon W5 Plus Gen 1 dilengkapi dengan GPU Adreno 702 dengan clock 1GHz. 

Ini juga merupakan peningkatan signifikan dibandingkan GPU Adreno 504 320MHz yang ditemukan pada Snapdragon Wear 4100+.

Saat ini, Qualcomm belum membagikan detail apapun tentang chip Snapdragon W5 Gen 1 reguler. 

Berdasarkan perbedaan antara Snapdragon Wear 4100 dan Snapdragon Wear 4100+, kami menduga bahwa varian reguler pada dasarnya adalah chip yang sama tanpa beberapa fitur. 

Misalnya, Qualcomm menawarkan co-prosesor pada Snapdragon Wear 4100+, tetapi model biasa tidak mendapatkannya.

Oppo dan Mobvoi Akan Menjadi OEM Pertama yang Menggunakan Chipset Baru

Qualcomm lebih lanjut mengungkapkan bahwa Oppo dan Mobvoi akan menjadi produsen pertama yang menawarkan Snapdragon W5 Plus Gen 1 dan Snapdragon W5 Gen 1 baru pada jam tangan pintar generasi berikutnya. 

Varian reguler akan diluncurkan ke pasar dengan seri Oppo Watch 3 bulan depan, sementara Mobvoi akan menggunakan Snapdragon W5 Plus Gen 1 pada TicWatch andalan generasi berikutnya yang akan dirilis musim gugur ini.

Desain referensi Qualcomm Snapdragon W5 Plus Gen 1 dari Compal dan Pegatron.
Desain referensi Qualcomm Snapdragon W5 Plus Gen 1 dari Compal dan Pegatron

Qualcomm juga telah mengumumkan dua desain referensi dari Compal dan Pegatron untuk menunjukkan kemampuan platform baru. 

Baca Juga  Menyusul Xiaomi, iPhone Bakal Tampilkan Iklan

OEM akan dapat menggunakan desain ini untuk mengembangkan produk mereka sendiri yang menampilkan chipset terbaru.

Demikian informasi singkat mengenai SoC atau Chipset baru dari Qualcomm. Kabar demikian ini jelas menjadi angin segar atas lesunya terobosan teknologi perangkat pintar beberapa tahun ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

2 × 1 =

Scroll to Top